Sabtu, 01 Januari 2022

Pentingnya Manajemen Informasi dan Pengelolaan SDM Alumni Perguruan Tinggi

 

 

Pentingnya Manajemen Informasi dan Pengelolaan SDM Alumni Perguruan Tinggi

Essay Ke-3 Syarat Ujian Akhir Semester

Psikologi Manajemen dan Organisasi

(Semester Ganjil 2021/2022)

 

Rifa Rufianti (20310410053)

Kelas Regular (A)

Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta

Dosen Pengampu : Dr. Arundati Shinta, M.A

(Sumber Gambar : https://images.app.goo.gl/ruPJiBf8FK9cV43i7) 

Binarso, Sarwoko, dan Bahtiar (dalam Primasari, 2018) melakukan perancangan dan pembangunan Sistem Informasi Alumni berbasis Web untuk Program Studi Teknik Informatika Universitas Diponegoro yang dapat memfasilitasi alumni agar dapat berinteraksi dengan sesama alumni dan membantu alumni dan program studi memperoleh informasi beasiswa, lowongan pekerjaan, berita seputar program studi serta dapat membantu program studi untuk mengetahui perkembangan dan rekapitulasi data alumni. Dalam perkembangan teknologi yang semakin maju, SDM yang unggul dan berkualitas sangat dibutuhkan di berbagai pekerjaan. Permasalahan yang biasanya terjadi yaitu putusnya hubungan ikatan alumni yang menyebabkan mereka tidak memperoleh informasi penting.

Putusnya hubungan komunikasi sesama alumni yang biasanya disebabkan oleh kesibukan masing-masing individu meyebabkan mereka tidak mengetahui informasi terbaru yang berkaitan dengan pengembangan SDM mereka. Hal ini sesuai dengan apa yang telah dirasakan dari beberapa alumni Universitas Islam Indonesia misalnya saja para alumni merasa rendah diri ketika berhadapan dengan alumni dari universitas negeri; bahwa alumni universitas negeri jauh lebih pandai, lebih memiliki wawasan yang luas, lebih dipandang mampu daripada alumni dari universitas swasta (Atikarini, 2001). Fenomena ini terjadi karena untuk penjaringan alumni di universitas negeri lebih terkontrol daripada universitas swasta. Para alumni universitas negeri sangat merasa percaya diri dengan perguruan tinggi tempat mereka sekolah daripada alumni dari universitas swasta.

Sebuah institusi yang mencari keanggotaan dan partisipasi alumni harus berinvestasi dalam pengembangan portal yang menarik. Maka dari itu untuk meningkatkan portal alumni yang sebelumnya, dalam penelitian akan dibangun Sistem Informasi Portal Alumni yang memiliki fungsionalitas tambahan untuk melakukan tracer study, survei pengguna alumni, laporan atau statistik alumni (yang meliputi: Statistik Gaji Alumni, Statistik Bidang Pekerjaan Alumni, dan Statistik jumlah lulusan) dan pengunduhan data wisudawan (Primasari, 2018). Dengan investasi dalam pengembangan portal ini akan sangat berpengaruh terhadap pengelolaan SDM.

Kuatnya hubungan kekeluargaan oleh para alumni dari perguruan tinggi sangat berpengaruh terhadap kualitas SDM. Hal ini disebabkan beragamnya profesi yang disandang oleh masin-masing alumni. Seperti yang dirasakan oleh alumni Pesantren Muallimin Muhammadiyah Yogyakarta yang para alumninya telah menyebar ke seluruh wilayah Indonesia dengan berbagai profesi, seperti politisi, sejarawan, pendidik, dai, penegak hukum, dan lain-lain. Tidak sedikit para alumninya yang langsung terjun di tengah masyarakat sebagai pelangsung dan penyempurna amal usaha Muhammadiyah di daerah asalnya (Azhar, 2015). Dengan beragamnya profesi yang disandang oleh masing-masing alumni, maka informasi yang  berkaitan dengan upaya peningkatan SDM bisa mudah menyebar jika ikatan kekeluargaannya kuat.

  

DAFTAR PUSTAKA

 

Atikarini, A. (2001). Hubungan antara kepercayaan diri dengan tingkat stres pada alumni universitas islam indonesia dalam mencari kerja.

Azhar, A., Wuradji, W., & Siswoyo, D. (2015). Pendidikan kader dan pesantren muallimin muhammadiyah yogyakarta. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi dan Aplikasi, 3(2), 113-125.

Primasari, C.H. (2018). Pengembangan sistem informasi portal alumni dengan tracer study dan survey pengguna alumni universitas atma jaya yogyakarta.

 

0 komentar:

Posting Komentar