Minggu, 14 Mei 2023

ESSAY 3 REVIEW JURNAL PSIKOLOGI INDUSTRI DAN ORGANISASI

Nama : Risa Jois Amara

Nim  : 22310410075

Kelas : RegulerA1

Dosen Pengampu : Dr., Dra. Arundati Shinta. MA

Topik

Analisis Kesetaraan Gender Dalam Kepemimpinan Organisasi Mahasiswa

Sumber

Febriana Eka Wahyu Kartika 1, Muarifuddin 2 1,2Universitas Negeri Semarang, Semarang, Indonesia, Analisis Kesetaraan Gender Dalam Kepemimpinan Organisasi Mahasiswa, Jurnal Pendidikan dan Konseling Volume 5 Nomor 2 Tahun 2023 E-ISSN: 2685-936X dan P-ISSN: 2685-935

Tujuan penelitian

Tujuan penelitian ini mengetahui penerapan, keterciptaan, dan faktor yang mempengaruhi Kesetaraan Genderdalam KepemimpinanOrganisasi Mahasiswa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Semarang periode 2022.

Isi

Kepemimpinan merupakan cara seorang pemimpin dalam mempengaruhi perilaku bawahan atau pengikutnya, agar mereka dapat bekerja sama untuk mencapai tujuan organisasi (Kamal et al., 2019). Kepemimpinan dalam menciptakan Kesetaraan Gender di Organisasi Mahasiswa, dengan memberikan kebebasan antara mahasiswa laki-laki maupun perempuan untuk menduduki jabatan sebagai pemimpin Organisasi Mahasiswa. Berdasarkan deskripsi hasil penelitian, menunjukkan bahwa Kepemimpinan Organisasi Mahasiswa di FIP Universitas Negeri Semarang telah menciptakan Kesetaraan Gender dengan jumlah posisi pemimpin antara laki-laki dan perempuan seimbang. Hal ini membuktikan bahwa perempuan juga dapat menerima tanggung jawab di dunia publik seperti laki-laki, dengan porsinya masing-masing.

Metode

Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kuantitatif yang bertujuan untuk menciptakan pecandraan (deskripsi) secara sistematis, faktual, dan akurat terhadap fakta dan sifat populasi penelitian tanpa bermaksud membuat kesimpulan yang berlaku secara umum/generalisasi (Suryabrata, 2010). Sehingga hasil penelitian ini tidak bermaksud membuat kesimpulan yang berlaku secara umum/generalisasi dan tidak menentukan hipotesis. Tetapi hasil penelitian memberikan gambaran terkait Kesetaraan Genderdalam KepemimpinanOrganisasi Mahasiswadi Fakultas Ilmu Pendidikan UNNES melaluidua variabel (Kesetaraan Gender dan Kepemimpinan).

Hasil

Hasil penelitian ini mengungkap tiga poin bahasan, yang pertama mengenai penerapan Kesetaraan Gender dalam Kepemimpinan organsasi mahasiswa, kedua mengenai Kepemimpinan dalam menciptakan Kesetaraan Gender, dan ketiga mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi Kesetaraan Gender dalam  Kepemimpinan Organisasi Mahasiswa.

Diskusi

Bagi seluruh mahasiswa dan Organisasi Mahasiswa di kampus Indonesia terutama di FIP UNNES, sebaiknya saling bekerja sama dalam mengoptimalkan penerapan Kesetaraan Gender di lingkup kampus, terutama dalam Kepemimpinan Organisasi Mahasiswa. Menghilangkan stigma bahwa laki-laki lebih baik daripada perempuan untuk menjadi seorang pemimpin, agar dapat tercipta keadilan sesuai dengan pandangan Kesetaraan Gender. Mengingat masih terdapat ketidaksetaraan yang terjadi di lingkungan kampus, agar informasi yang diperoleh lebih mendalam dan spesifik, dapat dilakukan penelitian lebih lanjut yang berfokus pada salah satu jenis organisasi.

 


0 komentar:

Posting Komentar