Minggu, 14 Mei 2023

UTS Psikologi Sosial, Lomba Foto dan Essay "QUALITY TIME WITH FAMILY". RIZAL EFENDI

 ESSAY

QUALITY TIME WITH FAMILY

UJIAN TENGAH SEMESTER PSIKOLOGI SOSIAL



RIZAL EFENDI

22310410045

PSIKOLOGI SJ


FAKULTAS PSIKOLOGI

UNIVERSITAS PROKLAMASI 45

YOGYAKARTA

2023




LINK PARTISIPASI LOMBA

https://www.instagram.com/p/CsOBybkykSf/?igshid=NTc4MTIwNjQ2YQ==

PENDAHULUAN

Sebuah unit terkecil yang paling awal untuk menghadapi kehidupan ini adalah keluarga. Sebagai unit terkecil dalam masyarakat, setiap keluarga berusaha mencapai ketahanan keluarga sehingga mampu memenuhi kebutuhan fisik, sosial, mental, dan spiritual para anggotanya. Keluarga adalah lingkungan di mana beberapa orang yang masih memiliki hubungan darah dan bersatu. Keluarga adalah lingkungan yang pertama dan utama bagi setiap individu, sehingga keluarga merupakan agen sosialisasi yang pertama dan utama pula. Kelompok sosial yang paling kecil ini di dalam masyarakat yang umumnya terdiri dari satu atau dua orang tua beserta anak-anak mereka, di mana orang-orang tersebut tinggal dalam satu atap bersama-sama dan saling tergantung satu dengan yang lainnya dengan peran sosialnya masing-masing.

PERMASALAHAN

Orang tua yang bekerja kurang memiliki quality time untuk anak-anak mereka, padahal sangat penting kehadiran orang tua secara fisik dan psikis untuk perkembangan anak yang baik.

PENYELESAIAN DAN PEMBAHASAN

Family time merupakan serangkaian kegiatan dari yang sangat terencana dan kegiatan dalam jangka waktu panjang sehingga kegiatan rutin dalam menggunakan waktu untuk berbagi dengan keluarga. Bagian yang paling penting dalam family time adalah kebersamaan atau aktivitas yang dilakukan bersama sama dan berinteraksi antara satu dengan yang lain dan juga adanya komunikasi di dalamnya. Dengan adanya intensitas quality time yang tinggi dan melakukan berbagai aktivitas yang berguna bersama anak akan lebih mudah dalam melakukan suatu perilaku tertentu dan berkembang lebih positif.

Rentang usia anak dari lahir sampai 6 tahun anak mengalami masa keemasan (the golden years) yang merupakan masa di mana anak mulai peka/sensitif untuk menerima berbagai rangsangan. Masa tersebut merupakan masa peletak dasar pertama untuk mengembangkan kemampuan kognitif, bahasa, gerak-motorik, dan sosio emosional pada anak usia dini. Anak usia dini berada dalam masa keemasan di sepanjang rentang usia perkembangan manusia.

Beberapa point  yang perlu diperhatikan orang tua untuk mencipatakan quality time bersama anak  :

-         Menunjukkan kepedulian terhadap keluarga

Dengan menjadwalkan waktu luang bersama keluarga, orang tua menunjukkan bahwa keluarga tetaplah prioritas utama dan dapat membuat anak merasa gembira.

-         Memperdalam dan menguatkan ikatan orang tua dan anak

Menghabiskan waktu Bersama anak dapat membantu untuk bisa memiliki hubungan yang erat dan intim dengan anak. Anak akan merasa lebih nyaman dan terbuka bersama dengan keluarga.

-         Mengetahui apa yang dialami anak pada keesehariannya

Setelah sibuk seharian, menghabiskan waktu bersama anak dapat menjadi peluang untuk mengetahui hari-hari dari anak. Orang tua bisa menyadari jika terdapat masalah yang terjadi pada anak.  Melalui quality time,  anak bisa mendapatkan suatu media untuk bercerita tentang kesehariannya

-         Meningkatkan performa sekolah anak

Quality time bersama keluarga tidak harus hanya berupa bercerita bersama anggota keluarga. Dapat juga dengan menyempatkan waktu untuk membantu menyelesaikan pekerjaan rumah anak dari sekolah. Membantu anak dengan pekerjaan sekolahnya dapat meningkatkan nilai sekolah dan mendorong mereka untuk terus belajar dengan bersemangat dan sungguh-sungguh. Kurangnya waktu bersama di dalam keluarga mampu meningkatkan risiko masalah perilaku pada anak. Keluarga yang sering meluangkan waktu akan membuat anak merasa bahwa keluarga adalah salah satu pendukung saat mereka dalam masalah.

-         Meningkatkan kesehatan fisik anak

Dengan melakukan berbagai macam aktivitas seperti berolahraga di luar, memasak makanan sehat bersama, hingga beraktivitas fisik bersama anak dapat membantu orang tua  untuk menjaga Kesehatan anak mereka.

-         Meningkatkan kesehatan mental anak

Menghabiskan quality time secara langsung bersama anak, seperti berbicara dan bersenda gurau secara tatap muka, dapat mencegah berbagai gangguan mental seperti kecemasan hingga depresi. Sebab, keberadaan orang-orang tercinta dapat membuat anak merasakan adanya dukungan emosional.

 

 

PUSTAKA DAN DAFTAR PUSTAKA

-         Ikhwan Zaki, Muhammad. (2022). Family Time untuk Tumbuh Kembang Anak Usia Dini Menuju Keluarga Bahagia. Diakses pada 13 Mei 2023, dari https://www.gramedia.com/best-seller/cara-menulis-daftar-pustaka/

-         Pawitri, Anandika (2023). Mengapa Quality Time Bersama Keluarga Perlu?. Diakses pada 13 Mei 2023, dari https://www.sehatq.com/artikel/mengapa-quality-time-bersama-keluarga-perlu/

 

0 komentar:

Posting Komentar