Minggu, 30 April 2023

Meringkas Jurnal II

 Meringkas Jurnal II

Teknik Penyusunan Skripsi

Dosen Pengampu: Dr. Arundati Shinta, M. A

Annisa Arsella (20310410038)

Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta



 

Topik

Seni Musik, Perkembangan Belajar

Sumber

Suci, D. W. (2019). Manfaat Seni Musik Dalam Perkembangan Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan (Edukatif). 1(3), 177-184.

Permasalahan

Anak dan musik memiliki keterkaitan yang kuat, musik bermanfaat untuk meningkatkan kecerdasan anak dan perkembangan belajar anak. Melihat apakah kecerdasan emosionalnya akan lebih berkembang jika anak terbiasa mendengarkan musik.

Tujuan Penelitian

Untuk mengkaji manfaat musik pada perkembangan belajar peserta didik sekolah dasar.

Isi

  • Musik adalah salah satu seni yang nyata dan merupakan wujud bunyi pada fisika yang memiliki banyak manfaat atau keuntungan yang dapat merangsang pembentukan watak dan budi pekerti manusia
  • Istilah musik dapat didefinisikan sebagai suatu kebutuhan pokok bagi setiap manusia, karena musik dapat menjadikan orang merasa senang, gembira dan nyaman
  • Musik mempunyai peranan yang sangat penting dalam perkembangan belajar peserta didik karena musik merupakan luapan perasaan manusia dengan bahasa yang mudah dimengerti.
  • Perkembangan siswa sekolah dasar adalah masa yang paling penting sehingga perlu untuk anak belajar seni sebagai penyaluran imajinasi dan kreativitas.

Metode

Metode penelitian Literature review atau tinjauan pustaka.

Hasil

  • Merujuk hasil penelitian yang dilakukan mengenai pengaruh musik terhadap kecerdasan emosi siswa sekolah dasar menggambarkan bahwa penerapan musik dalam pembelajaran memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kecerdasan emosi anak
  • Dalam sebuah penelitian yang dilakukan tentang efek musik terhadap daya ingat siswa sekolah dasar menemukan hasil, dengan mendengarkan musik terbukti dapat meningkatkan daya ingat.
  • Hasil penelitian efek musik dan suara Morton, menjelaskan bahwa pengaruh mendengarkan musik adalah meningkatkan memori jangka pendek, mengurangi kebingungan dan meningkatkan proses informasi.

Diskusi

  • Musik memberikan manfaat positif yaitu menghasilkan peningkatan terhadap suasana hati yang positif dan sebaliknya.dengan mendengarkan musik siswa menjadi bergairah dalam belajar dan menimbulkan rasa senang dalam dirinya. Sehingga materi pembelajaran mudah dapat sampai ke peserta didik.
  • Musik dengan komponen berirama kuat berakibat pada adaptasi motorik, sensori integrasi, proses kognitif dan gerakan fisiologis umum.
  • Musik dapat mengaktifkan hormon endofrin alami dan dapat meningkatkan perasaan tenang dan rilek.
  • Musik-musik klasik diyakini banyak memberikan efek yang baik bagi manusia, dapat menciptakan ketenangan emosi, menghilangkan stress dan dapat membuat rileks.
  • Peembelajaran dengan menggunakan pengantar musik yang bernuansa menenangkan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa.

 

 

0 komentar:

Posting Komentar