Minggu, 14 Mei 2023

UTS PSIKOLOGI SOSIAL: ESSAY DENGAN TEMA QUALITY TIME

 UJIAN TENGAH SEMESTER

PSIKOLOGI SOSIAL

Chelsea Oktavia Anjani

22310410027

 Dosen Pengampu : Dr., Dra. ARUNDATI SHINTA, MA

 Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta



Menumbuhkan rasa sayang dan cinta kasih kepada anak melalui Quality Time with Family

 

Link Partisipasi Lomba

https://www.instagram.com/p/CsOIBugvAjS/?igshid=MTc4MmM1YmI2Ng==

  Pendahuluan

Family Quality Time bisa didefinisikan sebagai waktu yang digunakan untuk memberikan perhatian serta beraktivitas bersama seluruh anggota keluarga di rumah; yaitu pasangan, anak, orang tua, dan saudara tanpa terganggu oleh hal-hal lain pada saat bersamaan. Family quality time adalah saat di mana seluruh anggota keluarga merasa nyaman. Ketika seluruh anggota keluarga merasa nyaman, perbincangan tentang masalah sehari-hari bahkan konflik yang sedang terjadi bisa diselesaikan dengan baik. Sebuah unit terkecil yang paling awal untuk menghadapi kehidupan ini adalah keluarga. Sebagai unit terkecil dalam masyarakat, setiap keluarga berusaha mencapai ketahanan keluarga sehingga mampu memenuhi kebutuhan fisik, sosial, mental, dan spiritual para anggotanya. Keluarga adalah lingkungan di mana beberapa orang yang masih memiliki hubungan darah dan bersatu. Keluarga adalah lingkungan yang pertama dan utama bagi setiap individu, sehingga keluarga merupakan agen sosialisasi yang pertama dan utama pula. Kelompok sosial yang paling kecil ini di dalam masyarakat yang umumnya terdiri dari satu atau dua orang tua beserta anak-anak mereka, di mana orang-orang tersebut tinggal dalam satu atap bersama-sama dan saling tergantung satu dengan yang lainnya dengan peran sosialnya masing-masing.

Pembahasan

Anak menjadi bagian dari salah satu anggota keluarga yang mempunyai peranan cukup penting. Anak sebagai penerus keturunan dari keluarga tersebut. Anak adalah prioritas karena baik sekarang dan apalagi pada masa depan setelah dewasa, mereka membawa nama kita, nama keluarga dan jika ada masalah dengan mereka baik sekarang atau pada masa depan kemungkinan besar akan kembali kepada kita sebagai orang tua. Kualitas hubungan antara orang tua dan anak, ditentukan oleh kualitas kebersamaan adalah adanya interaksi dua arah. Waktu orang tua bermain bersama anak juga merupakan waktu yang berkualitas terutama anak pada usia dini menjadi salah satu anggota keluarga yang harus diperhatikan.

 Orang tua yang bekerja kurang memiliki quality time untuk anak-anak mereka, padahal sangat penting kehadiran orang tua secara fisik dan psikis untuk perkembangan anak yang baik. Melalui adanya pertemuan antara orang tua dengan anak yang berkualitas (family time), berbagai sikap positif akan mudah ditiru oleh anak-anak dan ketika ada sikap negatif muncul pada diri anak maka orang tua dapat segera mengoreksi sikap mereka.

 Dalam interaksi pada anak, orang tua dapat mengajarkan cara bergaul yang baik, mengajarkan agama dengan baik, sopan santun dalam bertutur kata, mencontohkan kebiasaan yang positif, membiasakan berbicara yang baik, mengajarkan anak untuk terbiasa berkata tolong kalau meminta bantuin orang lain, berkata maaf kalau melakukan kesalahan, mengucapkan terima kasih saat diberi sesuatu oleh orang lain, dll. Aspek yang dikembangkan dalam pendidikan anak usia dini adalah aspek pengembangan pembiasaan meliputi sosial, emosi, kemandirian, moral, nilai-nilai agama serta pengembangan kemampuan dasar yang meliputi pengembangan bahasa, kognitif, fisik dan motorik.

 Manfaat Quality Time with Family :

1.     Terbiasa untuk memiliki komunikasi yang terbuka

2.     Menunjukkan kepedulian

3.     Meningkatkan kesehatan fisik

4.     Meningkatkan kesehatan mental

5.     Mengurangi risiko prilaku buruk pada anak

 Permasalahan

Kurangnya Quality Time with Family pada anak yang mengakibatkan anak merasa kurang disayangi

 Penyelesaian

Memaksimalkan Quality Time with Family terutama pada anak yaitu dengan contoh kegiatan berikut :

1.     Tetapkan jadwal untuk menghabiskan waktu bersama.

2.     Menemaninya bermain.

3.     Menemaninya belajar

4.     Sarapan Bersama.

5.     Membersihkan Rumah.

6.     Memasak Bersama.

7.     Berkebun.

 Kesimpulan

Peran orang tua sangat diperlukan untuk Quality Time with Familiy. Luangkan waktu yang berkualitas untuk berkumpul bersama anak, bercerita dan mendengarkan hal yang dilakukan oleh anak.

 Daftar Pustaka

https://health.detik.com/berita-detikhealth/d-3224472/ingat-family-quality-time-bukan-sekadar-kumpul-bareng-lho

 https://kumparan.com/muhammad-ikhwan-zaki/family-time-untuk-tumbuh-kembang-anak-usia-dini-menuju-keluarga-bahagia-1z9h80kYNCZ/1

 https://www.daya.id/usaha/artikel-daya/sosial/tips-dan-manfaat-quality-time-bersama-keluarga

 https://blog.kejarcita.id/7-cara-quality-time-setiap-minggu-bersama-keluarga/

 https://swara.tunaiku.com/10-ide-dan-alasan-pentingnya-quality-time-bersama-anak/



 



0 komentar:

Posting Komentar