Kamis, 20 April 2023

Essay 2 Review Film Tentang Psikologi Industri dan Organisasi "Facing The Giants"

Tegar Chandra Surya Perdana

Nim : 22310410028

Dosen Pengampu : Dr. Dra. Arundanti Shinta, Ma

Universitas Proklamasi 45 YK


 

Topik

Film ini berkisah tentang bagaimana seorang pelatih tim football SMA Siloh bernama Grant Taylor mengatasi berbagai masalah dan tekanan hidup yang bertubi-tubi menimpanya.

Sumber

Film Rohani Terpilih "FACING THE GIANTS" | Film Rohani Kristen

https://youtu.be/5wTwgYM4ywU

Ringkasan

Film ini menceritakan kehidupan seorang pelatih american football di sebuah SMU kristiani (Shiloh eagles) bernama Grant Taylor. Selama 6 tahun kepelatihannya, sekolah ini belum pernah memenangi sebuah musim kompetisi. Bahkan dalam beberapa pertandingan terakhir selalu berakhir dengan kekalahan.

Hal ini menyebabkan pihak sekolah mulai meragukan kemampuannya melatih dan ingin menggantikan posisinya dengan orang lain. Selain itu, dia ia mengalami berbagai masalah dalam hidupnya, mulai dari mobil yang sering mogok, gaji yang pas-pasan untuk mencukupi kebutuhan hidupnya, dia divonis susah memiliki anak oleh dokter, dan tentunya, karir kepelatihannya yang terancam berakhir.

 

          Di tengah kebingungan dan ketakutannya menghadapi masalah-masalah nya itu, dia datang kepada Tuhan. Dia menyerahkan segalanya kepada Tuhan. Selain itu dia mengubah semua filosofi tim nya termasuk filosofi hidupnya, yaitu apa yang dilakukan tidak lagi berfokus pada dirinya sendiri, melainkan 100% berfokus pada Tuhan, dalam segala hal, dengan apa yang dapat dilakukan, dengan apa yang dimiliki. Perjalanan spiritual yang terjadi dalam dirinya dan keberanian untuk percaya dengan Tuhan membuatnya mampu membuat semangat baru di tim nya.

 

         Perlahan tapi pasti, dibawa bimbingan dari Tuhan, tim yang baru ini memperoleh kemenangan demi kemenangan dan akhirnya dapat menjuarai kejuaraan dengan mengalahkan tim Giants, sang juara bertahan yang memenangkan kejuaraan itu selama 3 tahun berturut turut dan memiliki jumlah pemain 3x lipat lebih banyak dari tim eagels.

Permasalahan

Semua orang pernah gagal – bahkan miliuner paling kaya atau pegusaha paling sukses – pasti pernah berada di satu titik terendah dalam hidup. Jika sudah terjadi, bagaimana memotivasi tim kerja agar tetap memberikan yang terbaik? Kadang, ikata emosional antara anda dan para pekerja lebih dapat diandalkan dalam situasi seperti ini. Namun begitu, hal ini tidak dapat di bangun dalam semalam. Butuh proses dan waktu cukup Panjang untuk membuktikan bahwa anda adalah seseorang yang memimpin dengan hati dan pantas untuk di ikuti. Bagaimana caranya? Belajarlah dari film ini! Yaitu dengan datang kepada Tuhan.

Opini Saya

Menurut saya film ini cukup menarik, karena mengajarkan kita banyak hal mulai dari pantang menyerah menghadapi berbagai tekanan dan mengingatkan kita untuk datang kepada Tuhan.

0 komentar:

Posting Komentar