REVIEW
JURNAL ESAI 1
JIWA
MUDA YANG PANTANG MENYERAH (Studi Kualitatif Perjalanan Entrepreneurship
Praktisi Internet Marketing Alumni Psikologi Undip)
Dosen Pengampuh :
Dr., Dra Arundati Shinta,MA
Nama
: Happy Johanis
Nim
: 23310420013
Mata
Kuliah : Psikologi Inovasi
Hari/tgl/bln : 02, November, 2024
Judul
|
JIWA
MUDA YANG PANTANG MENYERAH (Studi Kualitatif Perjalanan Entrepreneurship
Praktisi Internet Marketing Alumni Psikologi Undip) |
Volume
dan Halaman |
2018, Volume 7 (Nomor 1), Halaman
16-33 |
Tahun |
2018 |
Penulis |
Rizalmi M Dewantara, Achmad Mujab
Masykur |
Tanggal
Reviewer |
02,
November, 2024 |
Latar
Belakang |
Entrepreneur adalah seseorang
yang mempunyai visi membangun lapangan pekerjaan berdasarkan peluang yang
dicermati dari lingkungan sekitarnya. Tujuan dari penelitian ini untuk
mengetahui dan memahami pengalaman berwirausaha pada pengusaha yang memilih
dalam menjalankan usahanya dari kuliah menggunakan strategi internet
marketing. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan
fenomenologis dan menggunakan metode analisis Eksplikasi Data. Partisipan
dalam penelitian berjumlah tiga orang wirausaha berlatar belakang alumni
Psikologi Undip yang dipilih menggunakan metode purposive. Hasil dari
penelitian ini diperoleh bahwa dalam menjalani usaha, diperlukan adanya
dukungan sosial secara riil ataupun emosional dari orang yang bernilai
penting seperti teman, pasangan terutama orangtua. Proses yang dijalani tidak
mungkin tanpa suatu persoalan atau permasalahan, dimana memiliki resiko dapat
membuat para usahawan tertekan dan putus asa. |
Permasalahan |
Kodisi ekonomi yang tidak stabil
dan cenderung pada situasi krisis, berdampak cukup besar pada peluang kerja
yang ada di Indonesia. |
Tujuan
Penelitian |
Tujuan
dari penelitian ini untuk mengetahui dan memahami pengalaman berwirausaha
pada pengusaha yang memilih dalam menjalankan usahanya dari kuliah
menggunakan strategi internet marketing. |
Sumber
data |
Dewantara,
R. M., & Masykur, A. M. (2020). Jiwa muda yang pantang menyerah (Studi
kualitatif perjalanan entrepreneurship praktisi internet marketing alumni
psikologi undip). Jurnal EMPATI, 7(1), 16-33. |
Metode
Penelitian |
Penelitian
ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologis. Peneliti
dalam mengolah data menggunakan teknik eksplikasi data. |
Objek
Penelitian |
Partisipan yang dilibatkan dalam
penelitian ini sebanyak tiga orang dan diambil menggunakan teknik purposive. |
Hasil
Penelitian |
Berdasarkan hasil yang diperoleh
dari penelitian tentang perjalanan berwirausaha pada seorang internet
marketer alumni Psikologi Undip, peneliti memperoleh gambaran bahwa modal
mendasar yang diperlukan subjek ketika memulai suatu usaha adalah adanya
dukungan sosial dari orang yang berarti penting dalam kehidupan subjek,
seperti teman sebaya, pasangan, terutama dukungan dari orangtua. Berangkat
dari pola pandang orangtua mengenai cara memperoleh penghasilan yang
berseberangan dengan para subjek menjadikan ketiganya memerlukan strategi
komunikasi persuasif yang berbeda sesuai situasi masing-masing, seperti
penuturan yang disampaikan AS bahwa bukan keputusan tepat menyikapi perbedaan
pandangan dengan perdebatan. AS dan EDKN mengikutsertakan orangtua secara
langsung ataupun tidak dalam aktivitas berwirausaha. Lain halnya pada FAM
yang menjaga kepercayaan kakaknya untuk berhati-hati mengambil keputusan agar
tidak mengulangi kesalahan sama yang terjadi pada almarhum orangtuanya dalam
berwirausaha menjadi strategi persuasif yang efektif disituasi
dimasing-masing subjek. Tidak lepas dari kesadaran diri
akan nilai-nilai agama Islam, merupakan bekal lain dari ketiga subjek dalam
menjalankan usahanya. Hal tersebut menjadikan ketiga dapat memiliki sikap
positif ketika mengalami suatu persoalan dalam aktivitas usahanya bahkan
seperti saat sedang mengalami rugi. Selain dari itu ketiga subjek memiliki
harapan pencapaian yang tidak lepas dari nilai agama menjadikan mereka dapat
bijak dalam menjaga usaha dari aktivitas kurang baik seperti riba. Selain dari itu juga tidak lepas
dari nilai-nilai positif dalam beragama untuk menguatkan langkah menghadapi
persoalan-persoalan yang akan ditemui kedepannya. |
DAFTAR PUSTAKA
Dewantara, R. M., & Masykur, A. M. (2020). Jiwa
muda yang pantang menyerah (Studi kualitatif perjalanan entrepreneurship
praktisi internet marketing alumni psikologi undip). Jurnal EMPATI, 7(1),
16-33.
0 komentar:
Posting Komentar