Senin, 15 Mei 2023

ESSAY 3 MERINGKAS JURNAL PSIKOLOGI INDUSTRI DAN ORGANISASI ASMI WATI 22310410123


 Nama: Asmi Wati

Nim: 22310410123

Prodi: Psikologi 

Dosen Pengampu: Dr., Dra. Arundati Shinta, MA



HUBUNGAN ANTARA RESILIENSI DENGAN PRODUKTIVITAS KERJA PADA KARYAWAN PRODUKSI PT. CIOMAS ADISTWA TARIK




 

Topik

Resiliensi, Produktivitas Kerja

Sumber

Ryanuari Kamson Wicaksono , hubungan antara resiliensi dengan produktivitas kerja pada karyawan produksi PT. Ciomas Adisatwa Tarik, volume 8 No 6 Tahun 2021,

Permasalahan

Aspek psikologi individu dapat mempengaruhi tingkat produktivitas kerja seorang karyawan dalam sebuah perusahaan. Dan hal tersebut berkaitan dengan resiliensi karyawan, kemampuannya dalam bertahan atau mengatasi kesulitan dari peristiwa tidak menyenangkan dan berhasil beradaptasi dengan perubahan dan ketidakpastianya.

Tujuan penelitian

Untuk mengetahui hubungan antara variable bebas yaitu produktivitas kerja dan variable terikat yaitu resiliensi pada karyawan produksi PT. Ciomas Adisatwa Tarik.

Isi

·         Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara variabel terikat yaitu resiliensi pada karyawan produksi PT. Ciomas Adisatwa Tarik. Dalam analisisnya penelitian melakukan uji korelasi ganda guna mengetahui hipotesis dalam penelitian ini dapat diterima atau tidak.

·         Diketahui  bawa tingkat resiliensi karyawan produksi PT Ciomas Adisatwa Tarik termasuk kategori tinggi. Hal ini berdasarkan pengambilan data dari 60 orang secara keseluruhan, yang memiliki tingkat resiliensi tinggi sebanyak 32 orang atau 53,3%. Kemudian yang memili tingkat resiliensi sedang sebanyak 28 orang atau 46,7%. Sedangkan untuk kategori rendah tidak ada atau 0%

·         Kategori tingkat produktivitas kerja karyawan dengan prosentase tertinggi berada pada tingkat sedang. Artinya karyawan memiliki kecenderungan produktivitas kerja yang bisa jadi baik atau bisa jadi tidak.

·         Terdapat hubungan yang positive antara resiliensi dengan produktivitas kerja karyawan produksi PT. Ciomas Adisatwa Tarik. Artinya adanya kenaikan produktivitas kerja karyawan karena terjadi kenaikan resiliensi pada diri mereka sendiri.

Metode

·         Jenis penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan teknik  regresi ganda.

·         Penelitian ini terdapat 2 variabel yang digunakan, yaitu variable bebas (mempengaruhi variable lain) yang disimbolkan “X” yaitu resiliensi dan variable terikat  (dipengaruhi variable lain) yang disimbolkan ‘Y’ yaitu produktivitas kerja.

Hasil

Menurut hasil yang didapatkan dari korelasi atau hubungan antara resiliensi dengan produktivitas kerja menunjukan bahwa terdapat hubungan antara resiliensi dengan produktivitas kerja. Dimana kedua variabel tersebut berkorelasi secara positif, yang artinya semakin tinggi pula tingkat produktivitas kerja karyawan.

Diskusi

Pereusahaan dianjurkan untuk m,engadakan workshop ataupun pelatihan mengenai pentingnya resiliensi untuk karyawan mereka. Karena resiliensi sangat dibutuhkan apabila perusahaan ingin meningkatkan produktivitas kerja karyawannya.

 



0 komentar:

Posting Komentar