Jumat, 21 April 2023

Meringkas Jurnal 2

 

Tugas Mata Kuliah Teknik Penyusunan Skripsi

Dosen Pengampu: Dr., Dra. Arundati Shinta, M.A

Widia Fitriani (20310410020)

Program Studi Psikologi

Fakultas Psikologi

Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta


Topik

Kencan online ,tinder , penelitian kuantitatif

Sumber

Paramitha, Anziela., Steven Tanuwijaya., Dan Susilowati Natakoesoemah. (2021). Analisis Motif dan Dampak Penggunaan Aplikasi Tinder Berbayar. Jurnal Komunikasi dan Kajian Media, 5(2), 187-204.

permasalahan

Perkembangan teknologi saat ini membuat kemunculan aplikasi media sosial semakin pesat, salah satunya adalah Tinder. Setiap pengguna dapat menemukan pasangan yang ideal dengan memberi like terhadap profil yang disukai. Walaupun Tinder dapat digunakan secara gratis namun terdapat fitur berbayar yang juga ditawarkan.

Tujuan Penelitian

Penelitian ini memiliki tiga tujuan utama, yaitu untuk mengetahui motif pengguna untuk meng-upgrade Tinder miliknya menjadi Tinder premium, disamping itu juga ingin mengetahui dampak yang dirasakan oleh pengguna setelah meng-upgrade Tinder berbayar, dan menjelaskan pendapat terhadap harga yang ditawarkan dari aplikasi Tinder.

Isi

  • Tinder merupakan aplikasi yang memimpin pasar pada segmen aplikasi kencan online di seluruh dunia, dan sudah terdapat 196 negara yang menggunakan aplikasi Tinder.
  • Dikarenakan aplikasi ini masih dipandang sebagai hal yang tabu, banyak stigma negatif dalam penggunaan aplikasi kencan online. Hal ini yang mengakibatkan penyalahgunaan aplikasi kencan online dan memberikan dampak negatif untuk penggunanya.
  • ada juga beberapa dampak yang bersifat positif terhadap para penggunanya. Bagi orang-orang yang memiliki sifat pemalu dan canggung ketika mereka harus bertatap muka dengan orang yang mereka sukai, melakukan perkenalan diri dan kencan online dapat membantu untuk mengatasi rasa canggung tersebut.
  • Pada aplikasi Tinderterdapat 2 jenis yang bisa digunakan oleh penggunanya, yaitu Tinder yang tidak berbayar (akun standard), dan Tinder yang berbayar (akun premium).

-          Pada aplikasi Tinder yang tidak berbayar, para pengguna hanya bisa menggunakan lokasi sesuai dengan GPS pada telepon seluler nya, sehingga orang yang dapat ditemui di aplikasi Tinder hanya orang yang berada di sekitarnya. Pengguna juga tidak dapat untuk mengembalikan (dikenal dengan istilah ‘rewind’) pasangan yang disukai jika sudah terlewat, pengguna juga tidak dapat melihat lawan jenis yang menyukai profilnya, dalam satu hari pengguna juga memiliki limit untuk menggeser kanan lawan jenis yang disukainya.

-          Sedangkan pada aplikasi Tinder yang berbayar pengguna dapat menggunakan fasilitas yang lebih optimal. Ditawarkan terdapat tiga paket berbayar yang ditawarkan dari Tinder yaitu paket Tinder Gold, Tinder Plus dan Tinder Platinum.

Metode

  • Penelitian ini dilakukan secara kualitatif dimana Bogdan dan Taylor mendeskripsikan bahwa penelitian kualitatif merupakan sebuah prosedur penelitian yang dapat menjabarkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau tanggapan dari orang-orang yang akan diamati.
  • Penelitian ini menggunakan pendekatan teknik fenomenologi yang berdasarkan pengalaman langsung dari informan
  • Teknik penentuan informan dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling.

Hasil

  • Dari hasil analisis dan wawancara dengan keempat informan pengguna Tinder berbayar maka dapat disimpulkan bahwa hampir semua informan yang diwawancarai, penggunaan aplikasi Tinder dimulai karena dikenalkan oleh kerabat atau teman dari informan. Terdapat satu informan yang mengetahui aplikasi Tinder karena melihat iklan pada media sosialnya. Terdapat juga motif penasaran dan ingin bertemu orang baru yang merupakan motif utama pada keempat informan dalam menggunakan aplikasi Tinder, disusul dengan motif untuk mencari pasangan seksual, dan kemudahan dalam komunikasi

Diskusi

  • Jika dilihat dari motif pengguna dalam menggunakan Tinder berbayar, motif mencari pasangan ideal, dan mencari cinta merupakan motif utama informan dalam meng-upgrade akun Tinder mereka. Selain itu motif mencari pasangan seksual juga ditemukan pada penelitian ini
  • Pada analisa terhadap fitur Tinder berbayar, bahwa semua informan merasa puas dan dapat mencapai tujuan yang diinginkan dari penggunaan Tinder berbayar ini.
  • Dalam penelitian ini menemukan motif lainnya diluar motif yang telah dipaparkan sebelumnya yakni motif ketertarikan informan terhadap fitur yang ditawarkan dari Tinder. Informan merasa lebih aman dan nyaman dalam penggunaan Tinder berbayar.
  • Ditemukan pula bahwa pengguna laki-laki lebih memiliki motif mencari pasangan seksual dibanding pengguna perempuan.

0 komentar:

Posting Komentar