Minggu, 14 Mei 2023

UTS PSIKOLOGI SOSIAL : ESSAY DENGAN TEMA QUALITY TIME WITH FAMILY

 

Quality Time With Family

Ujian Tengah Semester Psikologi Sosial

Afini Musyarofah.J

22310410113

Dr., Dra. Arundati Shinta, MA

Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta





PIKNIK DI TEPI SUNGAI BERSAMA KELUARGA BESAR

Link partisipasi lomba : https://www.instagram.com/p/CsPl5uUycni/?igshid=NTc4MTIwNjQ2YQ==

Pendahuluan

Menghabiskan waktu bersama seluruh anggota keluarga sangatlah diperlukan agar tetap tercipta kedekatan dan rasa bonding pada seluruh anggota keluarga. Salah satu alternatif kegiatan yang bisa digunakan untuk menghabiskan waktu bersama keluarga besar adalah dengan piknik. Karena piknik merupakan salah satu kegiatan yang mana seluruh anggota keluarga dapat berpartisipasi secara penuh didalamnya.

Permasalahan

Waktu piknik bisa dilakukan kapan saja, tetapi dengan kesibukan masing-masing anggota keluarga yang bekerja maupun yang sedang menuntut ilmu diluar kota, maka kegiatan tersebut menjadi sangat sulit untuk dilakukan. Oleh karena itu, piknik dan kamping biasanya akan menjadi salah satu kegiatan favorit yang akan dilakukan oleh sebuah keluarga ketika telah menemukan saat yang tepat yaitu saat mendapatkan hari libur yang agak panjang. Saat-saat libur panjang ini biasanya terjadi pada momen-momen tertentu seperti saat libur hari raya maupun libur akhir semester bagi anggota keluarga yang masih bersekolah, baik yang masih berada di tingkat Sekolah Dasar maupun yang sudah di tinggkat universitas.

Masalah quality time bersama keluarga ini sangat menarik bagi saya, karena saya merpakan salah satu orang yang sedang merantau jauh dari keluarga untuk melanjutkan studi diluar kota sehingga waktu bersama keluarga adalah waktu “emas” bagi saya yang hanya bisa berkumpul bersama saat libur hari raya tiba. Oleh karena hal tersebut, ketika saya mendengar ada sebuah lomba foto mengenai quality time bersama keluarga, saya sangat antusias terlebih saat sedang hunting foto. Saat sedang mencari dan menyeleksi foto terkadang timbul dibenak saya rasa haru dan nostalgia atas kenangan-kenangan manis yang saya miliki dulu saat masih berkumpul bersama keluarga. Kemudian dengan adanya rasa ini maka menyadarkan saya betapa kebersamaan keluarga itu penting. Sehingga saya menjadi lebih bertekat untuk bisa lebih meningkatkan kedekatan saya dengan anggota keluarga dikampung halaman, salah satunya dengan lebih sering lagi melakukan video call melalui whatsapp maupun zoom meetting.

Pembahasan

Piknik dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) artinya bepergian ke suatu tempat di luar kota untuk bersenang-senang dengan membawa bekal makanan dsb. Namun, saat ini pengertian piknik saat ini  tidak hanya untuk bertamasya keluar kota saja, tapi bisa juga dengan bertamasya atau jalan-jalan didalam kota bersama anggota keluarga dialam terbuka. Melakukan piknik dapat memberikan beberapa manfaat bagi kita, diantaranya ;

-          Dapat meningkatkan kesehatan mental, karena dengan menghabiskan quality time secara langsung bersama keluarga, seperti berbicara dan bersenda gurau secara tatap muka, dapat mencegah berbagai gangguan mental seperti kecemasan hingga depresi. Selain itu, dengan adanya interaksi saat melakukan piknik besama orang-orang yang disayangi dapat membuat para anggota keluarga merasakan adanya dukungan emosional untuk menghadapi berbagai cobaan dalam kehidupan sehari-hari. Dengan demkian timbullah rasa nyaman sehingga menjadikan kita utuk lebih terbuka dengan anggota keluarga yang lain.

-          Piknik di alam terbuka dapat menyeimbangkan tubuh jadi lebih sehat secara mental. Karena aktivitas yang bersifat rekreatif (hiburan) dan refreshing (penyegaran) diperlukan untuk mengurangi kelelahan mental. Sehingga suatu kegiatan hiburan apapun akan berkurang intensitas hiburannya apabila terasa telah membosankan (Hakim. 2000).

-          Dapat meningkatkan kekuatan fisik anggota keluarga. Karena dengan melakukan piknik, maka berarti telah melakukan berbagai macam aktivitas seperti berolahraga, memasak makanan sehat dan beraktivitas fisik bersama keluarga. Sehingga hal tersebut dapat membantu Anda dan anak-anak untuk menjaga kesehatan.

-          Piknik di alam terbuka  selain menjadi liburan juga dapat menjadi salah satu sarana belajar anak-anak. Karena dengan berpiknik maka anak dapat belajar mengenai apa yang terjadi di alam ini.

-          Dengan melakukan piknik hubungan antar anggota keluarga menjadi lebih harmonis dan akrab. Karena saat piknik kita dilatih untuk selalu kompak, saling menjaga, dan saling bekerjasama dalam mempersiapkan hal-hal yang akan dibutuhkan selama piknik baik dari peralatan maupun makanannya. 

Penyelesaian

Agar quality time bersama keluarga dapat dilakukan ditengah kesibukan masing-masing anggotanya, maka cobalah beberapa hal berikut;

-          Menciptakan sebuah rules atau tradisi dalam keluarga, misalnya dengan selalu melakukan libur bersama saat setiap anggota keluarga berkumpul ketika libur hari raya telah tiba. Berlibur bersama tidak perlu harus selalu keluar kota, bisa juga dengan mendatangi tempat rekreasi disekitar lingkungan tempat tinggal anda. Tentunya liburan dimanapuntetap harus direncanakan secara matang terlebih dahulu agar waktu bersama keluarga menjadi lebih berkualitas.

-          Melakukan quality time di rumah, yaitu dengan cara selalu menyempatkan waktu dirumah saat akhir pekan dengan melakukan hobi bersama anggota keluarga yang lain, bisa juga dengan olahraga bersama, kerja bakti membersihkan rumah, berkebun, atau bisa juga di isi dengan membuat kerajinan bersama.

-          Waktu melakukan aktivitas bersama keluarga diakhir pekan tidak perlu lama atau seharian penuh agar tidak merasa bosan.

-          Jika anda merantau atau berada jauh dengan anggota keluarga yang lain maka, buatlah sebuah rules dengan waktu yang disepakati bersama anggota keluarga lain untuk melakukan face time melalui video call whatsapp atau zoom metting minimal sepekan sekali di waktu yang sudah disepakati tadi.

-          Meskipun anggota keluarga anda jauh selalu libatkan setiap anggota keluarga pada acara-acara penting seperti saat ada pernikahan atau lamaran keluarga atau tetangga sekitar rumah, baik dengan cara mengajaknya berdiskusi melalui sambungan telphone mengenai hadiah yang akan diberikan atau hanya dengan mengabarkannya saja. Sehingga anggota keluarga yang jauh merantau tidak merasa tertinggal dengan informasi-informasi yang beredar disekitar  lingkungan tempat tinggalnya. Terlebih lagi, hal ini juga akan sangat bermanfaat dan dapat membuat ia merasa nyaman serta dapat memudahkannya juga untuk bergaul dengan lingkungan sekitar saat suatu hari nanti mudik kembali ke kampung halaman.

Kesimpulan

Menghabiskan waktu bersama keluarga adalah suatu momen langka bagi anda yang memiliki kesibukan diluar kota, karena anda akan berada sangat jauh dengan keluarga. Oleh sebab itu, berusahalan untuk selalu bisa melakukan dan memenuhi setiap rules yang telah disepakati antar anggota keluarga agar tetap tercipta rasa kebersamaan dan bonding dengan seluruh keluarga.

Daftar pustaka

https://pji.uma.ac.id/index.php/2023/04/26/apa-pentingnya-quality-time-bersama-keluarga/

https://www.researchgate.net/publication/322420542_Mengisi_Liburan_Semester_dengan_5M

file:///C:/Users/windows%208.1/Downloads/305-1003-1-PB-1.pdf

https://avrist.com/lifeguide/2018/07/06/tips-punya-waktu-berkualitas-bersama-keluarga/

0 komentar:

Posting Komentar