Kontribusi
Mahasiswa Dalam Membangun Pendidikan di Indonesia.
Butir
Prestasi Mata Kuliah Psikologi Inovasi
(Semester
5 Ganjil 2022/2021)
Rahayu
(20310410061)
Fakultas
Psikologi Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta
Dosen
Pengampu: Dr. Arundati Shinta, M.A
Pendidikan adalah hal pokok atau
utama yang akan menunjang atau menopang kemajuan dari suatu bangsa. Kemajuan
suatu bangsa bisa diukur atau di lihat dari kualitas dan sistem pendidikan yang
ada. Tanpa pendidikan, suatu negara akan jauh tertinggal dari negara lain. Maka
dari itu menteri pendidikan indonesia mengadakan atau membuat program Kampus
Merdeka atau biasa disebut dengan Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM)
adalah salah satu program yang diselenggarakan oleh Kemendikbud., dan bertujuan
untu untuk meningkatkan kompetensi lulusan, baik soft skills maupun hard
skills, agar lebih siap dan relevan dengan kebutuhan zaman, menyiapkan lulusan
sebagai pemimpin masa depan bangsa yang unggul dan berkepribadian.
Program-program experiential learning dengan jalur yang fleksibel diharapkan
akan dapat memfasilitasi mahasiswa mengembangkan potensinya sesuai dengan
passion dan bakatnya.
Program Kampus Mengajar merupakan
salah satu program dalam Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka yang memiliki
tujuan untuk mengajar, membantu teknologi, dan membantu administrasi sekolah
dan guru. Salah satu sekolah yang menjadi sasaran dari program Kampus Mengajar
adalah SMP Taman Dewasa Cangkringan yang terletak di Dusun Karanggeneng, Desa
Umbulharjo, Kecamatan Cangkringan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa
Yogyakarta. Pada program Kampus Mengajar ini, mahasiswa yang dipilih atau lolos
dalam seleksi Kampus Mengajar untuk mengikuti program memiliki tanggung jawab
untuk membantu pihak sekolah dalam proses Mengajar atau Kegiatan Belajar
Mengajar, membantu adaptasi terhadap teknologi masa kini, dan membantu
administrasi sekolah. Selain itu, mahasiswa Kampus Mengajar memiliki tanggung
jawab dalam memperbaiki, membangun karakter siswa dan meningkatkan minat
belajar siswa setelah sekian lama siswa belajar daring atau online dikarenakan
pandemi Covid-19.
Tujuan dari keikutsertaan
mahasiswa dalam program Kampus Mengajar ini merupakan sebuah proses dalam
menambah relasi, menambah pengalaman di luar dunia perkuliahan, mengembangkan
wawasan, karakter dan soft skills mahasiswa, mendorong dan memacu pembangunan
nasional dengan menumbuhkan motivasi siswa untuk berpartisipasi dalam
pembangunan, serta meningkatkan peran dan kontribusi nyata perguruan tinggi dan
mahasiswa dalam pembangunan pendidikan di Indonesia. Kemudian tujuan utama dari
program Kampus Mengajar ini adalah untuk meningkatkan Literasi dan Numerasi
siswa-siswi yang sekolah dan berada di daerah 3 T.
DAFTAR
PUSTAKA
Amajida Triska
Meilia, AKTUALISASI PROGRAM KAMPUS
MENGAJAR SEBAGAI RUANG KONTRIBUSI MAHASISWA TERHADAP PENDIDIKAN DASAR DI
INDONESIA, Jurnal Pendidikan ke-SD-an Metodik Didaktik: Vol. 17 No. 2,
Januari 2022, Hal 120-12.
Livia Mutiara,
Shabrina, Kegiatan Kampus Mengajar dalam
Meningkatkan Keterampilan Literasi dan Numerasi Siswa Sekolah Dasar, Jurnal
Basicedu Vol 6 No 1Tahun 2022.
Thuba Imam Fauz et
all, PROGRAM KAMPUS MENGAJAR (PKM)
SEBAGAI USAHA PENINGKATAN PEMBELAJARAN PESERTA DIDIK DI SDN 127 SUNGAI ARANG
BUNGO DANI KABUPATEN BUNGO PROVINSI JAMBI, Jurnal BUDIMAS (ISSN:2715-8926)
Vol. 03, No. 02, 2021.
0 komentar:
Posting Komentar