ESAI 1 - Meringkas Jurnal tentang Pengelolaan Sampaholeh Nariswari Salsabiela (23310410107)
Judul Penelitian: Pengaruh Kesadaran Lingkungan terhadap Subjective Well Being dalam Pengelolaan Sampah di Dalam Kelas pada Siswa Sekolah Menengah
Author Penelitian: Novializa Ramadhayanti, Regita Khairani Pramesti, Adelia Chika Oktavira, Ardian Firdaus Saputra, Difani Cahya Prastiwi, Muhammad Farid Alifianto, Rahma Meilina Arrazi, Rijal Abdillah
Jurnal Penelitian: INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, Volume 4 Nomor 5 Tahun 2024, Page 765-774, E-ISSN2807-4238 and P-ISSN2807-4246, Website: https://j-innovative.org/index.php/Innovative
Ringkasan Penelitian:
Permasalahan sampah semakin meningkat seiring pertumbuhan penduduk, konsumsi, dan kemajuan teknologi. Pengelolaan sampah yang tidak tepat menyebabkan pencemaran lingkungan, munculnya penyakit, dan kebutuhan lahan yang semakin besar. Oleh karena itu, keterlibatan masyarakat, terutama dari rumah tangga, sangat penting. Dibutuhkan adanya kesadaran kolektif untuk mengatasi masalah ini secara menyeluruh.
Kesadaran lingkungan dan kesejahteraan subjektif (subjective well-being/SWB) menjadi fokus dalam penelitian ini. Kesadaran lingkungan didefinisikan sebagai pemahaman dan kepedulian seseorang terhadap pentingnya menjaga lingkungan. SWB berkaitan dengan kepuasan hidup, emosi positif, dan evaluasi pribadi terhadap kehidupan. Keduanya dinilai dapat memengaruhi cara individu mengelola sampah.
Metodologi:
Penelitian dilakukan dengan pendekatan kuantitatif menggunakan kuesioner Likert yang disebarkan kepada 113 siswa SMK Negeri 2 Kota Bekasi. Variabel bebas adalah kesadaran lingkungan (X1) dan subjective well-being (X2), sedangkan variabel terikat adalah pengelolaan sampah (Y).
Hasil Penelitian:
Kesimpulan:
Subjective well-being memiliki pengaruh signifikan terhadap pengelolaan sampah, sementara kesadaran lingkungan secara individu tidak. Sekolah berperan penting dalam menciptakan lingkungan bersih yang dapat meningkatkan kesejahteraansiswa dan suasana belajar yang kondusif.






0 komentar:
Posting Komentar