Minggu, 14 Mei 2023

UTS Psikologi Sosial : Lomba Foto dan Essay "Quality Time With Family"

 “Kesibukan, Jarak, dan Keluarga”

Ujian Tengah Semester Psikologi Sosial

Dosen Pengampu : Dr., Dra. Arundati Shinta, MA.



Novita Prabandari
22310410039

Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45

Yogyakarta



Link Partisipan Lomba 

https://www.instagram.com/p/CsG5q8IPMco/?igshid=MzRlODBiNWFlZA==

Pendahuluan 

Momen perayaan ulang tahun adalah momen yang sangat special, tentu saja dalam momen ini kita sekaligus berkumpul bersama keluarga dan sahabat tercinta, hal ini tentunya akan menambah harmoni, keakraban, komunikasi dan kepercayaan. Tidak hanya itu, momen ini juga tentunya membuat kita rileks sejenak dari hiruk pikuk beban pekerjaan atau beban tanggung jawab lainnya, sejenak melepas penat dan bercengkrama bersama keluarga.

Permasalahan

Tanggung jawab pekerjaan, aktivitas harian, dan jarak tentunya merupakan salah satu pemicu diri kita menjadi stress dan berdampak kurangnya komunikasi yang membuat keluarga tidak harmonis.

Pembahasan dan Penyelesaian

Sebagai pekerja tentunya kita lebih banyak menghabiskan waktu di lokasi kerja daripada menghabiskan waktu Bersama keluarga, namun kita tidak boleh terjebak dalam situasi ini, karena jika terjebak dalam situasi ini maka komunikasi kita terhadap keluarga akan berkurang. Ada banyak model pekerjaan dengan segala pengaturan waktunya, maka dari itu waktu yang senggang dalam kondisi libur kerja atau pada saat cuti, momen inilah yang harus kita maksimalkan dengan keluarga. Salah satu momen yang bisa dilakukan adalah merayakan ulang tahun salah satu anggota keluarga, hal ini tentunya akan tetap mempertahankan komunikasi, hal ini juga tentunya akan membuat beban atau penat rutinitas berkurang sejenak.

Cara memaksimalkan waktu Bersama dengan keluarga 

Dengan tetap menjalin tanggung jawab kita pada suatu pekerjaan harian, kita tetap bisa melakukan sesuatu dalam berkeluarga :

1. Komunikasi yang baik dan rutin melalui perangkat, hal ini dilakukan ketika sedang tidak libur atau cuti. Hal ini membantu untuk tetap membangun kelancaran komunikasi.

2. Meluangkan waktu pada hari libur untuk quality time Bersama keluarga, hal ini bisa dilakukan dimanapun baik dirumah, refreshing diluar rumah maupun merayakan momen special seperti pesta ulang tahun.

3. Tidak mencampuradukkan masalah pekerjaan kedalam rumah tangga, jika hal ini terjadi maka akan memperburuk komunikasi.

4. Saling percaya dan membangun support system, untuk membuat keluarga semakin harmonis, hal ini juga memicu kreativitas dan produktivitas diri.

 

Pustaka dan Daftar Pustaka

Retnowati, Sofia. “Peranan Keberfungsian Keluarga Pada Pemahaman dan Pengungkapan Emosi.” Jurnal Psikologi Universitas Gajah Mada. No 02 (2003): 91-104

Muthahharah. “Kondisi Psikologis Keluarga dan Pengaruhnya Terhadap Tingkat Disiplin Siswa.” Jurnal Tarbawi. Vol 01 No 01: ISSN 2527-4082


Lampiran :



 


0 komentar:

Posting Komentar