Tugas Mata Kuliah
Teknik Penyusunan Skripsi
Dosen Pengampu: Dr.,
Dra. Arundati Shinta, M.A
Widia Fitriani
(20310410020)
Program Studi
Psikologi
Fakultas Psikologi
Universitas
Proklamasi 45 Yogyakarta
.jpeg)
Topik
|
Kencan online ,tinder , penelitian kuantitatif
|
Sumber
|
Paramitha, Anziela., Steven
Tanuwijaya., Dan Susilowati Natakoesoemah. (2021). Analisis Motif dan Dampak Penggunaan Aplikasi Tinder
Berbayar. Jurnal Komunikasi dan Kajian
Media, 5(2), 187-204.
|
permasalahan
|
Perkembangan
teknologi saat ini membuat kemunculan aplikasi media sosial semakin pesat,
salah satunya adalah Tinder. Setiap pengguna dapat menemukan pasangan yang
ideal dengan memberi like terhadap profil yang disukai. Walaupun Tinder dapat
digunakan secara gratis namun terdapat fitur berbayar yang juga ditawarkan.
|
Tujuan Penelitian
|
Penelitian
ini memiliki tiga tujuan utama, yaitu untuk mengetahui motif pengguna untuk
meng-upgrade Tinder miliknya menjadi Tinder premium, disamping itu juga ingin
mengetahui dampak yang dirasakan oleh pengguna setelah meng-upgrade Tinder
berbayar, dan menjelaskan pendapat
terhadap harga yang ditawarkan dari aplikasi Tinder.
|
Isi
|
- Tinder merupakan aplikasi yang memimpin pasar pada
segmen aplikasi kencan online di seluruh dunia, dan sudah terdapat 196
negara yang menggunakan aplikasi Tinder.
- Dikarenakan aplikasi ini masih dipandang sebagai hal
yang tabu, banyak stigma negatif dalam penggunaan aplikasi kencan
online. Hal ini yang mengakibatkan penyalahgunaan aplikasi kencan online
dan memberikan dampak negatif untuk penggunanya.
- ada juga beberapa dampak yang bersifat positif terhadap
para penggunanya. Bagi orang-orang yang memiliki sifat pemalu dan
canggung ketika mereka harus bertatap muka dengan orang yang mereka
sukai, melakukan perkenalan diri dan kencan online dapat membantu untuk
mengatasi rasa canggung tersebut.
- Pada aplikasi Tinderterdapat 2 jenis yang bisa digunakan
oleh penggunanya, yaitu Tinder yang tidak berbayar (akun standard), dan
Tinder yang berbayar (akun premium).
-
Pada aplikasi Tinder yang tidak berbayar, para
pengguna hanya bisa menggunakan lokasi sesuai dengan GPS pada telepon seluler
nya, sehingga orang yang dapat ditemui di aplikasi Tinder hanya orang yang
berada di sekitarnya. Pengguna juga tidak dapat untuk mengembalikan (dikenal
dengan istilah ‘rewind’) pasangan yang disukai jika sudah terlewat, pengguna
juga tidak dapat melihat lawan jenis yang menyukai profilnya, dalam satu hari
pengguna juga memiliki limit untuk menggeser kanan lawan jenis yang
disukainya.
-
Sedangkan pada aplikasi Tinder yang berbayar
pengguna dapat menggunakan fasilitas yang lebih optimal. Ditawarkan terdapat
tiga paket berbayar yang ditawarkan dari Tinder yaitu paket Tinder Gold,
Tinder Plus dan Tinder Platinum.
|
Metode
|
- Penelitian ini dilakukan secara kualitatif dimana Bogdan
dan Taylor mendeskripsikan bahwa penelitian kualitatif merupakan sebuah
prosedur penelitian yang dapat menjabarkan data deskriptif berupa
kata-kata tertulis atau tanggapan dari orang-orang yang akan diamati.
- Penelitian ini menggunakan pendekatan teknik fenomenologi
yang berdasarkan pengalaman langsung dari informan
- Teknik penentuan informan dalam penelitian ini
menggunakan teknik purposive sampling.
|
Hasil
|
- Dari hasil analisis dan wawancara dengan keempat
informan pengguna Tinder berbayar maka dapat disimpulkan bahwa hampir
semua informan yang diwawancarai, penggunaan aplikasi Tinder dimulai
karena dikenalkan oleh kerabat atau teman dari informan. Terdapat satu
informan yang mengetahui aplikasi Tinder karena melihat iklan pada media
sosialnya. Terdapat juga motif penasaran dan ingin bertemu orang baru
yang merupakan motif utama pada keempat informan dalam menggunakan
aplikasi Tinder, disusul dengan motif untuk mencari pasangan seksual,
dan kemudahan dalam komunikasi
|
Diskusi
|
- Jika dilihat dari motif pengguna dalam menggunakan
Tinder berbayar, motif mencari pasangan ideal, dan mencari cinta
merupakan motif utama informan dalam meng-upgrade akun Tinder mereka.
Selain itu motif mencari pasangan seksual juga ditemukan pada penelitian
ini
- Pada analisa terhadap fitur Tinder berbayar, bahwa semua
informan merasa puas dan dapat mencapai tujuan yang diinginkan dari
penggunaan Tinder berbayar ini.
- Dalam penelitian ini menemukan motif lainnya diluar
motif yang telah dipaparkan sebelumnya yakni motif ketertarikan informan
terhadap fitur yang ditawarkan dari Tinder. Informan merasa lebih aman
dan nyaman dalam penggunaan Tinder berbayar.
- Ditemukan pula bahwa pengguna laki-laki lebih memiliki
motif mencari pasangan seksual dibanding pengguna perempuan.
|
0 komentar:
Posting Komentar