Kamis, 20 April 2023

MERINGKAS FILM YOUTUBE & OPINI SAYA TENTANG KESEHATAN MENTAL

 SECOND ACT
Juliani Mariati Larosa
Program Studi Psikologi
Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta


Topik

 

work-life balance menjadi poin utama agar tidak jenuh bekerja. perusahaan seringkali tidak peduli dengan mental health karyawan, maka kamu sendiri yang harus menciptakannya "It's up to us. We make the decisions of our life".

Sumber

SECOND ACT (Jennifer Lopez) - FULL MOVIE -( Comedy Movie ) -  1:37:22.

https://www.youtube.com/watch?v=pUHMkwkpIBE

Ringkasan

 

 

Maya DaVilla adalah seorang pelayan toko yang berhadapan dengan kerasnya dunia kerja di new York, dia tengah khawatir menyambut presentasi program unggulannya kepada pemilik supermarket tempat ia bekerja selama 15 tahun. Maya khawatir karena gelar diploma yang ia miliki kemungkinan tidak bisa membuatnya naik jabatan menjadi manajer supermarket yang baru meskipun program online shopping yang ia inisiasi disambut gemilang oleh bosnya. Benar saja, sang bos Weiskopf (Larry Miller) menunjuk orang lain yang memiliki gelar MBA sebagai manajer baru.

Ringkasan (lanjutan)

 

 

Pada satu kesempatan, Maya mendapatkan panggilan yang tidak terduga. Sebuah perusahaan berskala internasional mengajaknya untuk bergabung sebagai salah satu eksekutif. Namun semua tawaran itu karena data CV palsu alias karangan yang dikirimkan ke perusahaan besar Franklin & Clarke oleh Dilly anak sahabatnya (Joan)Maya diberi waktu 6 minggu untuk menemukan produk baru yang bagus, 100% organik dan menguntungkan perusahaan, serta harus bersaing dengan Zoe, anak pemilik perusahaan yang kompetitif.Maya pun segera memulai penelitiannya bersama rekannya Hildy, asistennya yang takut ketinggian Ariana dan analis yang dikucilkan Chase. Di tengah penelitiannya, Maya menemukan kenyataan baru yang berkaitan dengan masa lalunya.

Ringkasan (lanjutan)

 

Trey tidak setuju dengan keputusan Maya yang tidak mau jujur dan menolak diajak menikah dengan alasan karir dan waktu yang tidak tepat. Hubungan mereka pun putus, ditambah ketika Maya DaVilla mengetahui bahwa Zoe adalah anak kandungnya.

Ringkasan (lanjutan)

 

 

Akhirnya Maya mengambil keputusan untuk jujur didepan semua orang tentang siapa dia sebenarnya, Maya memberitahukan bahwa karir dan akademik nya semuanya adalah kebohongan namun Zoe membenci kebohongan ibunya dan memilih untuk tidak bertemu lagi. Maya juga berhenti dari pekerjaannya. Tapi pada akhirnya Zoe bisa menerima kenyataan itu karena ia tahu bahwa ibunya terpaksa melakukan itu untuk bisa mendapatkan pekerjaan yang layak dan walaupun begitu ibunya tetap sayang kepada Zoe. Begitu juga dengan hubungan Maya, dimana dia kembali balikan dan menikah dengan Trey.

Permasalahan

 

Rasa frustasi akan dihadapi dalam dunia kerja dan industri karena perusahaan hanya memikirkan bisnis dimana Perusahaan menuntut track pendidikan dan akademik yang bombastis. Idealnya perusahaan juga memandang karyawan berdasarkan pengetahuan dan pengalaman yang didapat agar perusahaan bisa mencapai tujuannya.

Opini Saya

§        Walaupun tidak punya gelar perguruan tinggi namun kemampuan yang didapat dari pengalaman tak kalah bernilai dibanding kemampuan akademis, dan tak pernah ada kata terlambat untuk memulai kehidupan yang baru. Karena perusahaan yang baik selalu memberimu kesempatan belajar dan mengeksplorasi talentamu "The only thing stopping you is you."

§        Walaupun fresh graduate tanpa pengalaman apapun, teruslah kembangkan bakat diri mu, untuk bisa mencapai tujuan dan pekerjaan impian mu karena selalu ada perusahaan yang layak untuk kamu "Even after the biggest disasters, there could still be hope".

§        Hal-hal yang bisa saya lakukan agar perusahaan menerima saya untuk menjadi karyawannya walaupun fresh graduate yaitu dengan menunjukkan kualitas diri sendiri, dan belajar banyak dari pengalaman sebelumya serta membuktikan bahwa pengetahuan dari pengalaman tak kalah pentingnya dari kemampuan akademik.


0 komentar:

Posting Komentar