Minggu, 30 April 2023

Meringkas Jurnal 1

 Meringkas Jurnal 1

Teknik Penyusunan Skripsi

Dosen Pengampu: Dr. Arundati Shinta, M. A

Annisa Arsella (20310410038)

Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta

 


Topik

Pola Asuh Orang Tua, Keterlambatan Bicara

Sumber

Hasanah, N. & Sugito. (2020). Analisis Pola Asuh Orang Tua terhadap Keterlambatan Bicara pada Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini (Obsesi). 4(2), 913-922

Permasalahan

Permasalahan pada umumnya adalah keterlambatan berbicara pada anak mungkin dikarenakan pola asuh orang tua yang kurang tepat diterapkan pada anak sehingga berkurang pula pengalaman yang didapatkan anak baik di dalam keluarga maupun di lingkungan.

Tujuan Penelitian

Untuk menganalisis hubungan pola asuh orang tua terhadap keterlambatan bicara anak

Isi

  • Pendidikan anak usia dini ialah pendidikan yang berikan kepada anak usia 0-6 tahun. Usia ini merupakan masa yang penting dalam tumbuh kembang anak. Masa ini juga merupakan yang paling mudah dalam menerima stimulasi. Sehingga peran orang tua dan lingkungan sangat dibutuhkan dalam memberikan stimulasi perkembangan anak salah satunya adalah perkembangan bahasa.

  • Kemampuan anak untuk memperoleh kosakata sangat penting dalam mendukung perkembangan bahasa secara menyeluruh. Kemampuan anak untuk memperoleh kosakata sangat penting dalam mendukung perkembangan bahasa secara menyeluruh. Bahasa dibedakan menjadi dua yaitu bahasa ekspresif dan reseptif. Perkembangan bahasa ekspresif dalam penyampaian bahasanya melewati suatu sistem artikulasi yang diungkapkan melalui organ berbicara. Berbicara merupakan ungkapan lisan dan menjadi hal penting bagi seorang anak.

  • Secara signifikan anak dikatakan mengalami keterlambatan bicara, apabila ucapan anak di bawah normal untuk anak seusianya seperti membuat banyak kesalahan dalam berbahasa, adanya penambahan atau penghapusan konsonan. Sehingga keterampilan dan pola asuh orang tua sangat menentukan pertumbuhan dan perkembangan bahasa anak.

Metode

Penelitian ini menggunakan metode kajian pustaka. Kajian pustaka digunakan untuk menjawab permasalahan peniltian melalui literatur dan data-data penelitian terdahulu.

Hasil

  • Hasil penelitian yang telah dilakukan bahwa keterlambatan bicara pada anak terlihat pada saat terdapat kerancuan bicara anak Keterlambatan bicara dalam bentuk kerancuan bicara memiliki banyak bentuk.
  • Berdasarkan identifikasi yang telah dilakukan terhadap pola asuh orang tua dan keterlambatan bicara anak ditemukan bahwa keterlambatan bicara pada anak diidentifikasi memiliki keterkaitan dengan pola asuh permisif yang diterapkan orang tua.    

Diskusi

  •  Ditemukan beberapa pola asuh orang tua yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari antara lain pola asuk demokratis, pola asuh otoriter, dan pola asuh permissive. Pola asuh demoktratis memberikan anak kebebasan dalam mengungkapkan pendapatnya, atau bahkan mempercayai keputusan yang diambil oleh anak. Pola asuh otoriter menerapkan pengasuhan dengan cara membatasi dan menuntut anak untuk selalu mengikuti arahan orang tua. pola asuh permisif memberikan kebebasan penuh pada anak yang menyebabkan kurangnya control diri pada anak.

  • Keterlambatan bicara pada anak diidentifikasi memiliki keterkaitan dengan pola asuh permisif yang diterapkan orang tua. Berikut penyebabnya: Pertama, kesibukan orang tua yang menyebabkan kurangnya perhatian dan keterlibatan orang tua terhadap perkembangan bicara anak. Padahal orang tua memiliki peranan yang sangat penting dalam perkembangan anak karena orang tua menjadi orang pertama tempat anak dalam berkomunikasi. Kedua, rendahnya tingkat pendidikan orang tua menyebabkan kurangnya pengetahuan untuk memfasilitasi dan menstimulasi perkembangan bicara anak. Ketiga, kurangnya stimulasi, dukungan positif lingkungan dan interaksi. Keempat, keinginan orang tua agar anak mampu berbahasa asing. Oleh karena itu, orang tua berkomunikasi dengan anak menggunakan dua bahasa, seperti bahasa indonesia dan bahasa inggris.

 

 

0 komentar:

Posting Komentar