Minggu, 14 Mei 2023

UTS Psikologi Industri dan Organisasi : Lomba Poster dan Essay "MENINGKATKAN KETERAMPILAN LITERASI UNTUK MENDUKUNG PERKEMBANGAN INOVASI DI ERA SOCIETY 5.0"

Nama : Putri Arumsari

Nim   : 22310410074

Kelas : Reguler A1

Dosen Pengampu : Dr.,Dra. Arundati Shinta MA



Tema

HOW TO INCREASE LITERACY IN THE ERA OF SOCIETY 5.0?

Informasi lomba

https://www.instagram.com/p/CriiJa4Pntp/?igshid=NTc4MTIwNjQ2YQ==

Pendahuluan

-Literasi adalah kemampuan seseorang dalam mengolah dan memahami informasi saat melakukan proses membaca dan menulis. Dalam perkembangannya, definisi literasi selalu berevolusi sesuai dengan tantangan zaman. Jika dulu definisi literasi adalah kemampuan membaca dan menulis. Saat ini, istilah Literasi sudah mulai digunakan dalam arti yang lebih luas. Dan sudah merambah pada praktik kultural yang berkaitan dengan persoalan sosial dan politik.

-Inovasi adalah menemukan sesuatu hal yang baru atau melakukan berbagai pembaruan yang terbentuk dalam sebuah produk, ide, desain, dan lain sebagainya. Misal, hadirnya telepon pertama di dunia adalah sebuah penemuan, lalu seiring perkembangan zaman mulai hadir telepon seluler pertama, nah ini yang disebut sebagai inovasi.

-Era society 5.0 adalah sebuah konsep masyarakat yang dapat menyelesaikan segala tantangan dan permasalahan sosial yang terjadi di tengah-tengah masyarakat dengan memanfaatkan berbagai inovasi yang tercipta di era revolusi industri 4.0.

Permasalahan

Artikel ini deviasi positif dan negatif. Deviasi Positifnya Society 5.0 memungkinkan manusia mendapatkan kesejahteraan yang lebih terjamin. Penghasilan SDM di bidang teknologi bisa sangat tinggi dan akhirnya dapat memenuhi kebutuhan hidup sang pekerja. Sedangkan deviasi negatifnya Society 5.0 juga membawa beberapa risiko, seperti kerugian sosial, ketergantungan teknologi, diskriminasi, dan keamanan informasi.

 

Pembahasan

-Society 5.0 merupakan era dimana semua teknologi menjadi bagian dari manusia itu sendiri. Internet bukan hanya sekedar untuk berbagi informasi tetapi internet juga dipergunakan untuk menjalani kehidupan. Tujuan dari penerapan society 5.0 adalah untuk mewujudkan tempat dimana manusia dapat menikmati hidupnya dengan bantuan teknologi sebenarnya Teknologi dan inovasi pada society 5.0 akan dimanfaatkan untuk membantu dan memajukan masyarakat, bukan untuk menggantikan peran manusia.

--Tujuan penerapan Society 5.0 adalah untuk menciptakan tempat di mana orang dapat menikmati hidup dengan bantuan teknologi saat ini. Teknologi dan inovasi dalam Society 5.0 akan membantu dan memajukan masyarakat, bukan menggantikan peran manusia. dan pengetahuan terus berkembang dari waktu ke waktu. Namun kita warga negara harus memenuhi tanggung jawab moral kebangsaan kita dan, dalam menghadapi perkembangan teknologi seperti Society 5.0, mengambil sikap bijak untuk terus mempersiapkan dan menggunakan peluang dan promosi. Pendidikan dalam hal ini merupakan dasar untuk mempersiapkan menghasilkan sumber daya manusia yang siap menghadapi era baru.

Penyelesaian

Pelatihan yang efektif harus didasarkan pada arah dan tujuan. Instruksi dan tujuan harus diperoleh pada waktu yang tepat. Ketika kita menemukan arah dan tujuan itu, kita tidak perlu membuang tenaga dan waktu kita untuk mendapatkan pendidikan yang bukan milik kita. Setiap keluarga harus mampu mengenali potensi anaknya sejak dini dan kemudian membekali anaknya dengan pendidikan yang sesuai dengan kemampuannya. Ini jelas lebih efektif karena mereka tahu kemana tujuan mereka dari sang anak. Society 5.0 diciptakan sebagai solusi Revolusi 4.0 yang dikhawatirkan akan merugikan kemanusiaan dan fitrah manusia. Di era masyarakat 5.0. Penting untuk mengembangkan nilai-nilai karakter tersebut, menumbuhkan empati dan toleransi, serta mengembangkan kemampuan berpikir kritis, inovatif dan kreatif. Society 5.0 bertujuan untuk menggabungkan ruang virtual dan ruang fisik menjadi satu, memfasilitasi operasi melalui percepatan kecerdasan buatan.

Daftar pustaka

-Detik.com. 2022. Pengertian Inovasi: Ciri, Manfaat, dan Cara Berinovasi. https://www.detik.com/jabar/bisnis/d-6197336/pengertian-inovasi-ciri-manfaat-dan-cara-berinovasi. 14 Mei 2023, 22.30.

-LinovHR. Mengenal era society 5.0 apa bedanya dengan society 4.0?. https://www.linovhr.com/era-society-5-0/. 14 Mei 2023, 22.27.

-Purnamasari Ayu S, Wijoyo Hadion. 2023. Analisis Efektifitas Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Perguruan Tinggi Era 5.0. Jotika Journal in Education. Vol. 2, No. 2, Februari 2023. Hal 53 dan 55.

-Sevima.com. 2020. Pengertian Literasi Menurut Para Ahli, Tujuan, Manfaat, Jenis dan Prinsip. https://sevima.com/pengertian-literasi-menurut-para-ahli-tujuan-manfaat-jenis-dan-prinsip/. 14 Mei 2023, 22.06.


0 komentar:

Posting Komentar