Minggu, 14 Mei 2023

UTS : Mengerjakan Essai Berjudul Quality Time Bersama Keluarga dan Mengikuti Lomba


Quality Time Bersama Keluarga


Ujian Tengah Semester Psikologi Sosial

 

Dosen Pengampu : Dr., Dra. Arundati Shinta, MA.

 


By : Muhamad Ilham Janu Nanda Syaputra

 22310410007

 

 Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta

 

Link Photo Challange : https://www.instagram.com/p/CsNbcqCS8Vd/?igshid=NTc4MTIwNjQ2YQ==

 

 

Pendahuluan

Momen liburan bisa di manfaatkan untuk ajang berkumpul bersama keluarga atau quality time sekadar menghabiskan waktu dan menghilangkan penat dengan cara rekreasi, contohnya pergi ke daerah pegunungan yang memiliki pemandangan dan hawa yang menyegarkan untuk melakukan kegiatan wisata bersama keluarga.

 

Permasalahan

Rutinitas yang padat yang dilakukan setiap hari pasti menyita quality time bersama keluarga, permasalahan ini sering terjadi dan menyebabkan adanya perpecahan perselisihan bahkan perceraian.

 

Penyelesaian dan pembahasan

Setiap keluarga memiliki pilihan masing-masing untuk melakukan quality time. Beraktivitas di rumah memang terasa nyaman dan menyenangkan. Apalagi bila Anda bisa menikmati quality time bersama keluarga secara rutin. Jadi, jangan sibuk dengan gadget atau urusan masing-masing ketika berada di rumah, ya. Berkegiatan bersama keluarga juga penting untuk mendukung kesehatan mental Anda sekeluarga.Quality time (tindakan menghabiskan waktu bersama orang-


orang yang disayangi). Quality time bisa didefinisikan sebagai waktu yang Anda gunakan untuk memberikan perhatian serta beraktivitas bersama seluruh anggota keluarga di rumah, yaitu pasangan, anak, orang tua, dan saudara tanpa terganggu oleh hal-hal lain pada saat bersamaan. Kesibukan apapun tak boleh membuat Anda lalai melakukan quality time keluarga supaya bisa mendapatkan banyak manfaat dari rutinitas tersebut. Beberapa manfaat dari quality time adalah menguatkan ikatan emosional antar keluarga, menunjukan kepudilian kepada keluarga, mengetahui perkembangan anak atau sama lainnya, meningkatkan kemampuan fisik dan mental keluarga.

 

Kegiatan yang dapat Meningkatkan Quality Time Bersama Keluarga

Setiap keluarga memiliki cara masing masing untuk melakukan quality time.jika anda merasa quality time anda bersama keluarga kurang cobalah beberapa tips berikut ini : Tetapkan setidaknya 1 hari anda saat anda libur dari bekerja untuk di jadikan waktu berkumpul dengan keluarga. Dengan demikian, seluruh anggota keluarga bisa melakukan aktivitas pribadi pada hari lain dan meluangkan waktu pada hari quality time yang telah ditentukan. Kedua tinggalkan gadget saat anda sedang bersama keluarga,buatlah suatu permainan yang menantang sehingga terjadi interaksi dalam keluarga anda. Ketiga buatlah agenda seru secara bergantian. Sehingga semua anggota keluarga anda dapat memberikan ide tentang aktivitas menyenangkan yang bisa dilakukan bersama sama. Ajak keluarga anda untuk menyisihkan tabungan agar bisa melakukan quality time di luar rumah, seperti berwisata atau staycation ke luar daerah.

 

Daftar Pustaka

https://www.cleanipedia.com/id/keluarga/mengapa-quality-time-bersama-keluarga-sangat- penting.html

https://satupersen.net/blog/love-language-quality- time#:~:text=Quality%20time%20adalah%20cara%20mengekspresikan,dalam%20satu%20ruan g%20yang%20sama




0 komentar:

Posting Komentar