Jumat, 28 April 2023

Essay 2: Review & Meringkas Film Youtube DADDY’S PERFECT LITTLE GIRL 2021

 

DADDY’S PERFECT LITTLE GIRL  2021

Afini Musyarofah.J

22310410113

Dosen Pengampu: Dr., Dra. Arundati Shinta, MA

Mahasiswa Psikologi Universitas Proklamasi 45

Yogyakarta



Topik

Remaja yang memiliki gangguan posesif dan obsesif berlebih kepada ayah angkatnya

Sumber

Daddy’s Perfect Little Girl 2021 – 1:25:13

https://www.youtube.com/watch?v=U1iRYAr-rzI

Ringkasan

Bercerita tentang seorang anak perempuan berusia 12 tahun bernama Ella Chambers yang sangat pencemburu, posesif dan obsesif pada ayah angkatnya Nolan. Dia diadopsi oleh orang tua angkat bernama Nolan dan istrinya Carol, setelah ibu kandungnya meninggal karena dibunuh oleh pacarnya yang kasar di hadapannya sendiri. Obsesi dan kecemburuan Ella semakin besar sehingga mulai mendominasi hubungannya dengan orang lain setelah saat baru setahun diadopsi ibu angkatnya Carol didiagnosis menderita kanker stadium akhir dan meninggal tepat saat dia dan Ella mulai terikat sebagai ibu dan anak. Sejak itu Nolan membesarkan Ella sebagai ayah tunggal yang bekerja di agen percastingan, dengan bantuan pengurus rumah tangganya yang bernama Larissa Anderson.

Film dimulai saat seorang anak bernama Ella dan ayahnya bernama Nolan mengendarai sepeda melewati jalan sekitar rumah mereka menuju taman. Kemudian, ditengah perjalanan ayah dan anak itu berdebat tentang rasa es krim yang enak. Perjalanan mereka menuju taman awalnya sempurna, namun hancur saat ada sebuah mobil yang melaju kencang dan hampir menyerempet sang ayah hingga menyebabkannya keluar jalan raya dan terjatuh sampai memiliki luka lecet di lengan kirinya. Ella yang mengetahui hal itu berteriak histeris sambil berlari menghampiri dan memukuli pengemudi mobil yang sedang mengarah untuk membantu Nolan itu. Dia juga berteriak bahwa dia akan membunuh pengemudi itu. Dari sini sudah terlihat sikap obsesif nya Ella.

Ketika dirumah, Ella tidak menyukai pembantu yang bernama Larissa Anderson itu, karena menurutnya dia itu "terlalu banyak bekerja". Dengan ketidaksukaannya itu, dia memiliki ide untuk untuk menarik perhatian sang ayah dengan mengiris jarinya sendiri menggunakan pisau dapur yang ada di mesin pencuci piring dan membuat seolah-olah insiden itu terjadi karena salah Larissa yang meletakkan pisau menghadap keatas bukannya kebawah. Kemudian Nolan memanggil Larissa dan mengingatkannya untuk meletakan pisau dengan benar lain kali, sebenarnya Larissa merasa sudah meletakkan pisau dengan benar, jadi dia sedikit bingung dengan tingkah Ella itu.

Dengan adanya kejadian tersebut membuat Nolan merasa perlu memberikan perhatian lebih kepada Ella. Oleh karena itu ia mengajak Ella untuk berlibur dan menyuruhnya memilih tempat yang menarik. Ella pun sangat antusias dan memutuskan liburannya untuk perjalanan Adventure Camp, dan dia pun membual dan pamer kepada temannya yang bernama Kinsley melalui video call. Ella menandai kalender dengan sangat bersemangat karena akan ia mendaki dan menaiki zipline.

Suatu hari Nolan mendapatkan kesempatan bekerjasama dengan aktris favorit Ella, yaitu bintang TV Juliette Lee yang muncul secara reguler di serial berjudul Twisted Pretty, dia berperan sebagai wanita yang melakukan misi balas dendam setelah dia kehilangan ibunya karena dibunuh oleh pacarnya. Dan di setiap episode membalas orang yang menurutnya menghalangi jalannya. Karena itulah maka Nolan mengajak Ella untuk mengunjungi Juliette di lokasi syuting iklan yang bekerjasama dengan agensinya. Sesampainya di lokasi syuting, Ella langsung meminta foto bersama kepada Juliette akan tetapi ditolak dengan alasan dia masih sibuk. Walaupun sudah ditolak Elle tetap tidak menyerah, dia terus berusaha mendekati artis pujaannya tersebut agar mau diajak berfoto. Namun Saat sesi pemotretan selesai, Juliette malah menghampiri seorang remaja pria yang sedang membantu merapikan lokasi set syuting dan mengajaknya foto bersama dan saling berkenalan dengan bertukar nama dan nomor handphone, nama remaja tersebut adalah Zander dan dia adalah anak dari Cecily seorang wanita kulit hitam salah satu staff Juliette yang pertama kali ditemui oleh Nolan di lokasi syuting. Dan disinilah  awal mula sebab Ella sangat membenci Zander dan awal mula Nolan tertarik pada Cecily.

Dan saat Nolan dan Cecily sedang berbincang itulah Ella cemburu dan sangat kesal karena merasa tidak diperhatikan oleh ayahnya. karena tidak berjalan sesuai keinginannya hingga dia mulai menghancurkan barang-barang termasuk perlengkapan pencahayaan kaca di lokasi iklan. Setelah itu dia berteriak seolah-olah dia kaget dan terluka agar segera mendapatkan perhatian ayahnya lagi. Tetapi karena kejadian tersebut Ella akhirnya melewatkan kesempatannya untuk berfoto selfie dengan sang bintang. Dan tanpa foto itu, Kinsley mengolok-olok Ella karena berbohong. Ella jadi tambah kesal, dan pertemanan mereka jadi putus. Sebab itulah dia akhirnya pergi ke halaman rumah Albert dan menginjak taman bunganya lalu mengirim pesan kepada Juliette di media sosial bahwa dia sedang kesal tapi dia hanya berbicara sendiri dengan profil media sosial Juliette.

Ketidaksukaan Ella terhadap orang lain yang menurutnya menghalangi jalannya tidak hanya Zander saja, tapi ada Albert si pria tua tetangga sebelah dibunuh setelah memergokinya mengutil 2 detergent instan di swalayan. Albert “dibunuh” karena Ella sengaja menjatuhkannya dari tangga saat sedang membersihkan saluran air atap rumahnya. Dan parahnya kejadian itu hanya dianggap sebagai kecelakaan saja, sehingga Ella tidak di curigai sama sekali. Selain itu, ada juga ibu dari rekan kerja ayahnya yang bernama Gabriella yang dia “racuni” menggunakan detergen instan seperti adegan yang ditirunya dari serial TV Twisted Pretty tersebut. Dia ‘meracuni’ ibu Gabriella karena dianggap telah menggagalkan rencananya untuk berlibur ke ‘kamp  perkemahan’ dengan akan perginya dia dan Gabriela ke New York untuk mengurus pembelian rumah baru di akhir pekan nanti. Artinya jika Gabriella pergi ke Amerika, maka ayahnya harus tetap masuk kantor dan menghadiri rapat agensi karena rekannya tidak akan ada. Karena itulah maka rencana perjalanan mereka ke kamp petualang bisa jadi gagal.

Walaupun Ella berhasil mencegah Gabriella untuk pergi ke New York dia masih tidak bisa pergi ke kamp petualangan bersama ayahnya karena tiket mereka sudah dibatalkan oleh Nolan dan reservasinya juga sudah penuh sampai akhir pekan berikutnya. Cecily yeng mengetahui hal itu, mengatakan dia bisa mendapatkan tiket untuk Ella dan Nolan karena dia mengenal seseorang yang bekerja di sana dan memberi mereka empat tiket selama mereka tinggal di luar lokasi, bukan di kamp itu sendiri. Nolan berterima kasih kepada Cecily dan mengundangnya untuk datang dan membawa Zander menggunakan dua tiket lainnya. Cecily pada awalnya menolak dengan halus, karena mengetahui bahwa Ella benar-benar menginginkan perjalanan ini sebagai pengalaman ikatan "hanya kita berdua" dengan ayah angkatnya, tetapi Nolan bersikeras dan mereka berempat berlibur bersama.

Saat memulai aktivitas di kamp perkemahan Ella yang tidak suka dengan Zender, memutuskan untuk menjatuhkan Zander dari sepedanya tepat saat dia akan pergi ke "Level Lima" level terpanjang dan dan paling menantang dari lima jalur sepeda gunung kamp tersebut dengan memotong kabel remnya. Saat Zander udah mulai menaiki sepedanya, tiba-tiba di menyadari bahwa rem sepedanya tidak bisa berfungsi padahal jalannya sedang curam, akhirnya dia tersungkur jatuh dari sepedanya karena tidak bisa mengerem. Setelahnya dia menghabiskan waktu selama enam minggu memakai kruk di kakinya karena pergelangan kakinya patah. Sesaat ketika Cecily hendak pergi ke rumah sakit menemani anaknya Zander, Cecily melihat Ella bertingkah aneh dan tersenyum. Lalu Cecily pun merasa  curiga dengan Ella, oleh karena itu akhirnya dia memutuskan untuk bertanya pada Larissa dan Kinsley. Saat bertemu dengan Kinsley dia benar-benar menceritakan semua yang ia tahu tentang Ella termasuk bahwa Ella lah yang membunuh Albert dan mungkin Ella berusaha mencoba membunuh Zander juga.

Setelah pertemuannya dengan Cecily, Kinsley memberi tahu Ella bahwa dia sudah memberi tahu Cecily segalanya tentang Ella, karena sekarang mereka bukan teman lagi. Ella pun panik, dia khawatir cecily akan membeberkan semuanya kepada ayahnya. Kemudian saat mengetahui ayahnya dan Cecily akan bertemu, dia mencoba mendapatkan simpati ayahnya sebelum Cecily sempat bercerita kepada ayahnya. Nolan dan Cecily akhirnya bertemu dan berbicara tetapi kemudian mereka disela oleh Ella yang membawa pisau dan mengarahkannya kepada Cecily sambil berlari dan berkata bahwa cecily itu pembohong. Nolan yang mengetahui hal itu langsung panik menghalau serangan Ella sampai dialah yang terluka di bagian lengan kanannya. Nolan juga segera menyuruh Cecily untuk masuk kedalam rumah. Cecily kemudian menelepon 911 dan melaporkan serangan itu. Ella mulai menangis dan meminta maaf. Dia berbicara dengan Juliette di teleponnya, dia berteriak meminta tolong, dan menangis pada Juliette. Pada akhirnya Ella bertanya kepada Nolan, apakah dia masih "gadis kecil yang sempurna, untuk ayah?" Pada akhir cerita, Cecily dan Nolan akhirnya tetap menjalin hubungan dan Ella mendapatkan terapi anak di rumah sakit.

Permasalahan

Jika anak yang memiliki gangguan obsesif dan posesif tidak diterapi maka, Kondisi ini bisa menyebabkan gangguan pada pergaulan dan hubungan sosial si anak karena dia akan mengalami kesulitan saat berinteraksi dengan lingkungan sekitarnya. Sehingga terapi sangat diperlukan.

Cinta kasih orang tua yang berlebihan akan berdampak pada kurangnya rasa empati pada anak dan dapat menyebabkan anak menjadi pribadi yang egois serta tidak peduli terhadap orang lain. Maka sepatutnya, ketika sudah menjadi orang tua, sayangilah anak sewajarnya saja. Jika salah, ditegur dan dinasehati jangan hanya dibela terus.

Opini saya

Sebelum memutuskan untuk mengadopsi anak dengan latar belakang memiliki trauma karena sebuah tragedi besar, maka pastikan bahwa sang anak sudah cukup mendapatkan terapi yang dia butuhkan. Juga kenalilah sifatnya dengan baik, serta tegur dan nasehatilah anak jika ia berbuat kesalahan, jangan hanya membela dan menutup mata. Agar gangguan kesehatan mental yang dimiliki sang anak bisa diminimalisir.



Lampiran Film : 




0 komentar:

Posting Komentar