Manajemen dan Pengelolaan SDM pada Industri Perhotelan
Essay Persyaratan Ujian Akhir Semester Psikologi Manajemen & Organisasi
(Semester Ganjil 2021/2022)
Dwi Ratri Octavianita (20310410002)/Kelas A
Fakultas Psikologi Universitas 45 Yogyakarta
Dosen Pengampu: Dr. Arundati Shinta, M.A
Keberadaan sumber daya manusia di
dalam sebuah perusahaan khususnya pada industri perhotelan ialah sebuah aset
penting yang perannya meningkatkan kinerja suatu perusahaan. Apalagi masih
banyak industri perhotelan di Indonesia yang pekerjanya manusia, bukan robot
seperti yang ada di beberapa negara maju, sehingga jika SDM tidak tersedia maka
produktivitas perusahaan akan terhambat. Keberadaan SDM ini juga harus
dibarengi dengan manajemen dan pengelolaan SDM yang baik.
Manajemen dan pengelolaan SDM adalah
pembahasan yang merujuk pada pengaturan atau tata laksana dalam mengelola
individu dan interaksi mereka dalam suatu perusahaan (Rihardi, 2021). Tujuannya
agar perusahaan dapat menggunakan kemampuan para karyawannya dengan cara yang
tepat. Penemuan cara terbaik dalam
mengelola SDM tentu melalui rangkaian proses pengembangan.
Menurut
Sulastiyono (dalam Hendriyaldi & Wiyan, 2019) hotel merupakan sebuah
perusahaan yang dikelola pemiliknya dengan menyediakan sejumlah pelayanan, di
antaranya berupa pelayanan makanan, minuman, serta room facilities. Keberadaan hotel menjadi sarana pendukung berbagai
kegiatan pada sektor pariwisata yaitu penyediaan akomodasi dan tempat meeting
ataupun gathering para wisatawan dengan praktisi industri (Ayuningsih, Asa,
Ayu, & R. Sahedhy, 2011).
Persoalan mendasar yang berhubungan
dengan manajemen dan pengelolaan SDM pada industri perhotelan adalah mengenai
faktor yang mempengaruhi pelaksanaan pengelolaan SDM-nya. Namun, pada
pembahasan kali ini lebih terfokus pada langkah-langkah pengelolaan SDM pada
industri perhotelan. Hal ini penting untuk dibahas karena dapat dijadikan
sebagai acuan karyawan yang bekerja di industri perhotelan.
Lalu pertanyaan yang harus dijawab pada pembahasan kali ini adalah bagaimana langkah-langkah manajemen dan pengelolaan SDM pada industri perhotelan? Hal ini penting karena dapat dijadikan sebagai gambaran peran dan tugas untuk individu yang nantinya akan menjadi manager di suatu industri perhotelan.
Berikut langkah-langkah dalam manajemen dan pengelolaan SDM pada industri perhotelan (Rihardi, 2021) sebagai berikut.
1. Perencanaan
sumber daya manusia
Melakukan antisipasi banyaknya
pekerjaan dan pelaksana yang akan melakukan aktivitas bisnis dengan cara yang
cukup efisien. Hal ini dilakukan dengan pembuatan rancangan pengisian lowongan
masa depan yang dibutuhkan oleh perusahaan.
2. Perekrutan
tenaga kerja
Menyeleksi kandidat yang
memenuhi persyaratan dalam lowongan kerja yang telah dibuat. Pencarian kandidat
ini dilakukan dengan memasang iklan di internal maupun eksternal perusahaan.
3. Pemilihan
personel
Memilih beberapa kandidat melalui serangkaian
metode dan teknik yang sudah menjadi standar suatu perusahaan. Pelamar akan
akan dianalisis dari CV hingga wawancara serta tes lainnya.
4.Pengenalan
lingkungan kerja dan sosialisasi
Memberikan penjelasan kepada karyawan baru
mengenai pihak-pihak yang berhubungan dengan tugasnya dan penjelasan tentang
perannya.
5.Peningkatan
keterampilan dan kompetensi karyawan
Melakukan pengadaan pelatihan seperti
seminar, kursus dan pelatihan.
6. Evaluasi
kinerja karyawan
Melakukan pemantauan yang berkelanjutan dan
terorganisir terkait dengan standar perusahaan.
7. Peningkatan
produktivitas
Mengembangkan sistem reward melalui stimulasi
berupa penambahan gaji dan tunjangan.
8. Penempatan
karyawan
Melakukan mutasi, perbaikan, maupun pemecatan
berdasarkan evaluasi komitmen, kinerja, keterlibatan, dan kemampuan karyawan.
9. Pengembangan
karir
Mengadakan berbagai kegiatan untuk
meningkatkan pengetahuan, keterampilan, dan kemampuan baru yang
memungkinkan karyawan mengambil pekerjaan baru yang lebih kompleks.
DAFTAR PUSTAKA
Ayuningsih, D.A., Asa, P., Ayu, S., & R.
Sahedhy, N. (2011). Pengelolaan sumber daya manusia dalam bisnis perhotelan:
studi komparasi di hotel dua garden, hotel wisanti, hotel musafira, dan hotel
perwitasari Yogyakarta. Jurnal Manajemen.
1(1), 14-25.
Hendriyaldi & Wiyan, M. (2019).
Revolusi industri 4.0: tantangan dan peluang manajemen sumber daya manusia
untuk meningkatkan produktivitas grand hotel Jambi. Procuratio: Jurnal Ilmiah Manajemen. 7(3), September, 344-351.
Rihardi,
E.L. (2021). Pengembangan manajemen sumber daya manusia sebagai sebuah
keunggulan kompetitif pada industri pariwisata dan perhotelan. KOMITMEN: Jurnal Ilmiah Manajemen. 2(1),
Maret, 10-20.
Sumber gambar:
https://www.czechuniversities.com/article/study-hospitality-management-in-prague
0 komentar:
Posting Komentar