Kamis, 20 April 2023

Essay 1 meringkas surat kabar psikologi sosial

Essay 1 Meringkas Surat Kabar Psikologi Sosial

Nama : Endy Zhuans Saputra
Nim    : 22310410071
Kelas  : Reguler A1
Dosen Pengampu : Dr., Dra. Arundati Shinta MA




 

 Topik

 Dinas Kesehatan Kalimantan Timur menghimbau pengoptimalan kolaborasi antar program terkait upaya penanggulangan masalah Gizi

Sumber

Dinas Kesehatan kaltim "Dinkes kaltim Optimalkan Program AntarSektor", SAMARINDA POS. 20 April 23. Hal 2.

Ringkasan

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Timur Kembali Menggelar Pertemuan Evaluasi Program Gizi Kesjaor Kaltim bertempat di Hotel Blie Sky Balikpapan, Minggu(16/4).

 

Ada beberapa himbauan yang di sampaikan Kepala Dinas Kesehatan Kaltim, Dr Jaya Mualimin, di antaranya optimalkan kolaborasi antar program maupun sektor terkait terutama dalam upaya penanggulangan masalah gizi di provinsi kalimantan Timur, optimalkan kelas ibu dan kelas balita untuk memperkuat edukasi.

 

Edukasi disini maksudnya ditujukan kepada sasaran agar tetap peduli terhadap dirinya sendiri maupun pada lingkungan sekitarnya. Serta lakukan pemantauan wilayah setempat secara berkala dan berintegrasi.

 

"Tujuan dari kegiatan ini tentunya koordinasi plantisi tingkat provinsi untuk berbagai hal tentang gizi.kita juga fokus pada penanganan stunting untuk bauu dan balita. Fokus pada sasaran, dari 3.100 bayi menurut angka pusdatin, yang akan kita sasar adalah seluruh bayi melalui posyandu dan puskesmas serta fasilitas-fasilitas umum. Dimana memang tempat anak, kita memantau pertumbuhan anak, " Jelas dari Dr Jaya.

  Selain stunting, yang juga menjadi fokus pemerintah provinsi adalah 1.000 hari kehidupan pertama. Diharapkan perhatian orangtua dari masa kehamilan hingga 1.000 hari kemudian selalu di pantau. Itu Program-program yang terkait dengan program lain lintas sektor.

 Anak yang lahir kurang dari 250gram dan panjang kurang dari 40cm, tu kita anggap stunting. Makanya disitulah konsep intervensi spesifik berupa makanan, " Ujarnya seraya menyambut target stunting masih tetap sesuai target nasional yaitu 14.(adv/lin/beb).

Permasalahan

Kurang nya Edukasi masyarakat ibu hamil tentang gizi di Kalimantan Timur merupakan masalah yang di hadapi Dinas Kesehatan saat ini. Dampak dari kurangnya pengetahuan tentang gizi salah satunya yaitu Stunting kondisi dimana ketika anak memiliki tinggi badan yang lebih pendek dari yang seharusnya sesuai dengan usianya. Kondisi ini biasanya terjadi karena kekurangan gizi dan nutrisi yang cukup pada masa pertumbuhan awal anak, yaitu selama kehamilan hingga usia 2 tahun. Stunting pada anak dapat menyebabkan dampak jangka panjang yang serius, termasuk gangguan perkembangan fisik dan mental, masalah kesehatan kronis, dan menurunkan kemampuan belajar dan produktivitas di masa dewasa.

Opini

Menurut saya, edukasi gizi untuk masyarakat ibu hamil sangat penting untuk membantu meningkatkan kesehatan dan pertumbuhan bayi yang dikandung. Ibu hamil membutuhkan nutrisi yang lebih banyak dan beragam dibandingkan dengan kebutuhan nutrisi sehari-hari. Kekurangan gizi selama kehamilan dapat meningkatkan risiko bayi stunting, serta mengalami masalah perkembangan dan kesehatan di masa depan.






0 komentar:

Posting Komentar