Minggu, 14 Mei 2023

Essay 3 Mereview Jurnal Psikologi Industri & Organisasi

 Pengaruh Hubungan Atasan dan Bawahan Terhadap Kinerja Karyawan PT. DHL Tangerang

Essay 3

Psikologi Industri & Organisasi

Ester Therecia Hermin Rumbewas

22310410103

Dosen Pengampu : Dr., Dra. ARUNDATI SHINTA, MA

Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta

Topik

Komunikasi antara atasan dan bawahan

Sumber

https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/jsc/article/download/8031/pdf_3

Permasalahan

Karyawan tersebut memiliki kesulitan komunikasi yang berjalan dengan tidak baik oleh pimpinan atau manager karena sering adanya project baru yang membuat berpindah – pindah tempat, membuat karyawan harus mampu memahami keinginan atasan secara singkat. Pada penelitian ini, peneliti menggunakan teori hubungan manusia. Teori ini menekankan pentingnya individu dalam organisasi dan hubungan sosial dalam kehidupan organisasi.

Tujuan

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah pengaruh hubungan atasan dan bawahan terhadap kinerja karyawan.

Isi

·         Komunikasi antara atasan dan bawahan yang menjadi fokus dalam penelitian ini diistilahkan oleh Pace & Faules dengan komunikasi downward, yaitu komunikasi vertikal yang terjadi antara atasan ke staf dibawahnya. Latar belakang penelitian ini adalah PT. DHL Tangerang merupakan salah satu perusahaan multinasional dalam bidang kurir ekspres dan logistik yang bermarkas di Bonn, Jerman dan Oslo, Norwegia. Di Indonesia sendiri sudah banyak cabang PT. DHL tersebut dan karyawan PT. DHL memberikan kritikan pada website jobstreet PT. DHL Supply Chain.

·         Berdasarkan latar belakang diatas peneliti bertujuan : (1) mendeskripsikan hubungan atasan dan bawahan di PT. DHL Tangerang, (2) mendeskripsikan kinerja karyawan di PT. DHL Tangerang, (3) mengetahui pengaruh atasan dan bawahan terhadap kinerja kerja karyawan di PT. DHL Tangerang.

·         Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan yakni pengaruh hubungan atasan dan bawahan terhadap kinerja karyawan PT. DHL Tangerang, sebagai berikut: 1. Hubungan atasan dan bawahan yang terjadi di PT. DHL Tangerang sudah berjalan dengan baik. Hal ini dijawab karyawan PT. DHL Tangerang yang menjadi responden, dimana jawabannya berada pada kategori sedang pada tingkatan tabel hubungan atasan dan bawahan, yang meliputi indikator afeksi, loyalita, kontribusi dan respek terhadap profesi (professional). 2. Kinerja karyawan PT. DHL Tangerang sudah cukup baik. Hal ini dijawab oleh para karyawan yang sebagai responden, dimana jawabannya berada pada kategori sedang dan tinggi pada tingkatan tabel kinerja, yang meliputi kuantitas pekerjaan, kualitas pekerjaan, pengetahuan tentang pekerjaan, kreativitas dan kerjasama. 3. Dalam penelitian pengaruh hubungan atasan dan bawahan terhadap kinerja karyawan PT. DHL Tangerang menyimpulkan adanya pengaruh hubungan atasan dan bawahan terhadap kinerja yang signifikan. Presentase sebesar 0,732 atau 73,2% yang berate mempunyai pengaruh kuat antar variabel hubungan atasan dan bawahan terhadap kinerja.

Metode

·         Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif, dimana menggambarkan atau menjelaskan suatu masalah yang hasilnya dapat digenereliasikan, karena itu menuntut sampel yang representative dari seluruh populasi, operasional konsep, serta alat ukur yang validitas dan reliabilitas.

·         Metode pengumpulan data dengan kuesioner.

·         Lokasi penelitian kantor PT.DHL Tangerang Pusat Pergudangan yang berlokasi daerah Soewarna Business Park, Lot 8, Block A Soekarno Hatta International Airport, RT.001/RW.010, Pajang, Benda, Tangerang City, Banten 15126. Jumlah populasi sebanyak 100 orang.

Hasil

·         Hasil responden menjawab bahwa mayoritas para pekerja diperusahaan adalah laki-laki, menurut karyawan memang jumlah laki- laki lebih banyak daripada perempuan karena pekerjaan yang dilakukan tersebut membutuhkan tenaga yang cekatan dan ekstra karena bergerak dibidang pelayanan pengiriman barang export impor. Rata- rata usia responden adalah >30 tahun dalam rentang umur 31 sampai dengan 40 tahun. Kebanyak responden berusia dewasa, berarti diusia yang dewasa karyawan dapat bekerja lebih kreatif, cepat dan bersemangat dikarenakan rentang usia tersebut merupakan usia produktif untuk bekerja.

·         Domisili responden mayoritas di wilayah Kota Tangerang, menurut karyawan PT. DHL bahwa jam masuk kerja pukul 07.00 WIB, hal ini menjadi salah satu alasan banyaknya karyawan berada bertempat tinggal di Kota Tangerang karena estimasi waktu untuk masuk kerja yang cukup pagi. Kebanyakan responden sudah bekerja di perusahaan DHL Tangerang < 7 dalam rentang 4 sampai 6 tahun dan pendapatan perbulan para responden adalah > 6.000.000 dimana angka tersebut diatas rata – rata umr Kota Tangerang.

Diskusi

1. Hubungan atasan dan bawahan di PT. DHL Tangerang perlu lebih diperhatikan agar tidak ada terhambatnya komunikasi dari bawahan ke atasan atau tidak ada sekat dan batasan antara atasan dan bawahan sehingga komunikasi bisa berjalan lebih efektif.

 2. Kinerja karywan PT. DHL harus pertahankan dan tak lupa lebih memperhatikan faktor faktor eksternal atau internal kerja, agar dapat membuat lingkungan kerja kondusif dan nyaman.

3. Pengaruh hubungan atasan dan bawahan terhadap kinerja karyawan PT. DHL Tangerang sudah baik, tetapi perlu memperbanyak pelatihan – pelatihan maupun pembelajaran. Seperti training , gathering, dan seminar. Dengan memperbanyak pelatihan, pertemuan dan pembelajaran akan meningkatkan pengetahuan para pegawai dan pada akhirnya mempengaruhi kinerja karyawan.

 


0 komentar:

Posting Komentar