Minggu, 29 September 2024

 

ESAI 1-MERINGKAS JURNAL ENTREPRENEURSHIP

PSIKOLOGI INOVASI

DOSEN PENGAMPU: Dr., Dra. ARUNDATI SHINTA, MA.

 

STRATEGI PENGEMBANGAN BISNIS INDUSTRI JASA BIMBINGAN BELAJAR 

DENGAN METODE ANALISIS SWOT

Diana Widiastuti

NIM 22310410034

 

FAKULTAS PSIKOLOGI UNIVERSITAS PROKLAMASI 45

YOGYAKARTA

September 2024

TOPIK

Bisnis industri jasa pendidikan, analisis SWOT, strategi bisnis

SUMBER

Nurhayati, A. (2024). Strategi Pengembangan Bisnis Industri Jasa Bimbingan Belajar dengan Metode Analisis SWOT. Jurnal Industrial Galuh. Vol. 06 (01)

PERMASALAHAN

Bagaimana cara mengembangkan bisnis bimbingan belajar.

TUJUAN PENELITIAN

Mengembangkan bisnis bimbingan belajar dengan metode analisis SWOT (strenght, weakness, opprtunities, and threat).

ISI

Orang tua siswa ingin memberikan pendidikan terbaik untuk anak anaknya. Banyak dari kalangan orang tua siswa SD, SMP dan SMA yang mendaftarkan anak-anak tersebut ke tempat bimbingan belajar sebagai les tambahan untuk anak anaknya. Banyaknya jumlah bimbingan belajar mencapai 1.866 lembaga dan merupakan peringkat kelima terbanyak dari berbagai jenis pendidikan non formal lainnya (Kemdikbud, 2018) dan jumlah ini akan terus bertambah dan meningkatkan persaingan.

Permasalahan yang sering dihadapi di lapangan adalah para pelaku industri jasa bimbingan belajar harus berusaha tetap bertahan di tengah banyaknya arus persaingan bisnis bimbingan belajar dalam negeri. Salah satu upaya lembaga bimbingan belajar agar dapat berhasil dan sukses yaitu dengan cara mengembangkan bisnis bimbingan belajar. Di tengah maraknya jumlah bimbel yang tumbuh menjamur di dalam negeri, para pelaku usaha industri jasa bimbel harus bisa mengembangkan sayap bisnisnya dan melakukan berbagai inovasi cara belajar untuk siswa didiknya agar pelaku usaha industri jasa bimbel bisa mempertahankan usahanya pasca pandemi.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis Strength, Weakness, Opportunities, (SWOT). and Threat Metode SWOT adalah suatu metode yang dilakukan untuk menganalisa kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman yang kemudian dapat dipetakan ke dalam diagram SWOT yang terdiri atas empat bagian kuadran, yaitu SO (Strength Opportunities), WO (Weakness Opportunities), WT (Weakness Threat), dan ST (Strength Threat) (Nurhayati, 2019).

Analisis SWOT adalah metode yang digunakan sebagai alat standard untuk menganalisa tujuan, strategi dan sumber daya untuk berbagai macam isu untuk proyek pengembangan spesifik (Ali et al., 2022). Analisis SWOT biasanya digunakan dalam menganalisis kasus kompleks atau menyusun rencana strategis. Perencanaan strategis merupakan penentuan sasaran pokok bagi organisasi berupa kebijakan serta strategi yang mengarah, mengatur perolehan, penggunaan serta penghapusan sumber sumber guna mencapai sasaran (Sembodo, 2018). Faktor internal pada analisis SWOT terdiri dari strength (kekuatan) dan weakness (kelemahan). Faktor eksternal dalam analisis SWOT mencakup opportunity atau peluang dan threat atau ancaman (Sasoko & Mahrudi, 2023).

HASIL

Rancangan strategi yang tepat adalah penerapan analisis SO (strength and opportunities). Kesimpulan penelitian ini adalah strategi SO dapat diterapkan, yaitu meningkatkan pendekatan terhadap orangtua siswa, biaya jasa sepadan dengan layanan, meningkatkan layanan respon cepat terhadap kebutuhan mendadak dari siswa, meningkatkan profesionalitas para pengajar, meningkatkan layanan program belajar baik secara online maupun offline, meningkatkan kualitas buku yang mudah dimengerti siswa, mengalokasikan pengajar yang sesuai dengan kebutuhan siswa, serta meningkatkan fasilitas.

DISKUSI

Bisnis industri jasa bimbingan belajar merupakan suatu peluang usaha dimanapun berada, selain yang terdata di Kemdikbud, masih menjamur bisnis bimbingan belajar ini dikarenakan besarnya permintaan masyarakat terhadap jasa bimbingan belajar. Mendapatkan izin mendirikan lembaga pendidikan non formal mungkin tidak sesualit pendidikan fomral, namun untuk menyediakan fasilititas dan strategi-strateginya tentu saja tidak jauh berbeda. Oleh karena itu dibutuhkan strategi bisnis yang tepat bagi jasa pendidikan bimbingan belajar ini agar tetap bertahan, dipercaya masyarakat, dan berkembang.







0 komentar:

Posting Komentar