Selasa, 30 April 2024

 

 ESSAY 4 PSIKOLOGI INOVASI

Membuat Dompet Dengan Kain Perca

Dosen Pengampu : Arundati Shinta


 

Disusun Oleh

Muhammad Arba’an

21310410199



Kain perca merupakan kain sisa-sisa pembuatan pakaian. Jika kamu ke pabrik garmen atau penjahit, kamu akan melihat potongan-potongan kain kecil-kecil sisa dari pembuatan pakaian. Potongan-potongan kain tersebut dinamakan kain perca. Bagi perusahaan besar maupun penjahit, kain perca termasuk limbah dan harus dibuang. Semakin banyak produaksi sampah pierca dalam peruasahaan atau produsen maka semakin banyak juga sampah yang tidak berguna. Jadi kain perca sendiri juga bisa di sebut sampah karena sudah tidak di pakai dan di haruskan di buang.

Namun dengan Ide serta inovasi yang bagus, kain perca dapat digunakan juga sebagai bahan dalam pembuatan barang lain berupa tas atau dompet. Meskipun dengan bahan limbah, karya yang di hasilkan sangat bagus dan memiliki nilai ekonomi yang tinggi jika di buat dengan ide-ide yang bagus.

Seperti dompet yang tidak harus menggunan kain yang lebar namun bisa di sambung setiap kain perca dengan cara di jahit. Cara pembuatanya bisa di bilang cukup sulit yaitu yang pertama mempersiapan kain perca atau kain potongan yang tidak di pakai, kemudian menggabungkan kain perca dengan cara di jahit jika ukuran dompet atau tas yang di buat cukup besar.

Setelah itu buat pola di atas kain perca seperti pola yang mau kita akan buat. Lalu kita potong agar memudahan proses penjahitan. Kemudian kain kita jahit dan apabila kita tidak mahir dalam menjahit bisa juga ita meminta tolong orang yang bisa menjahit. Setelah jadi maka bis akita pakai atau kita jual.

Sebenarnya olahan limbah kain perca sudah banyk sekali yang mengolah menjadi berbagai bentuk dan jenis barang. Namun masih banya juga orang yang belum tau dengan kegunaan dari limbah kain perca dan hanya membuangnya. Membuangnya sama dengan menambah jumlah sampah yang mungkin sulit untu di urai.

Dengan adanya masyarakat yang peduli dengan lingkungan dan memanfaatkan limbah menjadi barang berguna maka bisa mengurangi jumlah sampah yang ada di lingkungan.

Sumber ;

https://sragenkab.go.id/jelajah-sukowati/pemuda-inspiratif--manfaatkan-kain-perca-rima-anomsari-adakan-pelatihan-ke-desa--desa.html#:~:text=Kain%20perca%20merupakan%20kain%20sisa,termasuk%20limbah%20dan%20harus%20dibuang.

0 komentar:

Posting Komentar