Senin, 24 April 2023

Essay 2: Meringkas Film Youtube_ Widya Mela Nova (22310410125


 12 Years A Slave

 Essay 2

Psikologi Sosial


Widya Mela Nova 

22310410125


Dosen Pengampu : Dr.,Dra.ARUNDATI SHINTA,MA



Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta



Topik

Kehidupan di Amerika Serikat di tahun 1841, yang masih melegalkan perbudakan terhadap warga kulit hitam atau negro.

Sumber 

12 Years A Slave - 2:14 m

https://youtu.be/OHbWPKrLCRc

Ringkasan

  12 years a slave merupakan film yang menceritakan mengenai kisah seorang pria bernama solomon northup yang menjadi korban penjualan budak selama 12 tahun lamanya. Film tersebut tentunya mengandung diskriminasi yang sangat kental, bagaimana ras kulit hitam disana dijadikan sarana perbudakan oleh orang orang ras putih. Yang mana tentunya ini bersangkutan erat dengan mata kuliah dan dengan penugasan kali ini yang mengangkat isu culture, dimana rasisme dan diskriminasi masih menjadi budaya yang besar pada tahun 1841 di Amerika. Seiring perkembangan zaman, isu rasisme dan diskriminasi ini menjadi isu yang semakin di perhatikan untungnya. Kini banyak perubahan positif terkait isu tersebut, namun tetap masih menjadi permasalahan yang sampai saat ini harus diperjuangkan.

Ringkasan

 Lanjutan

• Eksploitasi biasanya dilakukan ketika suatu kelompok memiliki kekuatan dan yang lainnya tidak. Dalam film 12 Years a Slave, eksploitasi dilakukan oleh orang kulit putih untuk mendapatkan keuntungan dari orang kulit hitam. Dalam relung terdalam pikiran orang kulit putih Amerika, orang kulit hitam selalu dikaitkan dengan objek yang rendah dan hina.

• Sikap etnosentrisme yang dimiliki oleh kelompok dominan (orang kulit putih) membuat kelompok minoritas (orang kulit hitam), dalam hal ini budak, terlihat lemah dan harus tunduk pada apa yang mereka perintahkan. Anggapan bahwa kelompoknya adalah kelompok yang paling baik dan berkuasa serta keadaan sosial yang telah menempatkan budak sebagai kaum yang lebih rendah dari mereka membuat orang kulit putih menjadi semakin semena-mena sehingga banyak merugikan kelompok minoritas.

• Di film 12 Years a Slave juga kebanyakan orang kulit hitam sebagai kelompok minoritas sendiri sudah melihat tidak adanya harapan bagi mereka untuk memberontak dan mereka harus menerima nasib.

Permasalahan

Saling menghargai dan menghormati merupakan sikap yang harus dimiliki oleh semua mahluk hidup. Namun pada kenyataanya, stigma tersebut tidak berlaku di Amerika Serikat pada tahun 1841. Hal ini dibuktikan dengan maraknya rasisme dan perbudakan orang kulit hitam yang dilakukan oleh orang kulit putih

Opini Saya

• Perbudakan dan rasialisme merupakan dua hal paling menyedihkan dalam catatan sejarah umat manusia. Dimana pemikiran yang rasis  membuat seseorang memiliki prasangka buruk terhadap ras tertentu. Prasangka buruk ini dapat memberikan dampak negatif terhadap para  korbannya.

• Pendekatan pluralisme budaya merupakan salah satu alternatif dalam menyelesaikan konflik sosial. Pluralisme merujuk pada sikap penghormatan antara berbagai kelompok dalam masyarakat serta penghormatan kelompok mayoritas terhadap minoritas dan sebaliknya.

Terdapat beberapa cara dalam mencegah rasisme di antaranya:

  1. Mengembangan wawasan serta kompetensi personal dan sosial

  2. Mengembangkan kesadaran dan sensitifitas bermasyarakat

  3.  Menerima perbedaan, meningkatkan integritas sosial kelompok

  4. Meningkatkan kesamaan kesempatan

  5. Memfasilitasi perubahan-perubahan kebijakan yang mengakomodir semua kelompok.


0 komentar:

Posting Komentar