Kamis, 15 Desember 2022

Perubahan diri dengan melakukan olahraga sederhana

Tugas essay 3 untuk memenuhi syarat Ujian Akhir Semester

Dosen Pengampu: Dr. Arundati Shinta, M. A

Oleh: Gideon Petra Malia (20310410066)

Fakultas Psikologi

Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta





Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), olahraga adalah gerak badan untuk memperkuat dan menyehatkan tubuh, seperti contohnya sepak bola, berenang, dan lempar lembing, jogging, dan push up. Olahraga adalah suatu aktivitas fisik yang dilakukan oleh semua kalangan untuk menjaga tubuh tetap sehat. Oleh karena itu olahraga menjadi salah satu hal penting bagi manusia dalam kesehatan fisik juga kesehatan mental bagi setiap orang. Olahraga yang saya saya lakukan disini adalah jogging dan push up.


Joging menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah berlari pelan (antara lari dan berjalan) untuk kesehatan. Artinya joging adalah suatu aktivitas olahraga dengan lari santai atau pelan yang bermanfaat bagi tubuh agar tetap sehat. Jogging adalah olahraga sederhana yang bisa meningkatkan stamina tubuh dan menjaga berat badan. Jogging bisa dilakukan pagi hari atau sore hari dengan durasi yang disesuaikan dengan tubuh. Aktivitas olahraga ini harus dilakukan secara rutin setidaknya seminggu 2 – 3 kali.

Push up merupakan salah satu aktivitas fisik melibatkan semua otot pada bagian atas tubuh, yang pada akhirnya juga akan melatih otot-otot tersebut. Push up dilakukan dengan menggunakan kedua tangan.Adapun otot yang terlatih saat melakukan push up ini di antaranya adalah trisep, bahu, dan juga dada. Bahkan, ketika dilakukan dengan cara yang benar, gerakan push up ini akan memperkuat punggung bagian bawah dan juga otot perut.

Hal yang saya lakukan dalam 2 bulan ini merupakan bentuk dari perubahan diri yang saya terapkan dengan berolahraga. Tujuannya adalah agar sebagai mahasiswa yang sibuk dengan tugas kuliah dan hal-hal lain yang dihadapi, diharapkan para mahasiswa tidak melupakan untuk berolahraga. Karena olahraga adalah salah hal penting untuk menjaga kesehatan fisik dan mental bagi manusia tidak terkecuali mahasiswa. Dengan adanya perubahan diri ini mahasiswa bisa menjadi orang yang teratur disiplin, dan dewasa dalam menghadapi hal apapun.

Dalam 8 minggu saya melakukan jogging dan penambahannya adalah push up. Hal ini adalah program sederhana yang saya jalankan karena tidak memakai alat apapun untuk melakukannya. Saya mulai melakukan program ini dari bulan Oktober sampai Desember. Saya melakukan jogging biasanya pada sore hari di tempat tambak boyo salah satu tempat favorit jogging di daerah saya. Setelah 1 jam jogging saya melakukan penambahan yaitu dengan push 15 kali dan akan menambah setiap minggunya.

Hal yang saya dapatkan setelah melakukan program ini adalah saya lebih terbiasa untuk olahraga tiap minggunya dengan olahraga yang bervariasi. Tubuh saya lebih sehat dan mental terjaga. Saya tidak mudah stres dan lebih disiplin akan perkuliahan saya. Para kerabat juga bangga akan diri saya karena telah sukses melakukan program ini. Adanya semangat akan melakukan olahraga lebih sering lagi dan mencoba olahraga lain yang lebih menarik.



0 komentar:

Posting Komentar