ALAM SEBAGAI SARANA PENDIDIKAN DAN
BUKAN CUMA PETUALANGAN
Nama : Thadika Oudy
Amaya Decha P.P.
NIM : 20310410048
Dosen Pengampu : Dr.
Arundhati Shinta, MA
Essay ini ditulis guna
pemenuhan Ujian Akhir Semester
Mata Kuliah Psikologi
Managemen dan Organisasi
Media pembelajaran
merupakan segala sesuatu yang dapat merangsang fikiran dan keterampilan
mahasiswa/mahasiswi dalam proses belajar mengajar, sehingga dapat mencapai
tujuan pembelajaran.
Salah satu media
pembelajarannya yaitu lingkungan, karena lingkungan dapat dijadikan media
pembelajaran yang optimal untuk mencapai proses dan hasil pembelajaran, sebab
mahasiswa/I dapat mengetahui secara langsung keadaan yang sebenarnya, dan
pembelajaran dapat menjadi lebih menarik, dengan begitu proses pembelajaran tidak
akan membosankan. Pembelajaran dapat dilakukan dalam lingkungan kampus maupun
luar kampus, serta dapat pula belajar dari peristiwa alam yang dialami oleh
masyarakat, dan lain sebagainya.
Ada beberapa lingkungan
yang dapat dimanfaatkan sebagai media dan sumber pembelajaran yaitu lingkungan
masyarakat/lingkungan sosial yang mempelajari tentang interaksi antar kehidupan
bermasyarakat seperti adat istiadat yang ada di masyarakat, sistem nilai,
perubahan sosial dan lain sebagainya. Adapula lingkungan alam yang mempelajari
tentang sumber daya alam, tumbuhan, hewan dan lain sebagainya. Dan yang
terakhir adalah lingkungan buatan meliputi bendungan, taman, irigasi, dan lain
sebagainya.
Proses kegiatan
pembelajaran pemanfaatan lingkungan sosial ini dilakukan dengan cara praktek
lapangan atau turun langsung kepada masyarakat, seperti mengamati, bertanya
atau bahkan wawancara. Dengan adanya praktek lapangan ini membuat para peserta
didik maupun mahasiswa/I lebih mudah memahami/menguasai materi, karena dapat
mengetahui keadaan yang sebenarnya di dalam masyarakat secara langsung, serta
dapat menambah pengalaman dan juga dapat lebih mudah untuk mengingat materi
yang telah di dapat.
Hasil yang didapat dari
kegiatan pembelajaran ini adalah mendapatkan pembelajaran yang berupa factual,
pembelajaran lebih menarik dan tidak membosankan serta mendapat pengalaman baru
dan dapat membantu memecahkan masalah sosial yang terjadi didalam suatu
masyarakat. Maka dari itu pembelajaran dengan memanfaatkan lingkungan sosial
sebagai media dan sumber pelajaran sangatlah efektif untuk dilakukan dalam
pembelajaran psikologi managemen dan organisasi.
0 komentar:
Posting Komentar