Minggu, 14 Mei 2023

UTS Psikologi Sosial : Lomba Foto dan Essay “ Quality Time With Family” _ Nurul Khasanah 22310410033


Quality Time With Family 

Ujian Tengah Semester Psikologi Sosial


Nurul Khasanah

22310410033


Dosen Pengampu : Dr., Dra. ARUNDATI SHINTA, MA

Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta



Quality Time Membangun Hubungan Keluarga dengan Kebersamaan


Link Partisipasi Lomba

https://www.instagram.com/p/CsNbrUuRTaw/?igshid=NTc4MTIwNjQ2YQ%3D%3D

Pendahuluan 

Hari Keluarga Internasional adalah sebuah perayaan yang diadakan setiap tahun pada tanggal 15 Mei. Tujuan memperingati Hari Keluarga Internasional adalah untuk menyoroti pentingnya hubungan keluarga dalam meningkatkan kesejahteraan keluarga terkait dengan kesehatan, pendidikan, kesetaraan gender, hak anak dan inklusi sosial. Untuk memperingati Hari Keluarga Internasional saya mengikuti perlombaan PhotoChallenge dari salah satu akun di Instagram @ukmkependudukanunair dengan tema "Quality Time With Family". 

Saya memilih potret dari seorang ibu dan anak yang sedang menikmati kebersamaan di sebuah cafe yang disulap menjadi pemandangan rekreasi makan bersama keluarga, cafe yang terletak tidak jauh dari kaki Gunung Lawu Jawa Timur. Kebetulan berbarengan dengan hari libur Hari Raya Idul Fitri sang ibu dapat pulang dan mengajak anaknya datang ke cafe rekreasi untuk pertama kali demi menghabiskan waktu liburannya demi sang anak. Sang anak begitu senang karena pertama kalinya bisa pergi ke cafe itu terutama bisa pergi bersama ibu dan keluarganya yang lain.

Pembahasan

Pentingnya quality time dengan keluarga untuk memperkuat hubungan yang harmonis dan erat antara anggota keluarga di dalamnya. Melalui perjumpaan ibu anak yang baik atau biasa disebut quality time, remaja dengan mudah meniru berbagai sikap positif, dan ketika sikap negatif orang tua ditiru, orang tua dapat segera memperbaiki sikap tersebut (Utami et al., 2021). Namun, seringkali ada beberapa kendala yang sering terjadi ketika quality time dengan keluarga, yang dapat mengurangi kualitas waktu yang dihabiskan bersama-sama. Seperti kita yang merasa kesulitan dalam mengatur waktu yang tepat untuk berkumpul dengan keluarga karena kesibukan masing-masing. 

Permasalahan timbul ketika anggota keluarga jarang berkumpul dan menghabiskan waktu bersama. Hal ini dapat menyebabkan kurangnya komunikasi, kecenderungan untuk menjadi lebih individualis, dan kehilangan rasa kebersamaan yang penting dalam membentuk hubungan yang sehat dalam keluarga. Komunikasi merupakan hal penting karena setiap anggota keluarga mempunyai tanggung jawab dalam berinteraksi dengan yang lainnya untuk memberikan pengakuan serta dukungan bagi anggota keluarga yang lain (Susanto et al., 2015).

Masalah lainnya yang sering terjadi adalah ketika berkumpul bersama, anggota keluarga sering kali sibuk dengan gadget masing-masing atau bahkan tidak berbicara sama sekali. Hal ini dapat mengurangi rasa kebersamaan dan keakraban antara anggota keluarga. Padahal, quality time bersama keluarga sangat penting untuk mempererat hubungan dan membangun komunikasi yang baik antara anggota keluarga. Ketergantungan pada smartphone juga menjadi faktor komunikasi berkurang jika sedang berkumpul bersama anggota keluarga. Maka dari itu baiknya Menghabiskan waktu bersama dengan keluarga tanpa distraksi dari ponsel, televisi, atau aktivitas lainnya sehingga memperkuat hubungan dan meningkatkan komunikasi di antara anggota keluarga (Malik, 2003).

Kesimpulan

Dalam kesimpulannya, quality time dengan keluarga adalah momen yang penting untuk memperkuat hubungan dan meningkatkan kesehatan mental anatara anggota keluarga. Semua kegiatan yang dilakukan bersama-sama bisa menjadi momen yang menyenangkan dan bermanfaat dalam menghabiskan waktu bersama keluarga sebab kita bisa saling memberikan perhatian dan apresiasi pada setiap anggota keluarga. Oleh karena itu, mari jaga hubungan keluarga dengan baik dan selalu menjaga quality time bersama keluarga.

Daftar Pustaka

Malik, M. A. 2003. Pengaruh Kualitas Interaksi Orang Tua dan Anak dengan Konsep Diri terhadap Kecerdasan Emosi pada Siswa SMU di Makasar. Journal Intelectual, Volume 1 no 1, 33-50

Sabiila, S.I. (2022). Hari Keluarga Internasional 15 Mei: Sejarah, Tema dan Cara Merayakannya. Di akses pada 11 Mei 2023 dari  https://news.detik.com/berita/d-6071329/hari-keluarga-internasional-15-mei-sejarah-tema-dan-cara-merayakannya

Susanto, D. A. S., Bramantya, & Pratama, R. (2015). Perancangan buku interaktif tentang quality time orangtua dengan anak remaja. Jurnal DKV Adiwarna, 1(6). https://publication.petra.ac.id/index.php/dkv/article/view/3174/2865

Utami, S. F., Erningsih, & Yatim, Y. (2021). Quality Time Keluarga yang Sibuk Bekerja (Studi Kasus : Keluarga Petani di Nagari Tigo Jangko, Kabupaten Tanah Datar). Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(2), 4830–4836.




0 komentar:

Posting Komentar