Senin, 15 Mei 2023

UTS Psikologi Industri dan Organisasi : Lomba Poster dan Essay "MENINGKATKAN KETERAMPILAN LITERASI UNTUK MENDUKUNG PERKEMBANGAN INOVASI DI ERA SOCIETY 5.0"

 Nama: Riska Nurul Fadilah

Nim: 22310410122

Kelas: Psikologi Reguler 

Dosen Pengampu : Dr.,Dra. Arundati Shinta MA



tema: meningkatkan keterampilan literasi untuk mendukung perkembangan inovasi di era society 5.0

informasi lomba:https://www.instagram.com/p/CsQ-IQVv_av0aRlNLrTWbSKDDTP8bZXSHr9UJE0/?igshid=MzRlODBiNWFlZA==

pendahuluan: 
Kemajuan teknologi menciptakan disrupsi .Media digital memudahkan setiap penggunanya untuk saling berbagi informasi. Tidak dapat dipungkiri, perkembangan media digital begitu pesat. Ketidakpahaman dan ketidaksiapan masyarakat terhadap media digital membuat penyalahgunaan yang berakibat terhadap kehidupan pribadi dan sosial.Society 5.0 akan berdampak pada semua aspek kehidupan, termasuk kesehatan, tata kota, transportasi, pertanian, industri dan pendidikan
Society 5.0 adalah masyarakat yang dapat menyelesaikan berbagai tantangan dan permasalahan sosial dengan memanfaatkan berbagai inovasi yang lahir di era Revolusi industri 4.0 seperti Internet on Things (internet untuk segala sesuatu), Artificial Intelligence (kecerdasan buatan), Big Data (data dalam jumlah besar), dan robot untuk meningkatkan kualitas hidup manusia. Society 5.0, sebuah masa di mana masyarakat berpusat pada manusia yang menyeimbangkan kemajuan ekonomi dengan penyelesaian masalah sosial oleh sistem yang mengintegrasikan ruang dunia maya dan ruang fisik. Society 5.0 akan menyeimbangkan pembangunan ekonomi dan menyelesaikan masalah social.Menjawab tantangan era society 5.0, mengemas secara cermat dan mempersiapkan diri untuk maju mengikuti perkembangan zaman.

permasalahan:
Revolusi industri 5.0 memiliki berbagai manfaat dan juga dampak negatif. Untuk mengurangi dampak negatif dan tetap mengoptimalkan manfaat dari revolusi industri 5.0, para ilmuwan di dunia yang dipelopori oleh ilmuwan Jepang, menawarkan konsep society 5.0.

pembahasan:
Society 5.0 adalah manusia yang dapat menyelesaikan berbagai tantangan dan permasalahan sosial dengan memanfaatkan berbagai inovasi yang lahir di era Revolusi industri 4.0 dan berpusat di teknologi. 
Literasi adalah dan Contohnya di Era Society 5.0. Literasi dalam bahasa Latin disebut sebagai literatus, yang berarti orang yang belajar. Secara garis besar, literasi sendiri adalah istilah umum yang merujuk pada kemampuan dan keterampilan seseorang dalam membaca, menulis, berbicara, menghitung, juga memecahkan masalah di dalam kehidupan sehari-hari. Dengan kata lain, literasi tidak bisa dilepaskan dari kemampuan seseorang dalam berbahasa.

penyelesaian:
Budaya literasi adalah kebiasaan membaca yang harus dijaga agar tujuan dari setiap program literasi dapat tercapai dengan baik. Literasi adalah membaca segala hal, dan contohnya di Era Socity 5.0 yang bisa kamu terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Literasi adalah dan Contohnya di Era Society 5.0. Kebebasan dalam beriletarasi senantiasa dibatasi oleh prinsip membaca dan menulis itu sendiri. Sebab iktikad serta tujuan literasi merupakan buat tingkatkan uraian serta memajukan kehidupan bangsa, hingga prinsip membaca dan menulis ini tidak boleh dikebiri oleh absurditas kemerdekaan yang tidak bertanggung jawab.

daftar pustaka:
https://www.mediaipnu.or.id/2022/08/literasi-adalah-dan-contohnya-di-era.html
https://www.kompasiana.com/vannesanurfadhila8370/63060c6d04dff01f3c1a1773/tantangan-dalam-menghadapi-era-society-5-0
http://repo.stikesicme-jbg.ac.id/4470/1/LITERASI%20UNTUK%20KESEJAHTERAAN.pdf





0 komentar:

Posting Komentar