Selasa, 30 April 2024

Ibu yang Viral Mengemis Sambil Marah-marah dan Memaksa Orang Sedekah telah Diamankan Satpol PP Bogor

 

Nama : Ester Therecia Hermin Rumbewas

NIM : 22310410103

Mata Kuliah : Psikologi Abnormalitas

Dosen Pengampu : FX. Wahyu Widiantoro S. Psi.,MA




Seorang ibu viral yang bernama Rosmini yang berasal dari Palembang. Rosmini mengaku sudah 14 tahun hidup di jalanan untuk meminta sedekah. Rosmini mengaku tidak memiliki tempat tinggal yang tetap. Dengan uang sedekah yang diberi dari orang-orang, ia berkelana dari satu kota ke kota lainnya untuk mengemis di daerah permukiman, Rosmini mengaku alasan ia hidup di jalanan karena memiliki persoalan pribadi dan keluarga yang sangat berat, yang ia sulit untuk menceritakannya. Faktor tersebut yang diduga menjadi penyebab Rosmini mudah naik pitam apabila masyarakat menolak memberikan sedekah. Aksi Rosmini yang kerap meminta-minta sambil marah dan memaksa itu membuat warga resah dan merasa terganggu. Hingga setiap tempat yang ia datang, banyak masyarakat yang mengabadikannya melalui video dan dibagikan ke media sosial.

Kini ibu tersebut sudah diamankan di Dinas Sosia. Sebelumnya ia hendak melalukan aksinya di Bogor, Jawa Barat dan telah diamankan oleh pihak Satpol PP Bogor pada Minggu (28/4) kemarin. Rosmini sempat berkeliaran di beberapa tempat mulai di Bandung, Sukabumi, hingga di Bogor. Petugas Dinas Sosial yang akan memutuskan apakah akan melepaskan Rosmini atau ditampung terlebih dahulu. Setelah diajak ngobrol secara baik-baik, ibu itu pun akhirnya mau diajak untuk dirujuk ke Rumah Sakit kejiwaan (RS Ketergantungan Jiwa Marzuki Mahdi Kota Bogor.


Kesimpulan

Aksi yang di lakukan Ibu Rosmini yaitu mengemis sambil marah dan memkasa orang untuk sedekah tersebut membuat warga setempat merasa terganggu dengan cara ibu tersebut meminta. Faktor yang menyebabkannya karena memiliki persoalan pribadi dan keluarga yang sangat berat. Tindakan ibu tersebut mencerminkan perilaku abnormalitas karena perilaku yang tidak biasa, perilaku yang tidak diterima secara sosial atau melanggar norma sosial. Solusi sementara yang tepat telah dilakukan oleh Dinas Sosial yaitu dengan mengamankannya dan akan merujuknya ke Rumah Sakit kejiwaan. 


Daftar Pustaka

https://www.jawapos.com/jabodetabek/amp/014594941/ibu-yang-viral-mengemis-sambir-marah-marah-diamankan-satpol-pp-bogor-akan-dibawa-ke-rumah-sakit-jiwa

https://megapolitan.kompas.com/read/2024/04/29/07452181/satpol-pp-bogor-ibu-pengemis-yang-paksa-orang-sedekah-warga-bandung-asal

https://p2k.stekom.ac.id/ensiklopedia/Abnormalitas




0 komentar:

Posting Komentar