Minggu, 14 Mei 2023

UTS PSIKOLOGI SOSIAL : ESSAY DENGAN TEMA QUALITY TIME WITH FAMILY

 

Quality Time Bersama Keluarga

Ujian Tengah Semester Psikologi Sosial

Fitra Budi Wicaksono

22310410046

Dosen Pengampu : Dr., Dra. ARUNDATI SHINTA, MA

Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta

Yogyakarta, Minggu 14 Mei 2023



Judul : Quality Time Bersama Keluarga

A. Link Partisipasi Lomba

https://www.instagram.com/p/CsNYnK0L4R-/?igshid=NTc4MTIwNjQ2YQ==

 

B. Pendahuluan

Family Quality Time bisa didefinisikan sebagai waktu yang kita gunakan untuk memberikan perhatian serta beraktivitas bersama seluruh anggota keluarga di rumah, yaitu :  pasangan, anak, orang tua, dan saudara tanpa terganggu oleh hal-hal lain pada saat bersamaan.

 

C. Permasalahan

Permasalahan yang sering terjadi saat ingin melakukan Quality Time bersama keluarga adalah, semua anggota keluarga sudah mempunyai kesibukan yang berbeda beda yang menyebabkan sulitnya untuk mengatur waktu yang pas untuk Quality Time bersama keluarga dan kurangnya kesadaran atas pentingnya Quality Time bersama keluarga. Misalnya sorang ibu ingin berkumpul dengan anak-anaknya, tetapi anak-anaknya tidak bisa berkumpul karena sedang bekerja sehingga tidak bisa berkumpul dengan keluarga.

 

D. Pembahasan

Quality Time bersma keluarga seperti foto diatas dapat kita lihat interaksi antara ibu anak dan saudara-saudaranya.

Mengapa tidak ada sosok ayah pada momen tersebut? Karena sang ayah sudah meninggal dunia dan sang ibu membesarkan anaknya sendirian. Sosok ayah memang sangat penting bagi keluarga, selain sebagai pencari nafkah dan sebagai pemimpin keluarga, sosok ayah juga penting bagi perkembangan untuk si anak, walaupun ibu tersebut membesarkan anaknya sendirian, dia mengambil peran ayah sekaligus ibu dalam keluarga dan tidak ingin anaknya kurang kasih sayang terhadap orang tuanya. Momen kebersamaan tersebut dapat terwujud karena mereka meluangkan waktu untuk berkumpul dengan keluarga, disamping kesibukan mereka yang berbeda-beda. Momen tersebut dilakukan pada minggu malam, saat semua anggota keluarga tidak memiliki kesibukan apapun, awalnya si ibu hanya ingin berkumpul bersama anaknya tetapi supaya lebih ramai, anaknya mengajak saudari-saudarinya lalu mereka melakukan kegiatan masak-masak dan makan bersama didepan teras rumah sambil berbincang-bincang bersama.

Quality Time bersama keluarga adalah hal yang sangat penting karena dapat memper-erat hubungan antar keluarga dan membuat perasaan kita menjadi senang disamping itu Quality Time bersama keluarga juga membuat mental kita sehat, dapat melepas stres dan membuat kita lebih percaya diri. Tanpa Quality Time dapat membuat hubungan antar anggota keluarga menjadi kurang harmonis.

 

E. Penyelesaian

Dari penjelasan diatas dapat kita ketahui seberapa pentingnya Quality Time bersama keluarga yang dapat berdampat positif untuk semua anggota keluarga. Setiap keluarga psti mempunyai caranya sendiri untuk ber-Quality Time, berikut ini ada beberapa cara untuk dapat  ber-Quality Time bersama keluarga yang efektif menurut saya :

1.       Lungkan waktu produktif bersama.

2.       Tetapkan satu hari sebagai hari keluarga.

3.       Minum teh bersama saat malam hari bersama-sama.

4.       Lakukan Quality time secara spontan.

Tips-tips menghabiskan Quality Time bersama keluarga dengan cara yang menyenangkan :

1.       Bermain game bersama anak.

2.       Nonton bareng bersama keluarga.

3.       Memasak makanan dan makan bersama.

4.       Minum teh bersama setelah pulang kerja.

5.       Membersihkan rumah bersama-sama.

6.       Berkebun dihalaman rumah.

F. Kesimpulan

Dapat disimpulkan Quality Time bersama keluarga merapakan sebuah kegiatan atau waktu yang berkualitas dilakukan oleh semua anggota keluarga, yang dapat berdampak positif bagi hubungan antar anggota keluarga. Anak pun juga ikut merasakan dampaknya, seperti merasa keluarga adalah tempat ternyaman dan teraman untuknya.

Daftar pustaka :

https://www.puriindahmall.co.id/news/pentingnya-family-quality-time-untuk-anak-anak#:~:text=Family%20Quality%20Time%20bisa%20didefinisikan,hal%20lain%20pada%20saat%20bersamaan.

https://www.tehsariwangi.com/artikel/cara-efektif-meningkatkan-quality-time-bersama-keluarga

https://www.orami.co.id/magazine/quality-time-keluarga#:~:text=Manfaat%20Quality%20Time%20Keluarga,-Foto%3A%20Quality%20Time&text=Ada%20banyak%20manfaat%20baik%20yang,fisik%20dan%20mental%2C%20dan%20lainnya.


0 komentar:

Posting Komentar