Kamis, 15 Desember 2022

MENGASAH HOBI DENGAN MENGIKUTI LOMBA

 

Essay Prestasi Mata Kuliah Psikologi Inovasi

Dosen Pengampu: Dr., Dra. Arundati Shinta, M.A

Rosita Permatahati NIM 20310410075

FAKULTAS PSIKOLOGI

UNIVERSITAS PROKLAMASI 45 YOGYAKARTA

Pada tanggal 22 Agustus Youth Champaign mengadakan perlombaan, diantaranya lomba video pendek, video animasi, dan komik stip. Pendaftaran perlombaan dimulai tanggal 22 Agustus hingga 1 Oktober 2022 dan pengumpulan lomba tanggal 24 Agustus sampai 5 Oktober 2022. Tujuan diadakannya perlombaan yaitu untuk memberi kebebasan berekspresi bagi kaum pemuda. Tema pada ajang kali ini ada tiga, (1) Together recover better, (2) support each other, dan (3) together makes us stranger, yang mana ketika tema tidak lepas jauh dari berakhirnya pandemic Covid-19.

Pada perlombaan ini saya mengikuti Lomba Komik Strip. Saya memilih Komik karena hobi saya yaitu menggambar. Dan tema yang saya ambil yaitu Support Each Other. Tujuan saya memilih tema karena tidak jauh berkaitan dengan psikologi yang mana berkaitan dengan memberi dukungan kepada orang lain. Tujuan saya mengikuti perlombaan itu karena saya ingin menantang diri saya untuk berimajinasi dan berekspresi mengenai imajinasi saya ke dalam sebuah komik. Komik ini salah komik pertama saya yang saya buat, karena dalam hal menggambar saya lebih menyukai menggambar objek atau benda mati, seperti makanan, bangunan, atau pemandangan. Maka dari itu selain menantang diri untuk berimajinasi juga sebagai menilai kemampuan menggambar saya itu sampai sejauh mana dan mengetaui kemampuan mana yang perlu saya asah sehingga saya bisa menjadi illustrator yang lebih baik.

Berikut sedikit gambar yang saya kirimkan


 

Adapun maksud dari komik yang saya gambar yaitu Harapan


Sesuatu yang terlihat sederhana mungkin tak akan terasa bila di situasi yang biasa saja, tetapi ketika dihadapkan situasi yang berat, hal sekecil apapun akan terasa berharga, bermakna, dan merindukan.

Kadang, ketika terlalu terlatut kita tidak menyadari kita sedang dalam fase apa. Entah itu terlalu senang atau terlalu sedih. Disinilah peran orang lain sangat dibutuhkan, yaitu untuk menyadarkan kita mengenai fase yang sedang kita alami, mengenai apa yang bisa kita lakukan, mengenai semangat seperti apa yang harus kita gelorakan.

Mensupport orang lain tidak membutuhkan biaya mahal, tidak membutuhkan waktu yang lama, dan tidak membutuhkan effort yang lebih. Karena orang yang sedang terpuruk itu kadang hanya membutuhkan kepedulian kita. Kepedulian kita menyadarkan bahwa kalian mampu melewati semua ini, kalian mampu bertahan, dan kalian pasti akan mencapai titik terhebat.

nb:
Penggambaran anak kecil di komik di atas dengan alasan anak kecil merupakan individu polos yang selalu membawa keceriaan, kebahagiaan yang menenangkan hati. Sedangkan dandelion merupakan penggambaran dari sebuah harapan dan usaha menjadikan harapan menjadi kenyataan.

 

Berikut link poster lomba: https://www.instagram.com/p/Chrun_Nvxa3/?utm_source=ig_web_copy_link

Berikut link komik strip yang saya kirimkan ke IG: https://www.instagram.com/p/CjTJnHYhztM/?utm_source=ig_web_copy_link


0 komentar:

Posting Komentar