Jumat, 21 April 2023

Essay 2 Review Film Psikologi Industri dan Organisasi "5cm"

Moh Ammar Farhan Maajid

Nim : 22310410021

Dosen Pengampu : Dr. Dra. Arundanti Shinta, Ma

Universitas Proklamasi 45 YK




Topik

Kisah ini menceritakan lima sahabat yang masing-masing memiliki keunikan tersendiri dan bergabung, bermain, bersahabat lamanya menjadi kekuatan persahabatan yang utuh

Sumber

https://t.me/film_5cmindonesia/3

Ringkasan

Zafran seorang yang puitis, yang tidak pernah putus asa untuk mendekati Arinda adik Arial. Genta dengan pekerjaannya sebagai EO. Arial dengan kebugaran yang kegugupannya saat menghadapi wanita. Riani dengan perasaannya yang terpendam pada salah satu diantara mereka berlima. Ian dengan skripsinya tak kunjung usai. Pada suatu malam mereka sedang berkumpul dirumah Arial, tanpa sangka-sangka Genta merasa jenuh dengan persahabatan mereka yang tidak pernah ada perubahan, Genta akhirnya mengeluarkan gagasannya yang membuat semuanya sedih sekaligus bimbang. Genta ingin mereka tidak bertemu maupun berkomunikasi dengan cara apapun selama tiga bulan. Riani merasa tidak kuat tanpa kehadiran sahabat-sahabatnya. Ian setuju dengan saran Genta, karena Ian ingin fokus menyelesaikan skripsinya yang sudah lama ia abaikan.

Tiga bulan berlalu, Genta akhirnya menghubungi sahabat-sahabatnya dan memberitahu mereka, selama seminggu harus latihan lari setiap hari sebagai persiapannya. Akhirnya hari itu pun tiba mereka berkumpul di stasiun kereta untuk berangkat menuju tempat misterius yang telah menjanjikan Genta. Mereka semua telah berpacaran kecuali Ian yang masih dalam perjalanan. Kereta sudah bergerak Ian baru muncul, dengan susah payah Ian mengejar kereta akhirnya Ian berhasil naik kereta. Rasa penasaran mereka akhirnya terjawab, mereka akan mendaki menuju puncak tertinggi Jawa, di Mahameru. Tak hanya berlima, Arial mengajak adiknya Dinda. Berenam mereka mempersiapkan diri dari penginapan hingga perjalanan mendaki ke puncak. Keindahan Mahameru dan sekitarnya begitu menakjubkan. Keindahan alam Indonesia yang memang tidak ada duanya di mana pun. Sebagai warga negara Indonesia, terima kasih atas apa yang Tuhan berikan, dari alam maupun isinya.

Kelucuan terjadi ketika mereka sampai ditanjakan cinta, dinamakan demikian karena tanjakan itu membentuk simbol “cinta”. Jika kita menanjak tanpa melihat ke bawah dan memikirkan seorang wanita yang ingin kita miliki, dipercaya keinginannya akan terwujud. Mendengar penjelasan tersebut Zafran dan Ian langsung menyembunyikan yang lain, dalam bayangannya Zafran ingin berpasangan dengan Dinda adik Arial dan Ian ingin berpasangan dengan Happy Salma. Tiba-tiba Genta memanggil mereka berdua dari bawah, dengan spontan Ian dan Zafran menengok ke belakang, beberapa saat akhirnya mereka sadar, kekonyolan mereka berdua membuat mereka putus asa akan keinginannya. Saat tiba-tiba menegangkan, mereka berlima sudah mencapai kaki Mahameru.

Suhu di tempat tersebut sangat dingin, bila tidak banyak bergerak, tubuh bisa sangat dingin. Arial yang saat itu tidak kuat lagi, dengan anjuran dari teman temannya dia akhirnya bisa melanjutkan pendakian. Kejadian saat mendaki kembali terjadi, runtuhan batu dan kerikil mengenai Dinda dan Ian, Dinda mengalami luka disamping kiri bagian bawah telinga, Ian pingsan karena terkena keruntuhan batu yang lumayan besar. Mereka berlima menolong Ian, Genta berusaha membangunkan Ian dengan napas buatannya dan menekan bagian dadanya agar bisa sadar. Setelah semuanya sadar dan kuat, mereka berhasil mencapai puncak mahameru, puncak tertinggi di pulau jawa. Mengibarkan bendera merah putih, melihat matahari terbit 17 Agustus.

Permasalahan

Kita harus menjauh dari teman dekat atau sahabat kita untuk  menyelesaikan persoalan, masalah, dan untuk masa depan kita

Opini saya

Menurut saya film ini sangat bagus karena mengajarkan kita arti persahabatan dan kekompakan tim dan solidaritas

 


0 komentar:

Posting Komentar