Menjadi Muda Mudi yang Siap Melakukan Perubahan Diri
Essay 3 Syarat Ujian
Akhir Semester
Psikologi Inovasi
(Semester Ganjil 2022/2023)
Dwi Ratri Octavianita (20310410002)
Dosen Pengampu : Dr.,
Dra. Arundati
Shinta, M.A
Prodi Psikologi Fakultas Psikologi
Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta
Dalam menjalani kehidupan tentu kita akan dihadapkan pada sebuah
perubahan. Perubahan tersebut dapat mengarahkan individu ke arah yang lebih
baik. Namun, tak jarang perubahan harus berhadapan dengan upaya penolakan.
Orang yang terbiasa scrolling HP
berjam-jam untuk sekedar menonton hiburan tentu akan kesusahan jika harus
memulai kembali untuk rutin berolahraga. Yang tadinya santai rebahan sambil scroll harus rela meninggalkan kegiatan scroll tersebut dengan jogging tentu tidak mudah.
Jogging memang olahraga yang dinilai murah meriah dan dapat
dilakukan oleh semua orang, tapi manfaatnya cukup besar bagi kesehatan tubuh
(Ilmi, dkk, 2022). Mutohir dan Maksum (dalam Ilmi, dkk 2022) menyebutkan bahwa
untuk mendapatkan tubuh yang sehat dan bugar, kegiatan olahraga dapat dilakukan
secara rutin sebanyak 2 kali dalam seminggu dengan durasi 20 hingga 45 menit
dan dengan catatan olahraga yang dilakukan adalah olahraga yang ringan. Jogging menjadi pilihan yang tepat untuk
melakukan olahraga yang ringan dan rutin.
Persoalannya adalah sebagian individu cenderung menolak melakukan
perubahan. Hal ini kemungkinan dikarenakan individu tidak ingin keluar dari
zona nyaman. Menurut Jande (dalam Tarsan, 2018) orang-orang yang menolak
perubahan di antaranya adalah individu yang tidak memahami bahwa perubahan sebagai
hal yang baik dan individu yang menganggap perubahan sebagai suatu hal yang
rumit untuk dimengerti.
Generasi muda saat ini diharapkan mampu untuk melakukan perubahan. Salah
satu hal yang dapat dilakukan adalah menjaga kesehatan tubuh. Menurut Raiola
(dalam Andalasari & Abdurrahman, 2018) olahraga dapat menjadi salah satu
opsi untuk menjaga kesehatan tubuh. Agar tak asal dalam berolahraga, kita perlu
melakukannya secara rutin, teratur, dan kontinu. Untuk mengetahui apakah
olahraga yang kita lakukan sudah berjalan dengan teratur, maka perlu dicatat.
Hal ini membantu kita untuk melihat perubahan yang telah kita lakukan.
Di bawah ini merupakan tabel pencatatan terkait perubahan diri yang
sudah saya lakukan:
Minggu ke- & tanggal |
Waktu (jam & menit) |
Jenis kegiatan |
Penambahan |
1 – 26/9 sd 2/10/22 |
|
|
|
a) Sabtu 1/10/22 |
05.30-06.00 |
Jogging |
Jogging – 2,1
km |
b) Minggu
2/10/22 |
05.45-06.16 |
Jogging |
Jogging – 2,2 km |
2 – 3/10 sd 9/10/22 |
|
|
|
a) Sabtu 8/10/22 |
05.35-06.05 |
Jogging |
Jogging – 2,5
km |
b) Minggu 9/10/22 |
06.30-07.05 |
Jogging |
Jogging – 2,7
km |
3 – 10/10 sd 16/10/22 |
|
|
|
a) Sabtu 15/10/22 |
05.50-06.25 |
Jogging |
Jogging – 2,8
km |
b) Minggu 16/10/22 |
06.00-06.40 |
Jogging |
Jogging – 3
km |
4 – 17/10 sd 23/10/22 |
|
|
|
a) Senin 17/10/22 |
05.40-06.15 |
Jogging |
Jogging – 3,1
km |
b) Kamis 20/10/22 |
15.00-15.42 |
Jogging |
Jogging – 3,3
km |
5 – 24/10
sd 30/10/22 |
|
|
|
a) Sabtu 29/10/22 |
05.20-06.00 |
Jogging |
Jogging – 3,4
km |
b) Minggu 30/10/22 |
05.30-06.15 |
Jogging |
Jogging – 3,5
km |
6 – 31/10
sd 6/11/22 |
|
|
|
a) Sabtu 5/11/22 |
05.50-06.35 |
Jogging |
Jogging – 3,7
km |
b) Minggu 6/11/22 |
06.00-06.50 |
Jogging |
Jogging – 3,9 km |
7 – 7/11 sd 13/11/22 |
|
|
|
a) Sabtu
12 /11/22 |
05.45-06.40 |
Jogging |
Jogging – 4,3
km |
b) Minggu
13/11/22 |
06.05-07.00 |
Jogging |
Jogging – 4,4 km |
8 – 14/11 sd 20/11/22 |
|
|
|
a) Sabtu 19/11/22 |
05.30-06.35 |
Jogging |
Jogging – 4,7
km |
b) Minggu 20/11/22 |
06.10-07.20 |
Jogging |
Jogging –5,2 km |
9 – 28/11 sd 4/12/22 |
|
|
|
a) Sabtu
3/12/22 |
06.00-07.05 |
Jogging |
Jogging – 5,3
km |
b) Minggu 4/12/22 |
06.15-07.30 |
Jogging |
Jogging – 5,8 km |
DAFTAR PUSTAKA
Andalasari, R., & Abdurrahman, B.B.
(2018). Kebiasaan olahraga berpengaruh terhadap tingkat stress mahasiswa
poltekkes kemenkes Jakarta III. Jurnal
Ilmu dan Teknologi Kesehatan. 5(2), Maret, 179-191.
Ilmi, N., & Baiq, H., dkk. (2022).
Pengaruh olahraga jogging terhadapa penurunan stres pada remaja yang mengalami
sindrome premenstruasi di MA Al Badriyah Rarang Terara Kabupaten Lombok Timur. Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan. 6(1),
Januari, 3536-3539.
Tarsan, V. (2018). Memahami dan mengelola
resistensi atas perubahan. Jurnal Inovasi
Pendidikan Dasar. 2(1), Januari, 98-111.
0 komentar:
Posting Komentar