Jumat, 21 April 2023

MERINGKAS JURNAL 3

 

Teknik Penyusunan Skripsi

Dosen Pengampu: Dr. Arundati Shinta, M. A

Sofi Anggraini (20310410065)

Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45

Yogyakarta

 

Topik

Gaya belajar, motivasi belajar, hasil belajar, homeschooling, manajemen pendidikan

Sumber

Prasadhana, Rahadyan Lazuardhi., Yatim Riyanto., & Wiwin Yulianingsih. (2023). Hubungan Gaya Belajar dan Motivasi Belajar Dengan Hasil Belajar. Jurnal Bahana Manajemen Pendidikan, 12(1), 34-40

 

Permasalahan

Ini adalah penelitian dengan devisi positif. Gaya belajar berpengaruh positif terhadap hasil belajar, dimana gaya belajar memiliki kontribusi bermakna terhadap hasil belajar. Sementara itu, motivasi juga memiliki keterkaitan yang bermakna dengan gaya belajar yang diterapkan oleh peserta didik mampu meningkatkan hasil belajar mahasiswa.

Tujuan Penelitian

Untuk mengetahui hubungan gaya belajar dan motivasi belajar terhadap hasil belajar peserta didik di PKMB Homeschooling Primagama Bekasi.


Isi

  • Adanya hubungan gaya belajar dan motivasi belajar secara bersama-sama dengan hasil belajar siswa di PKBM Homeschooling Primagama Bekasi, yang mampu secara empiris teori yang digunakan pada penelitian ini yaitu teori gaya belajar dan motivasi belajar.

  • Teori ini memiliki asumsi bahwa peserta didik pada dasarnya menjelaskan bagaimana perilaku peserta didik dalam meningkatkan hasil belajar melibatkan proses gaya belajar didalam meningkatkan hasil belajar sehingga peserta didik mendapatkan nilai atau hasil yang mereka inginkan. Hasil dari model teoritis tersebut menjelaskan bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar yaitu gaya belajar dan motivasi belajar.

  • Hasil penelitian ini memberikan implikasi bagi PKBM Homeschooling Primagama Bekasi, sebagai bahan pertimbangan dan juga evaluasi mengenai hal-hal yang menyangkut hasil belajar serta faktor yang dapat memengaruhinya. Pihak PKBM Homeschooling Primagama Bekasi dalam meningkatkan hasil belajar dari para peserta didik sebaiknya dapat melihat dan mempertimbangkan faktor-faktor seperti gaya belajar dan motivasi kerja, karena hal-hal tersebut dapat mempengaruhi hasil belajar dan tingkat prestasi belajar peserta didik.

Metode

  • Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif

  • Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan korelasional

  • Penelitian ini dilakukan di PKBM Homeschooling Primagama Bekasi.

  • Penelitian ini populasi yang akan diteliti adalah seluruh siswa di PKBM Homeschooling Primagama Bekasi yang berjumlah 111 orang. Pada penelitian ini, peneliti akan mengambil sampel siswa dengan menggunakan teknik purposive sampling. Sampel yang akan diteliti memiliki ketentuan, merupakan siswa di PKBM Homeschooling Primagama Bekasi yang masih aktif pada jenjang SMP dan SMA karena dianggap sudah dapat berkomunikasi dengan cukup baik dan dapat menilai kebutuhan dirinya sendiri serta bersedia menjadi sampel pada penelitian.

  • Jumlah siswa yang menjadi sampel sebanyak 29 orang pada jenjang SMP dan 50 orang pada jenjang SMA.

  • Teknik pengumpulan data menggunakan kuisioner yang terdiri dari pernyataan yang disesuaikan dari variabel penelitian yaitu gaya belajar dan motivasi belajar. Sedangkan data hasil belajar diperoleh dari dokumentasi, yaitu nilai rapor semester genap dari masing-masing sampel pada penelitian ini.

  • Teknik analisis pada penelitian ini menggunakan analisis regresi linear berganda.

Hasil

  • Terdapat hubungan signifikan antara gaya belajar dengan hasil belajar sebesar 9,9%. Gaya belajar yang paling banyak digunakan oleh siswa adalah auditori.

  • Terdapat hubungan signifikan antara motivasi belajar dengan hasil belajar sebesar 22,1%. Sebagian besar siswa sudah memiliki motivasi belajar yang tinggi.

  • Terdapat hubungan signifikan antara gaya belajar dan motivasi belajar terhadap hasil belajar sebesar 32%. Penggunaan gaya belajar yang sesuai diimbangi dengan motivasi belajar yang tinggi akan menghasilkan hasil belajar yang lebih tinggi daripada kondisi yang sebaliknya.

Diskusi

  • Proses pendampingan di Homeschooling Primagama Bekasi menggunakan dua pendekatan, yaitu pendekatan PSIKOLOGIS dan pendekatan AKADEMIK.

  • Motivasi adalah energi penggerak di dalam diri. Semakin tinggi motivasi siswa dalam belajar, maka semakin tinggi pula peluang keberhasilannya dalam belajar. Peserta didik yang belajar tanpa merasa ada kendala dalam dirinya akan lebih menikmati setiap proses pembelajaran, sehingga turut menentukan daya serap materi secara optimal.

  • Terkait dengan motivasi belajar peserta didik di PKBM Homeschooling Primagama Bekasi cukup beragam namun sebagian besar memiliki motivasi belajar yang cukup rendah, terutama peserta didik yang memiliki latar belakang tertentu. Beberapa latar belakang tersebut, contohnya kasus bullying, lalu trauma dengan lingkungan sekolah, masalah keluarga dan sebagainya. Peserta didik yang memiliki latar belakang tersebut memiliki kecenderungan motivasi belajar yang rendah, namun sebagian besar lainnya jika peserta didik tersebut tidak pernah mengalami bullying, lalu trauma dengan lingkungan sekolah, masalah keluarga dan sebagainya memiliki motivasi belajar yang cukup tinggi.

  • Secara keseluruhan dari latar belakang tersebut, dapat ditegaskan bahwa gaya belajar dan motivasi belajar peserta didik merupakan faktor penting yang selalu relevan untuk dikaji. Analisis terhadap kedua faktor tersebut akan sangat berarti dalam pengembangan proses pembelajaran, maka diharapkan para guru nantinya dapat meningkatkan serta menerapkan pendekatan yang tepat dalam kegiatan pembelajaran dengan mempertimbangkan gaya belajar dari masing-masing peserta didik serta dapat menumbuhkan motivasi belajar agar peserta didik mampu meraih keberhasilan belajar dengan maksimal


0 komentar:

Posting Komentar