Senin, 30 September 2024

E6-MENULIS TIPS TIPS_KHANIFATU ZAHRO

 

MANAJEMEN WAKTU dan KOMUNIKASI EFEKTIF UNTUK MAHASISWA KARYAWAN: PANDUAN PINTAR dan KOMPAK

E6-MENULIS TIPS-TIPS TENTANG RESILIENSI/DORONGAN BEPRESTASI/KETANGGUHAN\ENTREPRENEURSHIP/KETEKUNAN/PEKA TERHADAP PERUBAHAN/PERENCANAAN TERHADAP PERUBAHAN/MENJADI SURI TAULADAN

DOSEN PENGAMPU: Dr., Dra. ARUNDATI SHINTA, MA.



NAMA : Khanifatu Zahro

NIM : 21310410053 

FAKULTAS PSIKOLOGI

UNIVERSITAS PROKLAMASI 45 YOGYAKARTA

2024


  1. Managemen Waktu dengan Efektif untuk Mahasiswa Karyawan yang Bekerja : Panduan PINTAR

Mahasiswa karyawan menghadapi tantangan dalam mengelola waktu dan keseimbangan antara tanggung jawab akademik dan profesional. Kemampuan mengatur waktu secara efektif sangat penting untuk keberhasilan, dan salah satu cara untuk membantunya adalah dengan menggunakan singkatan PINTAR sebagai panduan. Berikut adalah penjelasan mengenai singkatan PINTAR:

1)      P – Prioritaskan Tugas

Sebagai mahasiswa yang bekerja, memprioritaskan tugas adalah hal krusial. Buat daftar tugas harian atau mingguan dan identifikasi yang paling penting. Dengan memprioritaskan, kamu dapat menghindari stres dan menyelesaikan pekerjaan lebih efisien.

2)      I – Ingat Jadwal

Penggunaan kalender atau aplikasi pengingat penting untuk memastikan tidak ada kegiatan yang terlewat. Pasang pengingat untuk kuliah, tenggat tugas, dan waktu kerja, serta sisipkan waktu istirahat yang cukup dalam jadwal harian.

3)      N – Nikmati Waktu Istirahat

Meskipun waktu istirahat terbatas, penting untuk menikmatinya secara optimal, karena istirahat yang berkualitas dapat memulihkan energi dan meningkatkan produktivitas. Manfaatkan waktu istirahat untuk bernapas, relaksasi, atau aktivitas menyegarkan, dan pastikan tidur yang cukup, minimal 6-7 jam per malam, untuk keseimbangan fisik dan mental.

4)      T – Tetapkan Batasan

Sebagai mahasiswa karyawan yang juga bekerja, penting untuk menetapkan batasan jelas antara waktu belajar dan bekerja, serta menyampaikan batasan jika majikan meminta pekerjaan tambahan di luar jam kerja yang disepakati.

5)      A – Atur Waktu dengan Fleksibel

Fleksibilitas dalam pengaturan waktu sangat penting karena situasi darurat dapat terjadi kapan saja. Penting untuk memiliki rencana cadangan agar waktu belajar tidak terganggu, seperti memanfaatkan waktu saat anak tertidur untuk mengerjakan tugas atau membaca.

6)      R – Rencanakan Kegiatan dengan Efektif

Buat rencana kegiatan setiap pagi atau malam untuk keesokan harinya. Pembagian waktu yang terstruktur antara belajar, bekerja, dan istirahat akan membantu kamu tetap fokus. Gunakan to-do list atau aplikasi manajemen tugas agar semua tugas terselesaikan tepat waktu.

  1. Menjaga Komunikasi dengan Atasan dan Dosen = KOMPAK: Prinsip Komunikasi Efektif

Sebagai mahasiswa karyawan, menjaga keseimbangan antara pekerjaan dan perkuliahan adalah tantangan, sehingga komunikasi yang baik dengan atasan dan dosen sangat penting. Prinsip KOMPAK (Koordinasi Aktif, Objektif, Menepati Janji, Pendekatan Terbuka, Adaptif, dan Konsistensi) dapat diterapkan untuk memfasilitasi hal ini.

1)      K - Koordinasi Aktif

Koordinasi aktif sangat penting untuk menjaga komunikasi yang sehat. Mahasiswa karyawan perlu proaktif dalam memberikan informasi tentang jadwal atau perubahan tanggung jawab kepada atasan dan dosen. Hal ini mencerminkan tanggung jawab dan komitmen mereka. Misalnya, jika ada ujian mendadak atau perubahan jadwal kerja, segera beri tahu atasan dan dosen untuk menghindari miskomunikasi.

2)      O - Objektif dalam Menyampaikan Informasi

Selalu bersikap objektif saat menyampaikan informasi sangat penting. Hindari asumsi pribadi dan emosi berlebihan; informasi harus berdasarkan fakta. Dengan objektivitas, Anda dapat menghindari kesalahpahaman dengan atasan dan dosen.

3)      M - Menepati Janji dan Deadline

Menepati janji dan menyelesaikan tugas tepat waktu adalah kunci untuk membangun kepercayaan. Dalam akademis dan profesional, integritas diukur dari kemampuan memenuhi janji. Jika ada kendala, komunikasikan segera kepada atasan dan dosen untuk mencari solusi bersama.

4)      P - Pendekatan Terbuka dan Ramah

Sikap terbuka dan ramah menciptakan hubungan baik dengan atasan dan dosen. Terima kritik dan masukan, serta jangan ragu untuk bertanya jika ada yang tidak jelas. Bersikap ramah dan profesional dalam interaksi membangun kepercayaan yang lebih kuat.

5)      A - Adaptif terhadap Situasi

Jadwal kerja dan kuliah sering tidak menentu, sehingga mahasiswa yang bekerja perlu memiliki kemampuan beradaptasi. Jika ada perubahan mendadak, komunikasi yang baik harus menjadi prioritas untuk mengoordinasikan ulang jadwal.

6)      K - Konsistensi dalam Komunikasi

Konsistensi penting dalam hubungan profesional. Selain berkomunikasi saat ada masalah, sediakan waktu untuk memberikan pembaruan rutin tentang perkembangan di tempat kerja dan perkuliahan. Ini menunjukkan inisiatif untuk menjaga komunikasi terbuka dan menghindari kebingungan di masa depan.

           

DAFTAR PUSTAKA

1.      Fahmayanti, N. (2016). Motivasi dan Manajemen Waktu Pada Mahasiswa Wirausaha. Psikoborneo, 4(4), 586-595. DOI: 10.1234/psikoborneo4-586-595

2.      Pinatih, I Gusti Ayu Widya Safitri, & Nopiyani, Putu Eka. (2024). Pengaruh Manajemen Waktu, Beban Kerja, dan Lingkungan Kerja Terhadap Stres Akademik pada Mahasiswa Kuliah Sambil Bekerja (Studi Kasus pada Mahasiswa Reguler Sore Stie Satya Dharma). INNOVATIVE: Journal of Social Science Research, Vol 4, No 3, 4519-4532.

3.      Abubakar, F. (2015). Pengaruh Komunikasi Interpersonal antara Dosen dan Mahasiswa Terhadap Motivasi Belajar dan Prestasi Akademik Mahasiswa. Jurnal Pekommas, 18(1), 53-62.

4.      Mahadi, U. (2021). Komunikasi Pendidikan: Urgensi Komunikasi Efektif dalam Proses Pembelajaran. JOPPAS: Journal of Public Policy and Administration Silampari, 2(2), 80-90

 

 

0 komentar:

Posting Komentar