Psikologi Inovasi Essay Ujian Tengah Semester - Anisa Nur Fitriani - 21310410190 - SP
PSIKOLOGI INOVASI
ESAI UTS - Hubungan Dalam Upaya mencari Kenyamanan
Dosen Pengampu: Dr., Dra. ARUNDARI SHINTA, MA
21310410190
Fakultas PsikologiUniversitas Proklamasi 45
YogyakartaNOVEMBER 2024
Pada gambar yang terlampir ada 4 respon
dari seorang individu dalam menghadapi suatu kondisi tidak nyaman yang terdiri
dari "Exit,"
"Voice," " Loyalty," dan " Neglect" yang terbentuk atas 2 kombinasi sumbu yaitu "Aktif vs. Pasif" dan "Destruktif
vs. Konstruktif." Dimana Exit adalah mencari jalan
keluar, Voice dengan suara, Loyalty dengan kesetiaan dan Neglect yaitu dengan
mengabaikan.
Dalam hal tersebut pada gambar diatas
menggambarkan tentang hubungan antara keempat respon tersebut dalam upaya
individu tersebut dalam mencari situasi yang nyaman diantaranya adalah :
1. Exit
Yang memiliki sifat aktif dan destruktif yang dimana individu akan
memilih untuk “Exit” atau yang disebut keluar dengan tindakan aktif untuk
meninggalkan situasi yang tidak nyaman yang bisa kita anggap sebagai destruktif
yaitu ketika individu tidak ingin berusaha memperbaiki situasi didalamnya.
Hubungan dalam upaya mencari kenyamanan yaitu dengan individu
memilih untuk keluar dari lingkungan yang tidak nyaman misalkan ketika ia
merasa tidak nyaman di kampusnya ia memilih untuk keluar dari universitasnya
tanpa melakukan usaha apapun untuk memperbaiki situasi agar ia merasanya
nyaman.
2. Voice
Dimana individu yang memiliki sifat Aktif dan Konstruktif yang dimana ia aktif untuk menyuarakan pendapat ataupun keluhan mereka
dalam situasi yang tidak nyaman yang dimana ia berharap situasi bisa menjadi
lebih baik.
Hubungan dalam upaya mencari kenyamanan yaitu melalui suara atau Voice
dengan memberikan masukan kritik konstruktif untuk memperbaiki kondisi pada
lingkungan yang misalnya ketika mahasiswa menyuarakan memberikan saran untuk
dosen yang kurang bisa menggunakan akses internet kemudian ia memberikan saran
kepada dosen untuk coba pakai cara lain atau mahasiswa mencoba mengajari dosen
untuk cara menggunakan zoom tersebut agar pembelajaran kedepannya bisa
berlangsung lebih baik dari sebelumnya.
3. Loyalty
Yang memiliki sifat Pasif
dan Konstruktif yang dimana ia memilih Loyalty
ataupun setia pada situasi, meskipun situasi tersebut tidak nyaman yang dimana
ia memiliki harapan bahwa situasi tersebut bisa membaik seiring waktu tanpa
mengambil tindakan yang aktif untuk mempengaruhi perubahan.
Hubungan dalam upaya mencari kenyamanan yaitu adalah dengan individu
memiliki sikap loyalty ini menggambarkan upaya untuk mencari kenyamanan yang
dimana dengan ia berharap situasi akan berubah dengan sendirinya. Misalnya
ketika disebuah perusahaan yang dimana manager lama ia akan segera resign dan
ia berharap nanti penggantinya akan bisa membantu situasi jadi lebih baik lagi
dalam memanagemen perusahaan tersebut.
4. Neglect
Yang memiliki sifat Pasif dan Destruktif yang dimana
individu mengabaikan situasi tersebut yang tidak nyaman namun ia juga tidak
berusaha untuk memperbaikinya,
Hubungan dalam upaya mencari kenyamanan yaitu dimana individu yang ia
mengabaikan situasi dan tidak langsung memperbaiki atau mencari kenyamanan di
situasi tersebut yang akhirnya situasi menjadi semakin buruk. Misalnya ketika
seseorang malas dalam mengerjakan tugas ia suka menunda nunda yang akhirnya ia
banyak waktu yang keteteran namun ia juga tidak memperbaiki nya di kedepannya
sehingga ia kedepannya tetap mengalami hal yang sama dalam managemen waktu
mengerjakan tugasnya.
Pada gambar tersebut pada intinya ia
menggambarkan dimana individu memiliki sifat atau reaksi atau bahkan karakter
dalam situasi yang ia tidak nyaman dan bagaimana reaksi tersebut dalam hubungan
dalam upaya mencari kenyamanan. Pada dasarnya setiap individu akan memberikan
reaksi yang berbeda beda, baik
melalui tindakan aktif untuk memperbaiki atau meninggalkan situasi, maupun
pendekatan pasif yang bisa konstruktif atau destruktif. Pada hal ini pada dasarnya individu bisa memilih mau bagaimana ia dalam
menghadapi suatu masalah ketika ia berapa di dalam situasi yang tidak nyaman,
apakah ia akan menggunakan atau memilih cara yang baik atau ia akan tetap
mengikuti apa yang ia inginkan.
Daftar Pustaka
Farrell D. ( 1983) Exit, voice, loyalty, and neglect as responses to job
dissatisfaction: A multidimensional scaling study. Academy of
Management Journal 26: 596-607.
Naus F., van Iterson A., and Roe R. ( 2007) Organizational cynicism: Extending
the exit, voice, loyalty, and neglect model of employees’ responses to adverse
conditions in the workplace. Human Relations 60: 683-718.
0 komentar:
Posting Komentar