Selasa, 18 April 2023

Meringkas Jurnal 2

 

Rosita Permatahati (20310410075)

Program Studi Psikologi

Fakultas Psikologi

Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta



Topik

Motivasi belajar, psychological well being, tingkat pemahaman akuntansi

 

Sumber

Leunupun, E. G., Limba, F. B., & Sapulette, S. G. (2021). Pengaruh motivasi belajar dan psychological well being terhadap tingkat pemahaman akuntansi mahasiswa FEB UNPATTI. Kunpa Jurnal, 1 (2). April: 81-96.

 

Permasalahan

Kondisi perkuliahan secara daring tentu merubah metode belajar yang dilakukan oleh mahasiswa akuntansi. Mahasiswa yang cendrung merasa stress atau cemas akan mempengaruhi motivasi mereka dalam belajar yang dapat menyebabkan rendahnya pemahaman mereka terhadap materi perkuliahan yang disajikan. Salah satu hal yang dapat mempengaruhi motivasi belajar adalah kesejahteraan psikologi atau lebih dikenal dengan nama Psychological Well-Being (PWB). Perkuliahan akuntansi yang membutuhkan teknik analisa dan perhitungan yang baik, mengharuskan mahasiswa akuntansi FEB UNPATTI untuk memiliki kesejahteraan psikologi yang dapat memotivasi mereka untuk belajar agar mampu memahami, menganalisa dan menghitung setiap materi atau tugas yang diberikan kepada mereka secara mandiri.

 

Tujuan Penelitian

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar dan psychological well being terhadap tingkat pemahaman akuntansi.

 

Isi

·         Motivasi belajar

Motivasi belajar memiliki peranan besar dalam keberhasilan individu. Motivasi belajar pada dasarnya dibagi menjadi dua, yaitu motivasi instrinsik dan motivasi ekstrinsik. Individu dengan motivasi intrinsik berusaha mengembangkan diri untuk mencapai tujuan dan prestasi belajar. Motivasi ekstrinsik mengacu pada sesuatu yang berasal dari luar dan terpisah dari perilaku diri seseorang,.

·         Tingkat pemahaman akuntansi

Tingkat pemahaman seorang mahasiswa terhadap apa yang telah dipelajari dari matakuliah akuntansi, yang bisa diukur dengan menggunakan nilai matakuliah akuntansi. Nilai yang diperoleh mahasiswa mempunyai dua fungsi yang berkaitan yaitu, sebagai suatu alat ukur keberhasilan mahasiswa tersebut dalam mempelajari dan memahami mata kuliah dan sekaligus sebagai alat evaluasi keberhasilan mata kuliah tersebut.

·         Psychological well being

Merupakan realisasi dan pencapaian penuh dari potensi individu dimana individu dapat menerima segala kekurangan dan kelebihan dirinya, mandiri, mampu membina hubungan yang positif dengan orang lain, dapat menguasai lingkungannya dalam arti dapat memodifikasi lingkungan agar sesuai dengan keinginannya, memiliki tujuan dalam hidup, serta terus mengembangkan pribadinya. PWB terdiri dari 6 dimensi yaitu Autonomy, Environmental Mastery, Personal Growth, Positive Relations with Others, Purpose In Life, dan Self-Acceptance.

·         Pengaruh motivasi belajar terhadap tingkat pemahaman akuntansi

Pembe;ajaran daring menimbulkan keterbatasan dosen dalam mengontrol dan mengendalikan kelas. Hal ini menyebabkan menurunnya motivasi belajar mahasiswa bahkan mahasiswa bersikap acuh sehingga berpengaruh pada hasil belajar mahasiswa. Jadi motivasi belahar berpengaruh terhadap tingkat pemahaman akuntansi. Maka hipotesis pertama adalah motivsai belajar berpengaruh positif terhadap tingkat pemahaman akuntansi.

·         Pengaruh psychological well being terhadap tingkat pemahaman akuntans

Psychological well being merupakan aspek penting bagi mahasiswa untuk memiliki keberfungsian psikologis yang optimal sehingga mampu mengahadapi berbagai tantangan kehidupan. Dimensi dalam psychological well being berpengaruh terhadap tingkat pemahaman mereka, antara lain kemandirian dalam belajar, mengembangkan potensi, dapat menjalin komunikasi yang baik, dapat menghadapi tekanan dengan baik, serta memiliki cita-cita sehingga terdorong untuk terus belajar, menerima kelebihan serta kekurangan diri.

·         Pengaruh motivasi belajar dan PWB secara stimulant terhadap tingkat pemahaman akuntansi.

Motivasi belajar akuntansi pada mahasiswa FEB UNPATTI bertujuan untuk menggerakkan atau menggugah mereka agar memiliki keinginan dan kemauan untuk melakukan aktivitas belajar sehingga dapat memperoleh hasil yang maksimal. Karena proses pembelajaran secara daring, mahasiswa kurang termotivasi mengikuti perkuliahan serta mengalami kebingungan dalam beradaptasi dengan metode pembalajarannya, sehingga menimbulkan kecemasan. Maka dari itu, penting bagi mahasiswa memiliki kesejahteraan psikologi untuk mencapai keberhasilan di bidang akademik. ketika kesejahteraan psikologis mahasiswa baik dan memiliki motivasi belajar yang tinggi maka akan berpengaruh terhadap meningkatnya pemahaman mereka akan matakuliah akuntansi.

 

Metode

Populasi pada penelitian ini ayitu mahasiswa jurusan akuntansi di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pattimura, sampel yang akan diambil dengan menggunakan metode purposive sampling. Pengumpulan data survey dengan menyebarkan kuisioner kepada respondensecara online melalui aplikasi google form. Metode analisis penelitian ini adalah menggunakan analisis regresi berganda, dengan aplikasi SPSS.

 

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang bertujuan menganalisa pengaruh antara motivasi belajar, dan psychological well being terhadap tingkat pemahaman akuntansi. Definisi operasionalnya antara lain

1.      Tingkat pemahaman akuntansi ditunjukkan melalui nilai hasil evaluasi setelah proses pembelajaran.

2.      Motivasi belajar merupakan dorongan intrinsic dan ekstrinsik.

3.      Psychological well being adalah realisasi dan pencapaian penuh dari potensi individu. Variabel PWB memiliki Psychological Well Being Scale (PWBS) yang dikembangkan oleh Ryff tahun 1989 yaitu short form (18 item), medium form (42 item) dan long form (84 item). Penelitian ini menggunakan short form.

 

Hasil

Responden merupakan mahasiswa aktif S! akuntansi FEB Universitas Pattimura angkatan 2019, atau yang telah lulus matakuliah PA 1, PA 2, dan AKM 1. Kuisioner disebar sebanyak 120 kuisioner. Lama pengumpulan data pada peneltiian ini selama kurang lebih satu bulan.

 

Uji koefisien determinasi

Hasil Adj.R2 didapat sebesar 0,092 yang artinya 9.2 % variasi dari variabel dependen tingkat pemahaman akuntansi dapat diprediksi dari kombinasi seluruh variabel independen (motivasi belajar dan PWB) sedangkan sisanya (100% - 9.2% = 90.8%) mampu dijelaskan oleh faktor-faktor lain yang tidak diikut sertakan dalam model.

 

Uji reabilitas

Hasil uji reliabilitas menunjukan bahwa seluruh instrument penelitian dinyatakan telah memenuhi syarat reliabilitas dengan nilai koefisien Cronbach’s Alpha lebih dari 0.60.

 

Uji validitas

Hasil uji validitas menunjukan bahwa seluruh instrument penelitian yang digunakan memiliki nilai korelasi yang positif dan signifikan.

 

Uji multikolinearitas

Hasil uji multikolinearitas menujukan bahwa nilai tolerance untuk setiap variabel lebih besar dari 0.10 dan nilai VIF untuk setiap variabel lebih kecil dari 10. Hal ini berarti model persamaan regresi bebas dari multikolinearitas

 

Uji heteroskedastisitas

Hasil uji heteroskedastisitas menujukan bahwa nilai signifikansi dari masing-masing variabel independen lebih besar dari 0.5. Dengan demikian, model regeresi dinyatakan bebas heteroskedastisitas.

 

Uji normalitas

Nilai uji normalitas dengan menggunakan Kolmogorov-Smirnov menunjukan bahwa nilai signifikansi lebih besar dari 0.05. Dengan demikian, model persamaan regresi dinyatakan berdistribusi normal.

 

uji regresi

hipotesis 1 (motivasi belahar mempengaruhi pemahaman akuntansi) diterima

hipotesis 2 (psychological well being mempengaruhi pemahaman akuntansi) ditolak

hipotesis 3 (motivasi belajar dan psychological well being mempengaruhi pemahaman akuntansi) diterima.

 

Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan hipotesis yang telah dirumuskan dan diuji, psychological well being tidak mempengaruhi tingkat pemahaman akuntansi mahasiswa. Artinya kenaikan atau penurunan variable tersebut tidak berpengaruh pada tingkat pemahaman akuntansi. Sedangkan, variable motivasi belajar mempengaruhi tingkat pemahaman akuntansi mahasiswa, hal ini berarti semakin tinggi motivasi belajar mata kuliah akuntansi mahasiswa akan meningkakan tingkat pemahaman mereka. selain itu, motivasi belajar dan psychological well being secara stimulant juga mempengaruhi tingkat pemahaman akuntansi.

 

Diskusi

·         Motivasi belajar berpengaruh terhadap tingkat pemahaman mahasiswa mengenai akuntansi. Tingginya motivasi belajar mahasiswa akan menambah dorongan dan kebutuhan mahasiswa untuk memahami dan mempelajari tentang akuntansi sehingga akan meningkatkan tingkat pemahaman mahasiswa.

·         Psychologiucal well being tidak berpengaru terhadap tingkat pemahaman akuntansi mahasiswa. Hal ini disebabkan karena mahasiswa dituntut untuk harus selalu siap dan mampu belajar dan memahami setiap materi yang diberikan.

·         Motivasi belajar dan psychological well being berpengaruh terhadap tingkat pemahaman akuntansi. Mahasiswa yang memiliki kesejahteraan psikologi yang baik, mampu mengatasi tekanan, dan memiliki motivasi untuk belajar yang tinggi akan membantu mereka dalam memahami tentang akuntansi

 


Related Posts:

  • The Short Index of Self Actualization Inventory The Short Index of Self Actualization InventoryPSIKOLOGI MANAJEMEN DAN ORGANISASI Nama : Muhammad Setiawan HendiantoNIM : 20310410031Dosen Pengampu : Dr. Arundhati Shinta, MAFakultas PsikologiUniversitas Proklamasi… Read More
  • HANYA KITA ! MARI JAGA KEINDAHAN PANTAI DARI SABANG SAMPAI MERAUKE HANYA KITA !   MARI JAGA KEINDAHAN PANTAI DARI SABANG SAMPAI MERAUKEDisusun Oleh : Muhammad Setiawan HendiantoNIM : 20310410031Blog ini dibuat guna memenuhi Tugas Ujian Akhir SemesterMata Kuliah : Psikologi Ma… Read More
  • The Short Index of Self Actualization InventoryThe Short Index of Self Actualization Inventory Psikologi Manajemen dan Organisasi (Semester Ganjil 2021/2022) Ade Rei Enggi Wijaya (20310410034) Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta Dosen Pengampu : D… Read More
  • KEINDAHAN GUNUNG MERAPI Lomba Foto Nusantara Psikologi Manajemen dan Organisasi (Semester Ganjil 2021/2022) Ade Rei Enggi Wijaya (20310410034) Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta Dosen Pengampu : Dr., Arundati Shinta … Read More
  • TEKANAN PEKERJAAN AKAN MEMPENGARUHI KARYAWAN Essay 3 Psikologi Manajemen dan Organisasi (Semester Ganjil 2021/2022) Ade Rei Enggi Wijaya (20310410034) Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta Dosen Pengampu : Dr., Arundati Shinta   TEKAN… Read More

0 komentar:

Posting Komentar