Minggu, 28 Mei 2023

Essay prestasi pengabdian masyarakat, menjadi panitia gebyar lomba ramadhan yang diadakan oleh remaja masjid Al Falah

Nama : Putri Arumsari

Nim   : 22310410074

Kelas : Reguler A1

Dosen Pengampu : Dr.,Dra. Arundati Shinta MA



Topik

Menyambut bulan Ramadhan dengan kegiatan yang positif serta bermanfaat

Sumber

Putri Arumsari, Remaja masjid Al Falah Karangasem, Muntuk, Dlingo, Bantul, Yogyakarta. 15 April 2023.

Ringkasan

- Kegiatan gebyar lomba ramadhan yang dilaksanakan oleh remaja masjid Al Falah pada Ramadhan kemarin pada hari Sabtu tanggal 15 April 2023 mendapat apresiasi dari masyarakat sekitar, karena kegiatan tersebut mempunyai manfaat positif terutama untuk anak anak.

- Tujuan diadakannya gebyar lomba ramadhan ini guna membuat anak-anak untuk bisa menghafal dan mengingat beberapa ayat-ayat suci Al Quran. Karena anak-anak jaman sekarang kesehariannya hanya bermain HP dan sudah jarang berkumpul dengan teman-temannya.

- Dengan demikian, lomba ini bisa mempertemukan kembali anak-anak bersama teman temannya, menghafal beberapa ayat suci Al Quran sebelum tampil dalam lomba, dan bisa meninggalkan HP nya untuk sementara waktu.

 

 

Ringkasan

(Lanjutan)

- Selain anak-anak, gebyar lomba ramadhan ini juga bermanfaat bagi panitia karena saat mereka mengawasi anak-anak mereka juga harus berinteraksi dengan anak-anak supaya tidak ada rasa takut , malu dan lainnya.

- Panitia juga bisa berkumpul dan berinteraksi dengan teman temannya saat prepare acara maupun waktu acara. Yang biasanya remaja jaman sekarang hanya sibuk dengan dunianya dengan adanya lomba ini remaja juga bisa mengeksplorasikan pendapat ataupun ide idenya saat lomba ini dibuat.

- Didalam gebyar lomba tersebut saya bertugas sebagai panitia lomba serta jadi juri lomba. Saya menjadi juri lomba kategori doa untuk anak TK- kelas 1 SD. Setelah menjadi juri saya mempersiapkan barang barang untuk lomba seperti kertas print yang berisi teks pidato untuk anak2. Saya juga mempersiapkan kertas gambar untuk lomba mewarnai anak2. Saya sangat senang menjadi panitia karena selain mengisi waktu luang saya juga bisa berkumpul dengan anak-anak

- Gebyar lomba ramadhan ini berjalan dengan lancar dan sesuai dengan waktu yang sudah disesuaikan. Tidak ada masalah yang menghambat pada saat acara dimulai sampai selesai.

Permasalahan

Artikel ini deviasi positif, kegiatan gebyar lomba ramadhan yang bermanfaat bagi anak-anak maupun panitia dan mendapat apresiasi dari banyak masyarakat. Dengan adanya acara ini diharapkan anak-anak bisa menghafal dan mengingat lomba yang sudah dilaksanakan dan tidak dilupakan begitu saja.

Opini saya

- Dengan adanya lomba ini anak-anak akan menghafal terus menerus surat surat pendek dalam Al Qur'an dan dipraktekkan setiap hari.

- Panitia juga bisa mencontoh para anak-anak untuk bisa mengikuti lomba Islam, dan tidak ada rasa malu karena mengikuti lomba islamiah.

- Tidak hanya mendapatkan apresiasi dari masyarakat tapi nama remaja juga dianggap nama baik bagi masyarakat luar maupun dalam.

 



0 komentar:

Posting Komentar