Kamis, 20 April 2023

Essay 2 Review film Tentang Psikologi Sosial "Elysium"


Nama : Endy Zhuans Saputra

Nim    : 22310410071

Kelas  : Reguler A1

Dosen Pengampu : Dr., Dra. Arundati Shinta MA






 Topik

Film ini bercerita tentang Max Da Costa yang ingin hidup jujur di bumi yang dimana bumi sudah tak layak huni Max mengalami kecelakaan saat di tempat kerja nya dan terpapar radiasi . Dia ingin pergi ke Elysium (Stasiun Luar angkasa yang mewah dan berfasilitas lengkap) untuk berobat dengan metode canggih.

Sumber

ELYSIUM 2013

https://youtu.be/bTXe7yWU-Q0

 

Atau

https://youtu.be/72ujva2Q9ow

 

Ringkasan

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 Ringkasan lanjutan

Film Elysium berlatar di tahun 2154, di mana dunia terbagi menjadi dua bagian yang sangat berbeda. Orang kaya tinggal di stasiun luar angkasa mewah yang disebut Elysium, sedangkan orang miskin tinggal di planet Bumi yang terlantar dan rusak. Elysium adalah tempat yang ideal, dipenuhi dengan fasilitas mewah, perawatan medis canggih, dan teknologi yang jauh lebih maju dari Bumi.

 

Karakter utama dalam cerita ini adalah Max Da Costa (diperankan oleh Matt Damon), seorang mantan narapidana yang berusaha hidup jujur di Bumi. Dia bekerja di sebuah pabrik dan tinggal di sebuah apartemen bersama temannya, Julio (Diego Luna). Kehidupan Max menjadi tidak terduga ketika dia mengalami kecelakaan di tempat kerja yang menyebabkan dia terpapar radiasi dan memiliki hanya beberapa hari hidup lagi. Dia ingin mendapatkan perawatan medis yang hanya tersedia di Elysium, tetapi biaya perjalanan ke sana terlalu mahal dan hampir tidak mungkin.

Sementara itu, di Elysium, Sekretaris Pertahanan Elysium, Delacourt (diperankan oleh Jodie Foster), bersama dengan agen rahasianya, Kruger (diperankan oleh Sharlto Copley), berusaha untuk menjaga Elysium tetap terisolasi dari orang miskin di Bumi. Mereka ingin menjaga ketertiban dan ketentraman di Elysium dan tidak ingin orang miskin dari Bumi merusak keadaan.

 

Max kemudian bertemu dengan Spider (diperankan oleh Wagner Moura), seorang pemimpin kelompok pemberontak yang bertujuan untuk membuka akses ke Elysium bagi semua orang. Dalam pertukaran untuk perawatan medis, Max harus mencuri informasi dari otak seorang eksekutif Elysium yang terkait dengan program kontrol Elysium.

Dalam perjalanan untuk mencapai tujuannya, Max belajar bahwa program kontrol Elysium adalah alat yang kuat yang digunakan Delacourt dan Kruger untuk menjaga keamanan Elysium dan melindungi kepentingan orang kaya di Elysium. Max juga bertemu dengan Frey (diperankan oleh Alice Braga), seorang teman masa kecilnya yang masih tinggal di Bumi bersama anaknya yang sakit.

 

Max dan Spider berhasil mencuri informasi dari otak eksekutif Elysium, tetapi Kruger dan pasukannya menyerang tempat mereka. Max dan Frey melarikan diri ke Elysium menggunakan eksoskeleton yang dibuat oleh Spider Setelah tiba di Elysium, Max, Frey, dan anaknya menghadapi berbagai rintangan saat mereka berusaha untuk mencari perawatan medis. Sementara itu, Kruger dan pasukannya menyerang Elysium dan menyebabkan kerusakan besar pada stasiun.

 

Dalam pertempuran sengit, Max berhasil mengalahkan Kruger dan memasukkan program kontrol Elysium ke dalam dirinya sendiri. Dia memutuskan untuk menggunakan program tersebut untuk membuat semua orang di Bumi dan Elysium memiliki akses yang sama ke perawatan medis dan fasilitas Elysium.

 

Namun, saat Max mencoba memakai program kontrol Elysium, Delacourt dan pasukannya mengejarnya. Mereka bertempur dengan Spider dan kelompoknya, yang memungkinkan Max dan Frey untuk menyelesaikan proses mengaktifkan program kontrol Elysium.

 

Tak lama kemudian, Delacourt berhasil menemukan Max dan menembaknya. Namun, sebelum dia meninggal, Max berhasil mengaktifkan program kontrol Elysium dan mengubah seluruh sistem keamanan Elysium dan kesehatan global. Dampak dari program tersebut memberikan akses perawatan medis bagi semua orang dan Elysium menjadi terbuka untuk semua.

 

Di akhir cerita, Frey dan anaknya menjadi orang pertama yang mendapatkan perawatan medis dari Elysium. Spider, yang selamat dari pertempuran, memimpin perjuangan untuk mengatur kembali sistem dunia dan membuat dunia menjadi lebih adil bagi semua orang. Elysium menjadi semakin terbuka bagi semua, dan Max dihormati sebagai pahlawan.

Permasalahan

Film Elysium menghadirkan berbagai permasalahan sosial yang dihadapi oleh masyarakat di masa depan, antara lain.

Ketidakadilan Sosial dan Ekonomi. Dalam film ini, masyarakat Bumi hidup dalam kemiskinan dan kekurangan sementara orang-orang kaya yang tinggal di Elysium memiliki akses yang sangat luas ke segala fasilitas yang mereka butuhkan. Kesenjangan ini menunjukkan ketidakadilan sosial dan ekonomi yang besar dan memperlihatkan betapa sulitnya bagi orang miskin untuk memenuhi kebutuhan dasar mereka.

 

Pemerintahan Otoriter: Pemerintahan di Elysium digambarkan sebagai otoriter dan hanya berpihak pada orang kaya. Sekretaris Pertahanan Delacourt berusaha untuk menjaga Elysium sebagai tempat eksklusif bagi orang kaya dan mencegah orang miskin dari mencapai pengobatan yang tersedia di sana.

Opini

Opini saya tentang Elysium sebagai film yang menarik dan menghibur dengan cerita yang kompleks dan adegan laga yang menegangkan. Mereka juga mengapresiasi tema sosial yang disajikan dalam film dan menyatakan bahwa Elysium berhasil menyampaikan pesan tentang kesetaraan dan keadilan.

0 komentar:

Posting Komentar