Nama : Depen Telenggen
Nim : 22310410128
Matkul : Psikologi Inovasi
Dosen Pengampu :Dr., Dra., Arundanti
Shinta,M.A
Bulan & Tahun Terbit : 9
November 2024
Atar Belakang
Model
ini membantu individu memahami dan memilih respons yang tepat untuk mencapai
situasi nyaman, dengan mempertimbangkan tingkat keaktifan dan konstruktivitas
dari setiap pilihan yang tersedia. awalnya dikembangkan oleh Hirschman
(1970) untuk memahami respons konsumen terhadap penurunan kualitas
produk/layanan. Kemudian, model ini dikembangkan oleh Rusbult et al. (1988)
untuk menganalisis respons karyawan terhadap ketidakpuasan kerja, dan
selanjutnya diaplikasikan dalam berbagai konteks hubungan interpersonal.
Tujuan
- Mengidentifikasi pola respons individu terhadap
ketidaknyamanan
- Memahami dampak berbagai jenis respons
- Membantu individu memilih strategi yang efektif
- Meningkatkan kemampuan adaptasi terhadap situasi tidak
nyaman
Fungsi
- Diagnostik: Mengidentifikasi
pola respons current individu
- Prediktif: Memperkirakan dampak
dari setiap jenis respons
- Preventif: Mencegah pemilihan
strategi yang tidak efektif
- Developmental: Mengembangkan
kemampuan respons yang konstruktif
Terdapat empat respons dasar individu terhadap ketidakpuasan atau situasi tidak nyaman:
1. Respons Aktif (Active
Response):
- Merupakan usaha
langsung dan nyata untuk mengubah situasi
- Dicirikan dengan
tindakan yang terlihat jelas dan terarah
2. Keluar/Exit
(Active-Destructive):
- Meninggalkan situasi
secara total
- Contoh: resign dari
pekerjaan, pindah sekolah
3. Suara/Voice
(Active-Constructive):
- Mengomunikasikan
ketidakpuasan secara konstruktif
- Memberikan saran
perbaikan
4. Merusak/Destructive:
- Tindakan yang
mengarah pada kerugian
- Dapat memperburuk
situasi
5.
Konstruktif/Constructive:
- Upaya positif untuk
memperbaiki situasi
- Berorientasi pada solusi
6. Mengabaikan/Neglect
(Passive-Destructive):
- Membiarkan situasi
memburuk tanpa tindakan
- Menunjukkan
ketidakpedulian
7. Loyalitas/Loyalty
(Passive-Constructive):
- Tetap bertahan dengan
harapan situasi membaik
- Menunjukkan komitmen
8. Pasif (Passive
Response):
- Kurangnya tindakan
langsung
- Cenderung menerima
situasi
Teori ini menunjukkan
bahwa dalam upaya mencapai situasi nyaman, individu perlu mempertimbangkan:
1. Tingkat keaktifan
respons (aktif vs pasif)
2. Sifat respons
(konstruktif vs destruktif)
3. Dampak jangka panjang
dari respons yang dipilih
Kesimpulannya, respons
yang paling efektif untuk mencapai situasi nyaman adalah yang bersifat
aktif-konstruktif (Voice), karena memberikan peluang untuk perbaikan situasi
sambil mempertahankan hubungan yang ada. Pemahaman tentang berbagai jenis
respons ini membantu individu memilih strategi yang tepat sesuai dengan situasi
dan tujuan yang ingin dicapai.
Refrensi
Hirschman, A.O. (1970). Exit, voice, and loyalty: Responses
to decline in firms, organizations, and states.
Farrell, D. (1983). Exit, voice, loyalty, and neglect as
responses to job dissatisfaction.
Hagedoorn et al. (1999). Constructive complaint
behavior and its relationship with coping.
Menurut teori
EVLN (Exit, Voice, Loyalty, Neglect) yang dikembangkan oleh Hirschman (1970)
dan dikembangkan lebih lanjut oleh Rusbult et al. (1988),
Farrell,
D. (1983). Exit, voice, loyalty, and neglect as responses to job
dissatisfaction: A multidimensional scaling study
Hirschman,
A.O. (1970). Exit, voice, and loyalty: Responses to decline in firms,
organizations, and states.
Van
Dyne, L., & LePine, J.A. (1998). Helping and voice extra-role behaviors.
Rusbult,
C.E., & Zembrodt, I.M. (1983). Responses to dissatisfaction in romantic
relationships.
Withey,
M.J., & Cooper, W.H. (1989). Predicting exit, voice, loyalty, and neglect.
Rusbult
et al. (1988). Impact of exchange variables on exit, voice, loyalty, and
neglect
Luchak,
A.A. (2003). What kind of voice do loyal employees use?
Naus,
F., van Iterson, A., & Roe, R. (2007). Organizational cynicism
Rusbult,
C. E., Farrell, D., Rogers, G., & Mainous III, A. G. (1988). Impact of
exchange variables on exit, voice, loyalty, and neglect: An integrative model
of responses to declining job satisfaction. Academy of Management Journal,
31(3), 599-627.
Hirschman,
A. O. (1970). Exit, voice, and loyalty: Responses to decline in firms,
organizations, and states. Harvard University Press
0 komentar:
Posting Komentar