Kamis, 15 Desember 2022

Kontribusi Mahasiswa Dalam Membangun Pendidikan di Indonesia

 

Kontribusi Mahasiswa Dalam Membangun Pendidikan di Indonesia.

Butir Prestasi Mata Kuliah Psikologi Inovasi

(Semester 5 Ganjil 2022/2021)



 

Rahayu (20310410061)

Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta

Dosen Pengampu: Dr. Arundati Shinta, M.A

 

Pendidikan adalah hal pokok atau utama yang akan menunjang atau menopang kemajuan dari suatu bangsa. Kemajuan suatu bangsa bisa diukur atau di lihat dari kualitas dan sistem pendidikan yang ada. Tanpa pendidikan, suatu negara akan jauh tertinggal dari negara lain. Maka dari itu menteri pendidikan indonesia mengadakan atau membuat program Kampus Merdeka atau biasa disebut dengan Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) adalah salah satu program yang diselenggarakan oleh Kemendikbud., dan bertujuan untu untuk meningkatkan kompetensi lulusan, baik soft skills maupun hard skills, agar lebih siap dan relevan dengan kebutuhan zaman, menyiapkan lulusan sebagai pemimpin masa depan bangsa yang unggul dan berkepribadian. Program-program experiential learning dengan jalur yang fleksibel diharapkan akan dapat memfasilitasi mahasiswa mengembangkan potensinya sesuai dengan passion dan bakatnya.

Program Kampus Mengajar merupakan salah satu program dalam Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka yang memiliki tujuan untuk mengajar, membantu teknologi, dan membantu administrasi sekolah dan guru. Salah satu sekolah yang menjadi sasaran dari program Kampus Mengajar adalah SMP Taman Dewasa Cangkringan yang terletak di Dusun Karanggeneng, Desa Umbulharjo, Kecamatan Cangkringan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Pada program Kampus Mengajar ini, mahasiswa yang dipilih atau lolos dalam seleksi Kampus Mengajar untuk mengikuti program memiliki tanggung jawab untuk membantu pihak sekolah dalam proses Mengajar atau Kegiatan Belajar Mengajar, membantu adaptasi terhadap teknologi masa kini, dan membantu administrasi sekolah. Selain itu, mahasiswa Kampus Mengajar memiliki tanggung jawab dalam memperbaiki, membangun karakter siswa dan meningkatkan minat belajar siswa setelah sekian lama siswa belajar daring atau online dikarenakan pandemi Covid-19.

Tujuan dari keikutsertaan mahasiswa dalam program Kampus Mengajar ini merupakan sebuah proses dalam menambah relasi, menambah pengalaman di luar dunia perkuliahan, mengembangkan wawasan, karakter dan soft skills mahasiswa, mendorong dan memacu pembangunan nasional dengan menumbuhkan motivasi siswa untuk berpartisipasi dalam pembangunan, serta meningkatkan peran dan kontribusi nyata perguruan tinggi dan mahasiswa dalam pembangunan pendidikan di Indonesia. Kemudian tujuan utama dari program Kampus Mengajar ini adalah untuk meningkatkan Literasi dan Numerasi siswa-siswi yang sekolah dan berada di daerah 3 T.

 

DAFTAR PUSTAKA

 

Amajida Triska Meilia, AKTUALISASI PROGRAM KAMPUS MENGAJAR SEBAGAI RUANG KONTRIBUSI MAHASISWA TERHADAP PENDIDIKAN DASAR DI INDONESIA, Jurnal Pendidikan ke-SD-an Metodik Didaktik: Vol. 17 No. 2, Januari 2022, Hal 120-12.

Livia Mutiara, Shabrina, Kegiatan Kampus Mengajar dalam Meningkatkan Keterampilan Literasi dan Numerasi Siswa Sekolah Dasar, Jurnal Basicedu Vol 6 No 1Tahun 2022.

Thuba Imam Fauz et all, PROGRAM KAMPUS MENGAJAR (PKM) SEBAGAI USAHA PENINGKATAN PEMBELAJARAN PESERTA DIDIK DI SDN 127 SUNGAI ARANG BUNGO DANI KABUPATEN BUNGO PROVINSI JAMBI, Jurnal BUDIMAS (ISSN:2715-8926) Vol. 03, No. 02, 2021.

0 komentar:

Posting Komentar