Senin, 24 April 2023

Essay 1. Meringkas Surat Kabar: Soroti Kemiskinan Hingga Lepasnya Gelar Juara Umum Porda

Soroti Kemiskinan hingga Lepasnya Gelar Juara Umum Porda


Tugas 1

Psikologi Sosial


Dimas Mahendra Wijaya

22310410107


Dosen Pengampu: Dr., Dra. Arundati Shinta, MA


Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi ’45 Yogyakarta




Topik

Upaya pemerintah membangun Kota Jogja

Sumber

Fat. (2022) Soroti Kemiskinan hingga Lepasnya Gelar Juara Umum Porda. Radar Jogja. 15 April, hal.1

Ringkasan

Pemkot ingin mewujudkan Kota Jogja yang good governance dan celan governance, berkeadilan, demokratis, dan berlandaskan hukum. Kota jogja yang aman,  tertib, bersatu, dan damai. Mewujudkan pembangunan saranan dan prasarana yang berkualitas. Serta mewujudkan Kota Jogja yang sehat.

Ringkasan (Lanjutan)

DPRD Kota Jogja menerima Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Wali Kota Jogja Tahun Anggaran (TA) 2022. Ada 17 bidang yang menjadi sorotan dewan. Rekomendasi pansus menjadi acuan dan tolok ukur pelaksanaan pembangunan tahun anggaran berikutnya. Ketua DPRD, Danang, mengkritisi salah satu persoalan yaitu pengentasan kemiskinan dan mewanti-wanti agar ada kepastian terkait jaminan kesejahteraan sosial juga integritas data terpadu kesejahteraan sosial (DTKS) dengan program Pemkot Jogja. Selain itu Ketua DPRD menyoroti perolehan medali Kota Jogja dalam ajang Pekan Olahraga Daerah (Porda) DIY. Kota Jogja tidak lagi menyandang gelar sebagai juara umum. Pembinaan atlet perlu dilakukan. Kota Jogja harus mampu menjaga capaian indeks pembangunan manusia (IPM). Karena , saat ini menduduki peringkat pertama secara nasional. Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Jogja Agus Tri Haryono mengatakan ada sembilan misi yang ditetapkan dalam rangka mengejar capaian Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) 2024. Di samping itu ada tujuh isu strategis yang disepakati. Predikat sebagai kota pendidikan, pariwisata, budaya dan kota perjuangan harus dapat dipertahankan. Kemudian mewujudkan daya saing unggul dalam pelayanan jasa yang nyaman dan ramah lingkungan. Mewujudkan masyarakat yang bermoral, beretika, beradab, dab berbudaya. 

Permasalahan

Pemerintah berupaya mengatasi permasalahan yang ada di Kota Jogja dan juga meningkatkan prestasi dan atau predikat yang telah disandang Kota Jogja.

Opini saya

  • Pemerintah telah berupaya dengan baik melakukan kegiatan demi meningkatkan kemauan Kota Jogja.

  • Masyarakat ikut serta mendukung rencana kerja pemerintah Kota Jogja.

  • Masyarakat dan Pemerintah Kota Jogja bekerja sama membangun Kota Jogja agar lebih maju.



Lampiran:



0 komentar:

Posting Komentar