Senin, 01 Mei 2023

Meringkas Jurnal III

Meringkas Jurnal III

Teknik Penyusunan Skripsi

Dosen Pengampu: Dr. Arundati Shinta, M. A

Annisa Arsella (20310410038)

Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta




Topik

Implementasi Seni Musik, Konsentrasi Belajar Siswa, Pembentukan Karakter

Sumber

Handayani, F., Desyandri., & Farida, M. (2022). Implementasi Seni Musik Terhadap Konsentrasi Belajar Siswa dan Pembentukan Karakter di Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai. 6(2), 11370-11378.

Permasalahan

Berdasarkan observasi peneliti adanyamkesulitan belajar seperti kurangnya konsentrasi anak dalam belajar, kurangnya minat ekspresi   diri, kurangnya keseriusan siswa dalam belajar kurangnya semangat  belajar. berpartisipasi dalam pembelajaran, dan penurunan nilai karakter. Salah satu cara agar anak dapat bersantai sambil  belajar, memperbaharui konsentrasi belajar dan menambah nilai yaitu dengan musik.

Tujuan Penelitian

Untuk menganalisis dampak  penggunaan musik terhadap  konsentrasi belajar dan pengembangan karakter siswa kelas 4 SD.

Isi

  • Pendidikan sangat penting bagi kehidupan seseorang, guna mengembangkan segala sesuatu  yang  ada  dalam  dirinya,  agar  tumbuh  menjadi  pribadi  yang  berkualitas  dan berkarakter.
  • Usia  anak  SD  sekitar  6  sampai  12  tahun  memasuki  fase  berfikir  dengan  benda-benda  konkrit, tingkatkan kognitif anak sudah  logis  dan  juga bermakna. Anak-anak juga dapatmengkategorikan, menyortir,  menyusun dan mengatur strategi problem solving. Tanggungjawab  bagi  seorang adalah untuk mendapatkan ilmu dan belajar. Dengan  memusatkan  konsentrasi kita dalam belajar akan  membuat  kita  dengan mudah  paham  dengan  materi,  senang  dalam  belajar  dan  perhatian  kita  tertuju  pada  guru. Selain  dari  konsentrasi  belajar,nilai  karakter  dalam  diri  anak  juga  menurun  karena berbagai  faktor.
  • Musik sudah menjadi salah satu hobi dari generasi anak-anak, dewasa dan orang tua. Banyak kelebihan yang didapatkan dari musik, mulai dari ketenangan jiwa, pikiran, mengembalikan  suasana hati  yang  lagi  tidak  baik, meweujudkan  prilaku  yang  baik, dan pembentukan karakter manusia. Jika seseorang memberikan musik dalam kehidupannya maka akan terasa  bermakna  keseharian  yang  dilaluinya.

Metode

  • Teknik analisis data : penelitian  kualitatif  deskrpitif.
  • Tempat penelitian : Dikelas  IV pada tahun pelajaran 2021/2022 semester 2 SDN 50 Kuranji, Kota Padang
  • Jumlah sampel : subjek penelitian terdiri dari 27 siswa yang terdiri dari 15 orang laki-laki dan 12 orang perempuan.

Hasil

  • Berdasarkan data yang peneliti temukan dilapangan bahwasanya konsentrasi anak dalam belajar bisa dikembalikan lagi dengan seni musik.
  • Berdasarkan  hasil  angket  yang  diberikan  kepada  anak,  terlihat  di  atas  hasil  respon anak terhadap pembelajaran yang dilakukan dengan nyanyian dan juga bagaimana karakter anak  selama  proses  pembelajaran  berlangsung.  Hal  ini  menunjukkan  bahwasanya  adanya ketertarikan  anak  dalam  belajar  dengan  adanya  musik.

Diskusi

  • Saat mengajarkan materi kepada  anak mengaitkannya  dengan  menggunakan sebuah lagu. Lagu yang  dipakai adalah  lagu  anak-anak,  kemudian  lirik  dari  lagu  tersebut  diubah  sesuai  dengan  materi pelajaran.  Saat  mengenalkan  lagu  kepada  anak-anak,  mereka  antusias  kembali konsentrasi   dalam   belajar. Mereka   menyanyikan lagu tersebut dengan bersemangat. Dengan kegiatan ini  akan  membuat  semangat  anak  dalam  belajar,  mengikutsertakan  anak  dalam  belajar, menumbuhkan jiwa kreatif anak dan membuat anak percaya diri dalam mengekspresikan diri mereka.
  • Musik  di  sini  digunakan  untuk membuat  pembelajaran  menjadi  menyenangkan  dan  juga  dapat  merangkum  pembelajaran yang   mudah   dipahami   anak.  Walaupun masih  ada anak yang   belum   menunjukkan keseriusannya, secara  keseluruhan  mereka  ikut  serta  dalam  bernyanyi  dan  bersemangat.

 

 


0 komentar:

Posting Komentar