Kamis, 20 April 2023

Essay 1 Meringkas Surat Kabar tentang Psikologi Sosial

 

Maulana Malik Ibrahim

NIM : 22310410091

Kelas Reguler

Dosen Pengampu : Dr. Dra. Arundati Shinta, MA

Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta

Topik

Polrestabes Palembang Terima Titip Rumah-Kendaraan Warga yang Mudik.

Sumber

https://www.detik.com/sumut/berita/d-6680725/polrestabes-palembang-terima-titip-rumah-kendaraan-warga-yang-mudik

Ringkasan

Palembang - Mendekati hari H lebaran Idul Fitri 1444 Hijriah kota Palembang sudah mulai sepi ditinggal pemudik. Terkait hal itu Polrestabes Palembang meningkatkan kewaspadaan dengan mengimbau para pemudik untuk menitipkan rumah dan kendaraan ke kantor polisi terdekat.

Kapolrestabes Palembang Kombes Harryo Sugihhartono mengatakan pihaknya telah mengantisipasi hal itu dengan mengimbau sejumlah warga Palembang untuk mengamankan atau membawa barang berharga jika hendak meninggalkan rumah.

Ringkasan (lanjutan)

Pihaknya, kata dia, juga telah menyediakan posko bagi warga yang hendak mudik atau meninggalkan rumah agar menitipkan rumahnya ke Polsek terdekat.

"Polrestabes Palembang dalam kesempatan yang baik ini dan banyaknya warga kita yang mudik ataupun pergi ke satu tempat karena tidak merayakan lebaran di Palembang, kita sudah mengimbau ke masyarakat, yang pertama apabila masyarakat meninggalkan rumah dan di rumah itu ada semacam barang berharga agar diamankan, yang kedua kita membuka posko penyampaian informasi untuk penitipan rumah apabila dipandang perlu," kata Kombes Harryo, kepada detikSumut Selasa (18/4/2023).

Yang ketiga kita juga membuka ruang apabila para warga yang ingin mudik akan mengamankan kendaraannya. Kita memberikan ruang kepada warga untuk tidak segan-segan menitipkan kendaraannya di posko mau pun di polsek dan polrestabes," katanya.

Karena Palembang menjadi salah satu perlintasan arus mudik khususnya lintas timur Sumatera mulai dari Gerbang tol Keramasan ke Simpang Terminal Alang-Alang Lebar, pihaknya mengaku telah menyiapkan sejumlah posko, baik di polsek setempat maupun di sejumlah ruas jalan lintas.

"Kita ada tiga jenis posko. Posko terpadu, posko pengamanan dan posko pelayanan. Posko terpadu adalah bagian daripada integrasi dengan beberapa satuan kerja. Posko pengamanan, tentunya posko ini ada di simpul masing-masing kesatuan sektor, di Polsek. Yang ketiga posko pelayanan, pada di tempat-tempat tertentu yang memberikan informasi awal terhadap kesiapan kondisi para penumpang untuk mendapatkan pelayanan kesehatan dan keamanan pribadinya," terangnya.

Sementara untuk antisipasi keamanan pada di beberapa titik tempat ibadah dan tempat wisata yang kemungkinan menggelar suatu acara, Harryo mengaku juga sudah menyiapkan langkah-langkah tersebut.

"Nanti pas hari H nya kita akan terkonsentrasi khususnya pada saat perayaan hari lebaran pada saat solat ied tentu akan kita siapkan personel, termasuk kegiatan hiburan, kita akan selektif melakukan pegelaran kegiatan hiburan terutama bagaimana pihak penyelenggara bisa menyahikan beberapa item yang intinya untukkeamanannya, sebagai contoh bagaimana kapasitasnya, kantong parkir, posisi exit, evakuasinya dan lain sebagainya. Jika itu tidak disediakan penyelenggara maka kita tidak akan memberikan izin, saya harapkan para penyelenggara hiburan agar dapat bekerja sama sebaik-baiknya, "jelasnya.

Permasalahan : telah mengantisipasi hal itu dengan mengimbau sejumlah warga Palembang untuk mengamankan atau membawa barang berharga jika hendak meninggalkan rumah.

Opini Saya

semoga lebih  selektif melakukan pegelaran kegiatan hiburan terutama bagaimana pihak penyelenggara bisa menyajikan beberapa item yang intinya untuk keamanannya, sebagai contoh bagaimana kapasitasnya, kantong parkir, posisi exit, evakuasinya dan lain sebagainya.

 

 

0 komentar:

Posting Komentar