Minggu, 28 April 2024

Essay 4 Psikologi Inovasi : Berperilaku Inovatif - Agnes Gratia Raszie Nakhietha - 23310420114

Essay 4 Psikologi Inovasi

Berperilaku Inovatif

Membuat Karya Seni Mozaik”

Dosen Pengampu: Dr., Dra. Arundati Shinta MA



Nama: Agnes Gratia Raszie Nakhietha

NIM: 23310420114

Kelas: Psikologi SJ

 

 

Penjelasan Karya Seni Mozaik

Mozaik bijian - bijian adalah sebuah karya kreatif yang dibuat dari beberapa barang bekas dan memiliki fungsi atau kegunaan sebagai dekoratif suatu ruangan, sehingga dapat memberikan estetika pada ruangan itu sendiri.



Proses Kreativitas

Alasan yang membuat saya menemukan ide untuk membuat karya seni berupa mozaik biji-bijian adalah ketika saya melihat dinding kamar kost saya yang terlalu polos dan tidak ada keindahan sama sekali. Kemudian saya memilih untuk membuat mozaik biji – bijian ini adalah karena saya merasa proses pembuatannya yang tidak begitu sulit dan mudah untuk mendapatkan bahan – bahan yang dibutuhkan.



Alat – alat :

  • Gunting

  • Cutter

  • Pensil

  • Spidol hitam

  • Lem cair

  • Penggaris



Bahan – bahan :

  • Styrofoam bekas

  • Karton bekas

  • Biji kacang hijau

  • Biji kacang merah



Langkah – Langkah dan Proses Pembuatan :

  1. Siapkan karton bekas dan gunting karton dengan ukuran 21cm x 30cm.

  2. Potong Styrofoam bekas dan sesuaikan dengan ukuran karton yang sudah dipotong sebelumnya.

  3. Kemudian tempel karton bekas dan Styrofoam bekas menjadi satu.

  4. Buat sketsa yang diinginkan di karton bekas menggunakan pensil sehingga mempermudah saat proses penempelan kacang – kacang tersebut.

  5. Tempel kacang – kacang tersebut membentuk sketsa yang dibuat tadinya. Dan pastikan untuk menempelnya dengan rapat dan merata.

  6. Selanjutnya warnai bagian kacang tertentu menggunakan spidol agar lebih terlihat warna yang kita inginkan.

  7. Nikmati dan pamerkan karya seni mozaik yang sudah anda buat.



Permasalahan yang berhubungan dengan Psikologi Inovasi

Permasalahan yang dapat saya ambil ketika mengerjakan karya seni mozaik ini adalah dapat membantu mengurangi limbah styrofoam bekas yang sulit terurai dengan sendirinya dan saya merasa juga setelah mengerjakannya saya merasa menjadi lebih kreatif dan berinovasi dalam mendaur ulang atau mengolah barang – barang bekas yang sudah menjadi sampah.



https://www.instagram.com/p/C6TWKNSLm76/?igsh=YjIxY2N2azY2ZA==


0 komentar:

Posting Komentar