Senin, 15 Mei 2023

Essay 1 : Mereview Artikel Koran Zainal Derwotubun

 Mereview Artikel Koran Tentang Psikologi Sosial

Zainal Derwotubun

Nim : 22310410061

Fakultas Psikologi 

Universitas Proklamasi 45

Yogyakarta


Topik

Pemkot Yogyakarta Bangun Komitmen Kurangi Sampah,

Pemerintah Kota Yogyakarta melalui Sekretariat Forum Tanggung Jawab Sosial Lingkungan Perusahaan (TSLP) yang berada di Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Yogyakarta menyelenggarakan Musyawarah Rencana Pembangunan sosial




 

 

Sumber

https://jogja.tribunnews.com/diy/kota-yogyakarta

Ringkasan

Kepala Bappeda Kota Yogyakarta, Agus Tri Haryono, mengatakan, pelaksanaan Musrenbang TSLP dilakukan dengan mengusung tema ayo dukung gerakan merdeka sampah kota Yogyakarta dan digelar di Jambuluwuk Hotel Yogyakarta pada Senin (15/5/2023).

"Ini sebagai salah satu usaha untuk membangun komitmen antara pemerintah dan perusahaan untuk mengurangi sampah di Kota Yogyakarta," katanya melalui keterangan resmi Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian Kota Yogyakarta.

Dengan adanya perencanaan gerakan zero sampah anorganik berdasarkan Surat Edaran Walikota Yogyakarta Nomor Edaran 660/6123/SE/2022 yang dimulai sejak Januari 2023 sampai akhir April 2023 telah berhasil mengurangi volume sampah yang dibuang di Tempat Pemrosesan Akhir (TPA) Piyungan sebesar 74 ton per hari dari total target 100 ton per hari yang diharapkan akan tercapai pada akhir 2023.

Hal itu dilakukan menimbang kondisi TPA Piyungan yang sudah melebihi kapasitas dan berpotensi menyebabkan pencemaran lingkungan. Sehingga kondisi tersebut membutuhkan dukungan dan kolaborasi dari seluruh stakeholder Kota Yogyakarta.

Gerakan itu nantinya akan diikuti dengan strategi lainnya. Di Triwulan kedua dengan sampah organik, Triwulan ketiga dengan pengurangan potensi residu dan Triwulan keempat dengan selebrasi atau perayaan keberhasilan dengan mengadakan perlombaan-perlombaan yang berkaitan dengan pengurangan sampah,"

Selanjutnya, sejalan dengan tematik Pembangunan Kota Yogyakarta 2023 untuk penguatan ekonomi berbasis wilayah dan ekonomi kerakyatan serta perencanaan 2024, maka sinergisitas Pemerintah Kota Yogyakarta dan forum TSLP diwujudkan dalam lima rencana program pembangunan Kota Yogyakarta.

 

Dampak social psikologi , ubungan manusia dan lingkungan tidak terpisahkan, keduanya saling memengaruhi secara timbal balik. Sejak keberadaannya di bumi, manusia berusaha untuk dapat bertahan hidup. Untuk kelangsungan hidupnya manusia bereproduksi, dan tentunya makan dan minum dari alam sampai satu saat manusia akan wafat. Sejarah menunjukkan bahwa pada hampir semua budaya, pada umumnya seseorang yang telah wafat akan dikembalikan ke alam, misalnya dengan dimakamkan di tanah baik dalam keadaan utuh ataupun dibakar. Walaupun kita tidak dapat menghitung berapa jumlah pasti manusia yang sudah wafat, kenyataan menunjukkan bahwa dalam beberapa ratus tahun terakhir, jumlah populasi manusia selalu bertambah. Oleh karena bertambah banyak maka manusia menyebar dan melakukan berbagai kegiatan di bumi yang disadari atau tidak, pasti membawa perubahan terhadap bumi. Perubahan pada bumi ini kembali berpengaruh pada manusia. Jadi, manusia dan bumi atau yang dalam modul ini dinyatakan sebagai lingkungan fisik, saling memengaruhi secara terus-menerus.



               

 

Opini Saya

Saya akan mengajak teman di sekelilingi terutama teman kost saya agar peduli pada sampah

Dengan cara menjadi salah satu pemuda babarsari .

 

Sampah merupakan masalah yang dihadapi hampir seluruh Negara di dunia. Tidak hanya di Negara-negara berkembang, tetapi juga di negara-negara maju, sampah selalu menjadi masalah. Rata-rata setiap harinya kota-kota besar di Indonesia menghasilkan puluhan ton sampah. Membuang sampah sembarangan merupakan hal yang sering kita lakukan padahal tidak jauh dari tempat itu ada tempat sampah. Sampah yang di pinggir jalan lebih banyak daripada sampah di tong sampah. akibatnya membuang sampah sembarangan tentu saja mengakibatkan kerugian yang tidak bisa dianggap sepele.

 

Sampah-sampah itu seharusnya dibuang ke tong sampah. Biar nanti diangkut petugas pengangkut sampah yang nantinya dibawa ke TPA ( Tempat Pembuangan Akhir). Sampah yang ada di TPA nantinya diolah, atau dihancurkan , dibentuk kembali menjadi bahan yang berguna.

 

Dampak membuang sampah sebarang akan merusak pemandangan sekitar kita.

 

 

 

 

 


0 komentar:

Posting Komentar