Kamis, 20 April 2023

MERINGKAS ARTIKEL KORAN & OPINI SAYA TENTANG ROTASI JABATAN

KURNIAWAN DAVID: 
PULUHAN PEGAWAI KENA ROTASI
Juliani Mariati Larosa
Program Studi Psikologi
Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta


Topik

Rotasi jabatan merupakan salah satu upaya yang bisa dijadikan sarana evaluasi, rotasi diyakini bisa meningkatkan produktivitas kerja, dan melahirkan kreatifitas dalam dunia kerja.

Sumber

Kurniawan David. (2023). Puluhan pegawai kena rotasi. Harian Jogja. 3 April. Hal. 9Harian Jogja. 3 April. Hal. 9

Ringkasan

 

 

 

 

Rotasi jabatan, mengakibatkan pergeseran pegawai dengan jabatan. Tidak hanya jabatan pengawas ataupun administrator dan namun bahkan menyasar sampai ke pejabat aselon dua atau setingkat kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Ada banyak jabatan yang digeser dan menempati posisi barunya seperti kepala dinas komunikasi dan informatika yaitu Wahyu Nugroho yang menempati posisi barunya sebagai staf ahli Bupati di bidang hukum dan politik. Ada juga kepala badan perencanaan pembangunan daerah atau Bappeda yaitu saptoyo yang dipindah tugaskan menjadi inspektur inspektorat daerah. Dan juga Muhammad Arif yang sebelumnya menjabat sebagai kepala dinas pariwisata meninggalkan posisinya. Sedangkan pejabat aselo dua terakhir yang dirotasi yaitu staf ahli Bupati bidang hukum dan politik yakni Agus Hartadi menduduki jabatan baru sebagai asisten I bidang pemerintahan dan kesejahteraan rakyat.

Ringkasan (lanjutan)

 

 

 

Total keseluruhan pegawai yang kena rotasi dalam penataan jabatan kali ini ada 70 pegawai seperti yang diungkapkan oleh  Bupati gunung kidul yaitu Sunaryanta."pelayanan publik harus dimaksimalkan karena sejalan dengan reformasi birokrasi dan transformasi ke nada ASN ", sunaryanta, iya berharap agar seluruh pegawai bersungguh-sungguh menjalankan tugas dan tanggung jawabnya sebaik-baiknya. Selain itu juga bisa saling bersinergi dan berkolaborasi demi terwujudnya visi dan misi pemerintahan Gunungkidul. Sunaryanta juga berharap agar supaya ego sektoral harus dihilangkan menjadi satu kesatuan demi terciptanya pelayanan masyarakat yang maksimal Ia juga meminta untuk terus melakukan inovasi dan era digitalisasi.

Ringkasan (lanjutan)

 

 

Sri suhartanta selaku sekretaris Daerah gunung kidul, menambahkan bahwa seusai dilakukannya penataan jabatan masih ada jabatan setingkat aseton 2 yang masih kosong diantaranya yaitu meliputi jabatan kepala dinas pariwisata, kepala badan keuangan dan asal daerah, kepala dinas pertahanan dan tata ruang hingga kepala dinas penanaman modal pelayanan terpadu satu pintu. Surantan ta juga mengatakan bahwa akan dibuka seleksi terbuka bagi setiap pegawai yang nantinya telah memenuhi persyaratan, hal itu sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku yakni penyisihan yang lowong dilakukan melalui seleksi terbuka.

Permasalahan

 

 

70 pegawai yang kena rotasi dalam penataan jabatan di lingkungan pemerintahan kabupaten Gunungkidul. Bahkan rotasi juga menyasar sampai ke pejabat eselon dua atau setingkat kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Idealnya dengan melakukan rotasi para pejabat atau pegawai yang dipindah tugaskan mendapatkan motivasi dan menjadikan bahan evaluasi untuk selanjutnya untuk meningkatkan produktivitas kerja dengan melaksanakan tanggung jawabnya sehingga bisa tercapainya visi dan misi pemerintah.

Opini Saya

 

 

 

§        Rotasi merupakan hal yang wajar dalam sebuah organisasi, karena diyakini untuk penyegaran kegiatan dalam pekerjaan, juga sebagai kesempatan agar para pegawai atau karyawan mendapat motivasi baru, dimana dia ditempatkan dan di dayagunakan secara efektif dan efisien.

§        Pemindahan pegawai atau karyawan dengan jabatan yang bermacam-macam juga bisa memperoleh pengetahuan dari bidang yang ia jabat sebelumnya, selain itu juga bisa menghindari kejenuhan dalam pekerjaan.

§        Sebagai mahasiswa psikologi kita bisa menjadikan rotasi jabatan ini sebagai tempat mencari kesempatan agar memperoleh pengetahuan dan kemampuan yang lebih luas karena kita bisa belajar dari berbagai jabatan yang kita duduki, selain itu juga bisa menambah potensi dan juga pengalaman dalam berkarir.





0 komentar:

Posting Komentar