Rabu, 19 April 2023

Meringkas Jurnal 3


 

Meringkas Jurnal 3

Teknik Penyusunan Skripsi

(Semester Ganjil 2023/2024)

Elyza Alvinna Mu’arif (20310410074)

Dosen Pengampu : Dr., Dra. Arundati Shinta, M.A

Fakultas Psikologi

Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta

 

Topik

Pemberdayaan Masyarakat, Penyuluhan, Cuci tangan, PHBS

Sumber

Patilaiya, H., Rahman, H. (2018). Pemberdayaan masyarakat melalui penyuluhan  perilaku hidup bersih dan sehat untuk meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat. Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat. Vol 2 (2), 251.

Permasalahan

Ini adalah penelitian dengan deviasi positif.Kegiatan pemberdayaan masyarakat untuk dengan melakukan aktivitas bersama-sama terlibat dalam menjaga kebersihan. Bahwasanya lingkungan dari masyarakat dalam status ekonomi sangat erat berkaitan dengan perilaku hidup bersih dan sehat.

Tujuan penelitian

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman masyarakat untuk memiliki kesadaran tinggi dan potensi diri untuk menjaga kesehatan melalui pengenalan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS).

Isi

·    Pemberdayaan masyarakat merupakan bagian yang sangat penting dan bahkan dapat dikatakan sebagai ujung tombak untuk promosi kesehatan.

·     Penyuluhan kesehatan adalah salah satu metode yang dapat diterapkan untuk tindakan preventif guna mengingatkan masyarakat pentingnya menjaga kesehatan

·     Kegiatan penyuluhan langsung ke masyarakat terutama masyarakat yang masih jauh dari jangkauan media informasi maupun fasilitas kesehatan akan dapat membantu masyarakat mendapatkan informasi kesehatan, maka dengan kegiatan pengabdian masyarakat ini dapat mendukung hak literasi informasi kesehatan setiap individu (Prasanti & Fuady, 2017).

·    Sebagai penjabaran dari Permenkes tersebut, dalam buku pedoman pembinaan PHBS disebutkan bahwa derajat kesehatan masyarakat yang masih belum optimal pada hakikatnya dipengaruhi oleh kondisi lingkungan, perilaku masyarakat dan sistem pelayanan kesehatan yang masih kurang optimal.

·     Dengan pertimbangan bahwa Desa Posi-posi jauh dari jangkauan puskesmas dan akses literasi informasi kesehatan juga masih terbatas maka desa ini dijadikan sebagai sasaran untuk melaksanakan pengabdian masyarakat.

·     Mitra ini dilibatkan untuk kegiatan penyuluhan perilaku PHBS di rumah tangga dan kegiatan menjaga kesehatan lingkungan. Untuk kegiatan penyuluhan PHBS di institusi pendidikan dan pengenalan cara mencuci tangan yang benar melibatkan siswa sebagai kelompok sasaran yaitu kelas III, IV dan V di SD Inpres Pos.

Metode

·     Metode pelaksanaan adalah dengan (1) penyuluhan tentang praktek PHBS di tingkat rumah tangga, (2) penyuluhan tentang PHBS di tingkat institusi pendidikan, (3) praktek cuci tangan yang benar pada murid sekolah, dan (4) pemberdayaan masyarakat dengan kegiatan menjaga kebersihan lingkungan.

·     Subjek penelitian adalah semua rumah tangga di wilayah desa Posi-posi yang diikuti oleh kepala keluarga atau salah satu anggota keluarga berjumlah 84 orang. Mitra ini dilibatkan untuk kegiatan penyuluhan perilaku PHBS di rumah tangga dan kegiatan menjaga kesehatan lingkungan Untuk kegiatan penyuluhan PHBS di institusi pendidikan dan pengenalan cara mencuci tangan yang benar melibatkan siswa sebagai kelompok sasaran yaitu kelas III, IV dan V di SD Inpres Posi-posi yang diikuti 90 orang siswa (seluruh masyarakat desa Posi-posi berjumlah 84 rumah tangga dan 60 murid SD Inpres Posi-posi).    

Hasil

·     Salah satu strategi untuk mencapai derajat kesehatan masyarakat adalah dengan memberikan pemahaman dan kesadaran masyarakat untuk menerapkan pola hidup bersih yang dimulai dari tingkat keluarga atau rumah tangga, lingkungan sekolah dan masyarakat luas.

·    Program pengabdian masyarakat yang diinisiasi oleh Majelis Kesehatan Umum dan Pelayanan Sosial Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Maluku Utara ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman masyarakat untuk memiliki kesadaran tinggi dan potensi diri untuk menjaga kesehatan melalui pengenalan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).

·    Hasil kegiatan menunjukkan ada peningkatan pengetahuan rumah tangga dan murid SD tentang PHBS dan seluruh murid telah mampu untuk mencuci tangan dengan benar.

Diskusi

·     Kegiatan penyuluhan PHBS di desa ini diharapkan dapat meningkatkan derajat kesehatan masyarakat setempat. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman masyarakat mengenai perilaku PHBS di tingkat rumah tangga dan PHBS di institusi pendidikan yaitu pada siswa SD, mempraktekkan cara mencuci tangan yang benar pada siswa SD sebagai salah satu cara agar terhindar dari penyakit menular serta memberdayakan masyarakat desa Posi-posi untuk menjaga kesehatan lingkungan.

 

0 komentar:

Posting Komentar