Kamis, 20 April 2023

Meringkas Jurnal III

 Tugas Mata Kuliah Teknik Penyusunan Skripsi

Dosen Pengampu: Dr., Dra. Arundati Shinta, M.A

Nur Alfiyah (20310410062)

Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta


Topik

Kreativitas, kardus bekas, pelatihan.

Sumber

Aisah, A. (2019). Efektivitas pelatihan pemanfaatan media bahan bekas kardus untuk peningkatan kreativitas guru RA Kecamatan Cipanas Cianjur. IDEA: Jurnal Humaniora. 2(2), Oktober 2019, 194-203.

Permasalahan

Permasalahan dalam penelitian ini adalah guru-guru RA Kecamatan Cipanas belum kreatif dalam memanfaatkan media bahan bekas kardus dan belum optimal menggunakan media pengembangan bahan bekas kardus. Hal ini berdampak pada kurangnya partisipasi siswa dan proses pembelajaran.

Tujuan Penelitian

Untuk memperoleh gambaran tentang efektivitas pelatihan pemanfaatan media bahan bekas kardus untuk peningkatan kreativitas guru, partisipasi siswa, dan proses pembelajaran di RA Kecamatan Cipanas.

Isi

  •        Pendidikan anak usia dini (PAUD) = pintu awal memasuki pendidikan dasar, yang dilakukan melalui rangsangan pendidikan, untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohami, agar anak memiliki kesiapatan memasuki selanjutnya. Apabila di pintu awal anak sukses melewatinya, maka akan berdampak positif bagi pendidikan selanjutnya.
  •        Guru PAUD = disyaratkan memiliki empat kompetensi yaitu pedagogik, kepribadian, profesional, dan sosial. Salah satu kompetensi pedagogik yang perlu dimiliki guru paud adalah kemampuan dalam mengembangkan potensi anak usia dini untuk pengaktualisasian diri melalui sarana kegiatan dan sumber belajar dan pembuatan media kegiatan.
  •              Bahan bekas = bahan-bahan yang berasal dari barang-barang yang sudah tidak terpakai lagi dan dapat didaur ulang kembali menjadi sesuatu yang bisa dimanfaatkan.

Metode


  •                Penelitian ini menggunakan metode deskripsi karena bisa menakar, menganalisa, dan mengklasifikasikan penyelidikan tentang efektivitas pemanfaatan media bahan bekas kardus untuk peningkatan kreativitas guru, partisipasi siswa, dan proses pembelajaran di RA Kecamatan Cipanas.
  •       Subjek penelitian adalah lima orang guru yang telah mengikuti pelatihan dan telah melaksanakan pembelajaran dengan anak.
  •         Metode pengumpulan data adalah wawancara terhadap lima orang guru yang telah mengikuti pelatihan dan telah melaksanakan pembelajaran dengan anak, kuisioner/angket yang disebarkan kepada 50 orang guru RA Kecamatan Cipanas yang telah mengikuti pelatihan dan telah melaksanakan pembelajaran.   
  •       Teknik pengolahan data untuk mendeskripsikan hasil penelitian adalah teknik kategori atau rata-rata. Kriteria yang digunakan yaitu 1) Jika nilai rata-rata ≥ 0,5 maka dinyatakan ya, artinya mampu; 2) Jika rata-rata ≤ 0,5 maka dinyatakan tidak, artinya tidak mampu/belum mampu.

Hasil

  •          Sebagian besar peserta pelatihan dapat memahami materi yang partisipasi siswa dalam pembelajaran setelah mengikuti pelatihan pemanfaatan media bahan bekas kardus, hal ini ditunjukkan dengan: a) siswa dapat membuat pola media bahan bekas kardus; b) siswa dapat merangkai pola media bahan bekas kardus; c) siswa dapat mempraktekkan media bahan bekas kardus; d) siswa dapat melengkapi media bahan bekas kardus; dan e) siswa dapat mendekorasikan media bahan bekas kardus.
  •         Sebagian besar guru menyatakan mengalami peningkatan dalam proses pembelajaran, hal ini ditunjukkan dengan: a) proses pembelajaran dan siswa lebih termotivasi dalam pembelajaran media bahan bekas kardus; b) proses pembelajaran dan siswa menjadi lebih senang; c) proses pembelajaran dan siswa lebih tertarik; d) proses pembelajaran dan siswa lebih kondusif; dan e) proses pembelajaran dan siswa lebih aktif.

Diskusi

  •         Guru-guru RA memahami materi yang disampaikan pada waktu pelatihan pemanfaatan media bahan bekas kardus yang ditunjukkan dari hasil kuisioner A pertanyaan 1 s.d 10, hampir semua responden menjawab Ya dengan nilai rata-rata diatas 0,5, artinya bahwa guru mampu memahami materi pelatihan pemanfaatan bahan bekas kardus. Selain itu, tabulasi data pada kuisioner A juga diketahui sebanyak 0,7 atau 70% dengan pertanyaan 1-10 dari 50 peserta, 35 orang menjawan mampu. Hal ini berarti bahwa sebagai besar guru memahami materi pelatihan pemanfaatan media bahan bekas kardus untuk meningkatkan kreativitas guru.
  •         Kreativitas guru RA lebih meningkat setelah mengikuti pelatihan pemanfaatan media bahan bekas kardus yang ditunjukkan dari hasil kuisioner A pertanyaan 11 s.d 20, hampir semua guru menjawab Ya dengan nilai rata-rata diatas 0,5, yang berarti bahwa adanya peningkatan guru setelah mengikuti pelatihan pemanfaatan media bahan bekas kardus. Selain itu, tabulasi data pada kuisioner A diketahui sebanyak 0,64 atau 64% dengan pertanyaan 11 s.d 20, dari 50 peserta, 32 orang menjawab mampu. Hal ini berarti sebagian besar guru mengalami peningkatan kreativitas mereka setelah mengikuti pelatihan pemanfaatan media bahan bekas kardus.

 

 

 


0 komentar:

Posting Komentar