Jumat, 21 April 2023

Meringkas Jurnal 1

 

Tugas Mata Kuliah Teknik Penyusunan Skripsi

Dosen Pengampu: Dr., Dra. Arundati Shinta, M.A

Widia Fitriani (20310410020)

Program Studi Psikologi

Fakultas Psikologi

Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta

 



Topik

Self Disclosure, Self Esteem, Trust, Online Dating, Penelitian Kuantitatif

Sumber

Andriani, Lin., Diana Imawati., Dan Siti Khumaidatul Umaroh. (2021). Pengaruh Self Esteem dan Trust Terhadap Self Disclosure Pada Pengguna Aplikasi Kencan Online.

permasalahan

Pada aplikasi kencan online pengguna memulai kontak awal (interaksi awal) pada sesi chat personal dengan berbagi informasi diri (self disclosure). individu yang kurang mampu dalam self disclosure terbukti tidak mampu menyesuaikan diri, kurang percaya diri, timbul perasaan takut, cemas, merasa rendah diri dan tertutup. Adapun faktor yang mempengaruhinya adalah Self Esteem dan Trust.

Tujuan Penelitian

Untuk mengetahui pengaruh Self Esteem dan Trust Terhadap Self Disclosure Pada Pengguna Aplikasi Kencan Online.

Isi

  •  Pada aplikasi kencan online pengguna memulai kontak awal (interaksi awal) pada sesi chat personal dengan berbagi informasi diri (self disclosure). Pada kencan online pembentukan romansa online sangat dipengaruhi oleh proses cepat "mengenal anda" secara online (self disclosure) dan juga hal ini sebagai syarat utama pengembangan hubungan romansa online. Self disclosure (pengungkapan diri) merupakan jenis komunikasi dimana individu mengungkapkan informasi tentang diri sendiri yang biasanya disembunyikan.

    ·  self esteem sebagai evaluasi yang dibuat dan kebiasaan dalam memandang dirinya, terutama mengenai sikap menerima dan menolak, dan merupakan indikasai dari besaran kepercayaan terhadap kemampuan, keberartian, kesuksesan dan keberhargaan. Individu yang memiliki self esteem yang tinggi akan lebih mudah mengadakan relasi dan komunikasi dibandingkan dengan yang rendah

  •    trust adalah salah satu kualitas yang paling dikehendaki dalam hubungan intim. Hal ini sering dikaitkan dengan hubungan cinta dan komitmen antar pasangan sebagai landasan hubungan yang ideal. Individu yang memiliki trust yang tinggi dan berada dalam keadaan acceptane akan mampu untuk mengemukakan pemikiran, ide-ide, kesimpulan-kesimpulan, perasaan dan reaksinya. Sehingga ia mampu untuk asertif dan pada akhirnya mampu untuk melakukan self disclosure. Sedangkan individu yang memiliki trust yang rendah dan tidak berada dalam keadaan acceptance akan memiliki hambatan dalam melakukan self disclosure.

Metode

  •  Penelitian ini dilakukan pada 325 pengguna aplikasi kencan online yang berusia 18-40 tahun.
  • Tehnik sampling menggunakan non random sampling yakni quota sampling. Pengambilan data menggunakan kuisioner online.
  • Alat ukur dalam penelitian ini yakni menggunakan skala psikologi self disclosure oleh Pinakesti (2016), skala psikologi self esteem oleh Dewi (2009), dan skala psikologi trust oleh Taneira (2019) yang kemudian dimodifkasi sesuai kebutuhan penelitian.

Hasil

  • Berdasarkan hasil uji asumsi diketahui bahwa uji normalitas memperoleh nilai signifikansi sebesar 0,000 (P0,5). Hal ini dimaknai bahwa data ke tiga variable tidak berdistribusi secara normal.
  • Berdasarkan uji linearitas antara self esteem dan self disclosure diperoleh nilai deviation from linearity sebesar 0,828, serta trust dan self disclosure dengan nilai deviation from linearity sebesar 0,537. Maka dapat dikatakan bahwa ada hubungan yang linear antara self disclosure dan self esteem, dan ada hubungan yang linear antara self disclosure dan trust.
  • Berdasarkan uji korelasi terhadap variabel independen diketahui bahwa seluruh variabel bebas berkorelasi dengan variabel terikat: self esteem dan self disclosure (rho=0,394; p; berkorelasi lemah); trust dan self disclosure (rho=0,475; p; berkorelasi sedang). Berdasarkan hasil yang ditemukan tersebut maka dapat disimpulkan bahwa terdapat korelasi yang positif dan signifikan antara self esteem dan trust terhadap self disclosure pengguna aplikasi kencan online. Self esteem mempengaruhi self disclosure sebesar 15,5%. Sedangkan Trust mempengaruhi sebesar 22,5%.

Diskusi

  •  Self esteem mepengaruhi self disclosure sebesar 15,5% dan memiliki hubungan yang berkekuatan lemah. Penyebab lemahnya hubungan antara self esteem dan self disclosure dalam penelitian ini berkaitan dengan kompetensi dan kepribadian yang dimiliki oleh responden.
  • Trust mepengaruhi self disclosure sebesar 22,5% dan memiliki hubungan yang sedang. Pengaruh kekuatan sedang trust terhadap self disclosure dikarenakan adanya perasaan menyukai pada pengguna aplikasi kencan online.
  • Pada konteks jenis kelamin, berdasarkan hasil uji beda ditemukan hasil perbandingan dengan nilai sig. (2 tailed) sebesar 0,247 (P>0,05). Hal ini dimaknai bahwa tidak ada perbedaan tingkatan self disclosure antara laki-laki dan perempuan pengguna aplikasi kencan online.

 

0 komentar:

Posting Komentar